Insan Nur Akbar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Akbar Kobar)

Insan Nur Akbar
LahirInsan Nur Akbar
26 Juni 1977 (umur 46)
Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, Indonesia
Nama lainAkbar Kobar
Pekerjaan
Tahun aktif2000—sekarang

Insan Nur Akbar, dikenal sebagai Akbar Kobar (lahir 26 Juni 1977) adalah seorang pelawak tunggal, presenter, dan aktor Indonesia. Ia dikenal sejak meraih peringkat kedua dalam Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV pada 2011.

Karier[sunting | sunting sumber]

Sejak kuliah, ia sudah berhasrat ingin menjadi pelawak. Meski Setelah menjadi sarjana, ia mengikuti audisi untuk mengisi salah satu program komedi di Jawa Pos Media Televisi (JTV) dan menang sebagai juara pertama. Bersama kelompok lawaknya bernama Kentrunk Fungky yang beranggotakan dirinya sendiri, Risal, Wasis, dan Sugeng, mereka mendapatkan honor tetap, yakni Rp 1 juta. Di JTV, Akbar bersama Kentrunk Fungky ini mengisi program komedi. Acara berdurasi 1 jam ini bertahan selama 4 tahun, sejak 2000 sampai 2004. Pada tahun 2005, Akbar mengikuti acara Meteor Kampus yang ditayangkan di ANTV, bersama dua rekannya, Bunali dan Reynald yang tergabung dalam grup Kostrat. Selepas acara itu, Akbar kembali ke Surabaya dan ditawari program televisi, kali ini bersama Kostrat. Sering tampil di televisi, membuatnya sering menerima tawaran pekerjaan sebagai presenter. Pada saat vakum melawak, ia terus menjadi presenter dari satu panggung ke panggung lain. Puncaknya pada tahun 2011, ia mengikuti audisi Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV dan berhasil lolos bersama 13 peserta lainnya. Akbar berhasil melaju ke grand final, meskipun akhirnya memperoleh peringkat kedua karena kalah dari Ryan Adriandhy.[1]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Acara televisi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Akbar 'Stand Up Comedy': Kreativitaslah yang Membuat Kita Bertahan di Dunia Hiburan". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-12-02. Diakses tanggal 2013-11-23. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]