Ada Apa dengan Cinta? 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Ada Apa dengan Cinta? 2
Ada Apa Denga Cinta 2.jpg
Poster film
Sutradara Riri Riza
Produser Mira Lesmana
Penulis Riri Riza
Prima Rusdi
Pemeran Dian Sastrowardoyo
Nicholas Saputra
Titi Kamal
Sissy Priscillia
Adinia Wirasti
Dennis Adhiswara
Ario Bayu
Christian Sugiono
Distributor Miles Productions
Legacy Pictures
Primeworks Distribution
Tanggal rilis
23 April 2016 (Premier Yogyakarta)
28 April 2016 (Indonesia)
Durasi
124 menit
Negara

Bendera Indonesia Indonesia

Bendera Malaysia Malaysia

Bendera Brunei Brunei

Bendera Singapura Singapura
Bahasa Indonesia

Ada Apa dengan Cinta? 2 adalah sebuah film Indonesia produksi Miles Productions yang merupakan sekuel dari Ada Apa dengan Cinta? yang rilis tahun 2002. Film ini tayang di Indonesia pada 28 April 2016.[1][2] Film ini masih dibintangi oleh pemeran film sebelumnya, termasuk Dian Sastrowardoyo sebagai Cinta dan Nicholas Saputra sebagai Rangga. Film ini berhasil meraih 3,6 juta penonton dan menjadi film Indonesia terlaris kedua tahun 2016. Selain itu kesuksesan ini juga melampaui pencapaian film pertamanya.[3]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Cinta (Dian Sastrowardoyo) yang sekarang dewasa telah menjadi pemilik sebuah Kafe Seni Pop Mini di Jakarta. Dia dan geng SMA menghibur Karmen (Adinia Wirasti), yang baru pulih dari kecanduan narkoba. Milly (Sissy Priscillia) menikah dengan sebelumnya pecandu pasangan SMA geng Mamet (Dennis Adhiswara) dan saat ini tengah mengandung anak pertama mereka, sementara Maura (Titi Kamal) menikah dengan Chris (Christian Sugiono) dengan 4 anak-anak. Cinta mengumumkan bahwa wanita akan pergi berlibur ke Yogyakarta dan bahwa dia bertunangan dengan pacarnya Trian (Ario Bayu). Sementara itu, di New York City, Rangga (Nicholas Saputra) adalah co-pemilik sebuah kedai kopi saat nya langkah-adik, Sukma (Dimi Cindyastira), membayar kunjungan untuk meminta dia untuk mengunjungi ibunya lama pergi di Jogjakarta, tetapi dia menolak. Dia akhirnya memiliki perubahan hati dan memutuskan untuk pergi ke sana setelah rekan-pemilik dan teman Roberto (Chase Kuertz) meyakinkan dia bahwa dia harus pulang ke Indonesia untuk menyelesaikan sesuatu yang perlu untuk diselesaikan.

Sebelum Cinta dan sahabat-sahabatnya pergi, mereka mengunjungi Makam Alya (Ladya Cheryl), yang dijelaskan nanti dalam film dia meninggal dalam kecelakaan pada tahun 2010. Rangga tiba di Jakarta untuk menemukan bahwa Cinta tidak lagi tinggal di rumahnya yang dulu, jadi dia pergi langsung ke Jogja. Di Jogja, saat berlibur, Karmen dan Milly melihat Rangga di jalan, dan mereka memberitahu Cinta tentang hal itu. Cinta tidak ingin melihat Rangga pada awalnya, tetapi setelah bertengkar dengan Karmen, dia memutuskan untuk melakukannya. Hal ini menunjukkan bahwa mereka putus pada tahun 2006. Cinta mengungkapkan kemarahannya atas dirinya untuk hanya memotong hal off dengan tanpa penjelasan dan dia setuju untuk bertemu dengannya karena teman-temannya. Rangga menjelaskan bahwa ia putus dengan Cinta karena dengan itu kemudian berjuang untuk hidup selama tahun-tahun, Rangga pikir ia tidak bisa membuat Cinta bahagia. Mereka memutuskan untuk mengakhiri hal-hal dalam hal ramah. Cinta berakhir menghabiskan sepanjang hari dengan Rangga, melupakan jadwal liburannya dengan teman-temannya. Sebelum berpisah, Cinta mencium Rangga, untuk shock kedua mantan kekasih. Kemudian Cinta kembali ke Jakarta dan Rangga mengunjungi ibunya.

Cinta tidak bisa biarkan Rangga keluar dari kepalanya dan sebelum dia kembali ke New York, Rangga mampir di Jakarta dan pergi ke tempat Cinta. Dia mengakui bahwa ia ingin mereka menjadi lebih dari teman-teman lagi tetapi dia menjawab bahwa ciuman berarti apa-apa, meninggalkan dia marah. Dan, Rangga meninggalkan Kafe sebagai Trian tiba di kafe. Trian, melihat perilaku berubah Cinta setelah perjalanan Jogja dan melihat Rangga sendiri, menghadapkan Cinta tentang Rangga, sehingga akhir pertunangan. Rangga terbang ke New York sementara Cinta mengalami sedikit kecelakaan, tetapi tidak mendapat cedera.

Setahun kemudian, Rangga dan Roberto memberikan karyawan mereka Donna (Lei-Lei Bavoil) kenaikan gaji, dan rasa syukur dia Tuhan dia. Pada saat yang sama, Cinta memasuki cafe dan kemudian melarikan diri. Rangga menjelaskan situasi dan Cinta tertawa. Mereka mengungkapkan cinta mereka satu sama lain, dan berbagi ciuman penuh gairah di antara salju Central Park, bersatu pada akhirnya. Sebelum berakhir, Rangga dan Cinta yang tampaknya memegang bayi mereka, sampai Mamet datang dan meminta dia dan bayi Milly nya kembali.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Cinta yang sudah dewasa kini bekerja melakukan proyek bidang seni di Jakarta. Setelah putus hubungan dengan Rangga, kini ia bertunangan dengan Trian. Tetapi keputusannya telah terguncang setelah tidak sengaja melihat keberadaan Rangga di Yogyakarta.
Sudah 14 tahun Rangga tinggal di New York dan memutuskan tidak kembali ke Indonesia, hingga pada suatu hari seorang perempuan yang ternyata adik tirinya bernama Sukma datang ke perusahaan kafe Rangga dan memintanya untuk pulang atas permohonan ibunya. Bukan hanya itu, ia kembali ke tempat kelahirannya untuk berharap masih bisa bertemu kembali dengan Cinta.
Maura yang sudah dewasa masih memiliki sifat centil. Kini ia menikah dengan Christ dan menjadi seorang Ibu, ia masih berteman dengan teman-teman baiknya di SMA Cinta, Milly, dan Carmen.
Milly masih menyimpan sifat lugu dan mengundang tawa. Ia telah menikah dengan teman SMA nya Mamet dan mengandung seorang anak, ia dan Carmen adalah orang yang menemukan keberadaan Rangga di Yogyakarta.
Carmen mengalami peristiwa menyayangkan dalam kehidupan pernikahannya, ia sempat mengalami kecanduan narkoba karena mantan suaminya berselingkuh. Setelah ia sudah menjalani rehabilitasi, ketiga sahabatnya Cinta, Maura dan Milly berada di sampingnya dan menghiburnya. Sifat perhatian kepada orang lain masih terlihat pada dirinya.
Walaupun zaman SMA naksir dengan Cinta, kini ia sudah menikah dengan teman SMA-nya Milly. Ia sangat perhatian dengan Milly yang sedang dalam kondisi mengandung.
Trian adalah tunangan Cinta. Karena ia berasal dari keluarga berada, kini ia bekerja sebagai pengusaha muda.
Christ sudah menjadi suami Maura dan memiliki anak-anak.
  • Sarita Thaib sebagai Ibu Rangga
Setelah lama Rangga tidak pulang, ibunya sangat ingin bertemu dengan Rangga. Walaupun umurnya yang sudah tua, Ibu Rangga masih memiliki kondisi fisik yang sehat.
  • Dimi Cindyastira sebagai Sukma (adik Rangga)
Sukma adalah adik tiri Rangga, dialah yang datang ke New York dan meminta Rangga untuk pulang dan bertemu dengan ibunya kembali.
Chase Kuertz sebagai Roberto

Album[sunting | sunting sumber]

Ost. Ada Apa dengan Cinta ? 2
Ost AAdc 2.jpg
Album studio karya Melly Goeslaw
Dirilis 2016
Genre Pop
Label Aquarius Musikindo
Produser Anto Hoed
Kronologi Melly Goeslaw
Queen of Soundtrack
(2013)Queen of Soundtrack2013
Ost. Ada Apa dengan Cinta? 2
(2016)

Melly Goeslaw dan Anto Hoed kembali ditunjuk sebagai pengisi musik untuk mengiringi film ini. Album yang dirilis oleh Aquarius Musikindo berisi 8 buah lagu, yang terdiri dari 6 lagu baru dan 2 lagu lama yang dirilis ulang. Lagu utama album ini adalah "Ratusan Purnama" yang dinyanyikan Melly berduet dengan Marthino Lio.[4] Album ini hanya dijual di CFC & XXI diseluruh Indonesia dan album ini juga dijual di Malaysia.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

No. JudulPencipta Durasi
1. "I'm Still Loving You"  Melly Goeslaw 2:42
2. "Bimbang" (dinyanyikan Goodbye Felicia & Stephanie Poetri)Melly Goeslaw 3:25
3. "Perjalanan"  Melly Goeslaw 3:20
4. "Ratusan Purnama" (duet dengan Marthino Lio)Melly Goeslaw 4:03
5. "Jangan Ajak Ajak Dia"  Melly Goeslaw 3:49
6. "Sayang Mau Apa ?"  Melly Goeslaw 2:51
7. "Terlalu Cinta"  Melly Goeslaw 3:04
8. "Suara Hati Seorang Kekasih" (Aransemen baru)Melly Goeslaw 4:45
Durasi total:
32:02

Efek Sosial[sunting | sunting sumber]

Ada Apa Dengan Cinta? 2 merupakan film paling dinantikan oleh penonton Indonesia tahun 2016 karena merupakan sekuel dari film Ada Apa Dengan Cinta? yang fenomenal 14 tahun lalu. Kesuksesan film ini tidak hanya materil tetapi juga menimbulkan tren baru di masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Yogyakarta yang menjadi lokasi latar cerita film, seperti Gereja Ceker Ayam, Sellie Coffe, dan Greenhost Boutique Hotel. [5]

Penayangan Internasional[sunting | sunting sumber]

Ada Apa Dengan Cinta? 2 berhasil diputar serentak di Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Selain itu AADC? 2 juga ditayangkan di 5 kota Australia meliputi Melbourne, Sydney, Adelaide, Darwin, dan Brisbane mulai 23 Agustus 2016. Tak hanya itu AADC? 2 juga ditayangkan sebagai film pembuka Fukuoka International Film Festival 2016 pada 15 September 2016. [6] AADC? 2 juga terpilih untuk diputar dalam Indonesian Film Festival 2016 yang diadakan oleh KBRI Belanda bersama Drupadi, Atambua 39° Celsius, dan Athirah untuk mempromosikan Indonesia. [7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]