Aldhy Gunawan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Aldhy Gunawan
LahirAldhy Gunawan
22 Maret 1997 (umur 25)
Ujung Pandang, Indonesia
AlmamaterUniversitas Hasanuddin
Pekerjaanpelawak tunggal, editor
Tahun aktif2015–sekarang

Aldhy Gunawan (lahir 22 Maret 1997) adalah seorang pelawak tunggal dan editor berkebangsaan Indonesia. Pria asli Wajo ini dikenal sebagai seorang pelawak tunggal atau komika jebolan komunitas Stand Up Indo Makassar sejak 2015 dan belakangan dikenal sebagai seorang editor konten dari komika Arif Brata yang merupakan senior baginya. Aldhy kemudian dikenal setelah mengikuti mengikuti kompetisi Stand Up Comedy Indonesia season ke-10 (SUCI X) yang diadakan Kompas TV di tahun 2022.[1]

Karir[sunting | sunting sumber]

Lahir di Makassar dan menghabiskan masa kecilnya di Jeneponto, Aldhy kemudian kembali ke Makassar di tahun 2012 ketika masuk SMA dan mengenal stand up comedy ketika duduk di kelas 11 di mana ia menonton video Youtube dari Stand Up Comedy Indonesia season 4 (SUCI 4) saat itu. Memilih kuliah di Universitas Hasanuddin jurusan S1-Sastra Indonesia di tahun 2015, Aldhy kemudian bergabung dengan komunitas Stand Up Indo Makassar. Sama seperti sebagian besar komika, Aldhy juga pernah mengikuti audisi SUCI di musim ke-6 dan 7 pada tahun 2016 dan 2017 serta Stand Up Comedy Academy Indosiar di tahun 2017, meskipun belum membuahkan hasil untuk lolos ke kompetisi tersebut. Pada akhirnya, Aldhy tetap menjadi seorang komika reguler di komunitas yang sering mengisi acara-acara hiburan di seputaran Makassar hingga seputaran Sulawesi. Hingga di tahun 2020 setelah pandemi COVID-19 menyebar di Indonesia, Aldhy mulai kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan untuk stand up comedy seperti sebagian besar komika lainnya di masa pandemi. Bahkan Aldhy sempat membuka kafe yang akhirnya berujung tutup karena lebih sering dipakai nongkrong oleh anak komunitas daripada berjalan sebagai sebuah bisnis.

Terlepas dari kondisi tersebut, Aldhy sendiri bisa menyelesaikan kuliahnya untuk kemudian ia bersama komika Makassar lainnya, Adi Surya ditawari oleh Arif Brata untuk menjadi tim kreatif sang komika dalam pembuatan konten di berbagai platform yang sebagian besar merupakan konten komedi. Setuju atas tawaran tersebut, Aldhy mulai berkarir di Jakarta bersama Arif Brata dan Adi Surya di mana Aldhy ditunjuk sebagai editor video dan bertanggung jawab atas hasil maksimal konten video yang dibuat Arif Brata melalui beberapa proses penyuntingan. Seiring berjalannya waktu, di tahun 2022 Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV kembali membuka audisi dengan tajuk SUCI X, di mana Aldhy dan tim yang saat itu berada di Yogyakarta untuk suatu pekerjaan ikut ambil bagian mengikuti audisi SUCI X yang juga dibuka di sana pada saat bersamaan. Audisi bersama dengan Adi Surya sang rekan, Aldhy berhasil memperoleh Silver Ticket sementara Adi belum beruntung. Kemudian Aldhy tampil pada audisi final di Jakarta di hadapan juri utama dengan membawakan materi mengenai pekerjaannya sebagai seorang editor video. Materi tersebut akhirnya membawa Aldhy memperoleh Golden Ticket untuk lolos ke babak Preliminary Show, plus membawanya juga lolos sebagai finalis resmi SUCI X.[1] Meskipun sempat naik turun di awal penampilannya, Aldhy yang kerap menceritakan kisahnya sebagai seorang editor video untuk Arif Brata ini kemudian memperoleh nilai tertinggi di Show 3 yang membuat posisinya aman untuk melaju ke 10 besar bahkan konsisten hingga 9 besar.[2][3] Sayangnya ketika masuk ke-8 besar tepatnya di Show 6, penampilan Aldhy menurun dan membuatnya memperoleh nilai terendah dari para juri sehingga Aldhy harus close mic di posisi 8 besar.

Acara televisi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]