David Nurbianto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

David Nurbianto
Lahir13 Desember 1989 (umur 34)
Tangerang, Jawa Barat (sekarang Banten), Indonesia
KebangsaanIndonesia
Pekerjaan
Tahun aktif2012—sekarang
Suami/istri
Mieke Shahir
(m. 2018)
Anak2

David Nurbianto (lahir 13 Desember 1989) adalah seorang pelawak tunggal dan aktor Indonesia. Ia dikenal sebagai juara Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV pada musim ke-4 (SUCI 4) di tahun 2014.[1]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

David berasal dari keluarga sederhana, sehingga selepas lulus SMA, ia tidak melanjutkan studi ke bangku kuliah. Biaya kuliah yang tinggi memaksa David memendam keinginan untuk berkuliah. David langsung melamar pekerjaan di beberapa tempat. Hanya berbekal ijazah SMA, ia sadar tidak banyak bidang pekerjaan untuknya. Selama beberapa tahun, ia bergonta-ganti pekerjaan. Ia mudah bosan dan tidak suka berlama-lama di belakang meja dengan waktu yang sudah ditentukan. Menjadi penjaga rental DVD hingga pelayan restoran cepat saji sudah pernah ia rasakan.

Karier[sunting | sunting sumber]

Bertempat tinggal di kawasan Bintaro, David dan beberapa temannya sering mendatangi sebuah kafe yang menyelenggarakan pertunjukan lawakan tunggal. Berawal ketika ia diminta meliput oleh redaksi sebuah majalah komunitas mengenai lawakan tunggal di sana, ia juga diberi kesempatan untuk menyaksikan open mic di kafe tersebut. Bermodal nekat, ia coba tampil namun hasilnya malah garing. Dari sinilah, rasa penasarannya muncul dan akhirnya ia rutin ikut open mic untuk memperoleh penghasilan tambahan, di samping sebagai tukang ojek kala itu.

Sering open mic di salah satu stasiun televisi swasta membuat David mulai berpikir untuk mencari tantangan baru. Akhirnya ia mengikuti audisi Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV musim keempat (SUCI 4) di Jakarta dan berhasil lolos sebagai salah satu dari 20 kontestan yang juga lolos. Materi komedi yang diangkatnya ketika tampil adalah mengenai etniknya, Betawi, dengan mengungkapkan keresahannya sebagai orang Betawi pada masa kini. Tidak hanya itu, keunikan dari budaya Betawi juga ia kenalkan secara komedi.

Sempat nyaris tereliminasi di awal kompetisi, ternyata konsistensi dari materinya berhasil membawanya hingga grand final. Di final, David berhadapan dengan Abdurrahim Arsyad. David berhasil menjuarai kompetisi tersebut, meskipun dirinya tidak menargetkan juara. Sebagai rasa syukur atas kemenangannya itu, uang hadiah kompetisi ia gunakan untuk memberangkatkan sang nenek umrah ke Mekkah.[2][3][4]

Setelah menjadi juara di SUCI 4, sesuai tradisi, David pun menjadi presenter di Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV musim kelima, menemani Pandji Pragiwaksono. Pada Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV musim keenam, David bersama Babe Cabiita dan Rigen bergantian menjadi ko-presenter. Di penghujung tahun yang sama, karier David semakin berkembang. Ia menjadi penyiar pagi di Radio HOT 93.2 FM, bersama rapper Kojek Rap Betawi untuk mengisi program "Hot Kopi". Pada tahun 2017, David bersama Awwe didapuk oleh Indosiar sebagai mentor di acara Stand Up Comedy Academy musim ketiga (SUCA 3), menggantikan Arief Didu dan Daned Gustama.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Sebagai aktor[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2015 Epen Cupen the Movie Hansip
2016 Abdullah & Takeshi Ari
Get Up Stand Up David
2018 Gila Lu Ndro! Karyawan malas
2019 Mendadak Kaya Sopir
2020 Sabar Ini Ujian Penjaga minimarket
Pelukis Hantu Rio Koyosih
2021 Till Death Do Us Part Boy
2022 Mendarat Darurat Petugas hotel
2023 Srimulat: Hidup Memang Komedi Rojali

Sebagai pembuat film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2016 Get Up Stand Up Pengembang komedi
2021 The Watcher Penulis skenario Bersama Anggy Umbara

Serial televisi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2013 Malam Minggu Miko Teman SD Musim 1; Episode 25
2016 Siapa Suruh Datang Jakarta David
2017 3 Sempruuul Mengejar Surga 5 Harun

Serial web[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2019—2020 Cek Toko Sebelah the Series 2 Tahanan
2020 Cek Toko Sebelah: Babak Baru 2
2021 Imperfect the Series Chandra Episode 7 dan 10
2022 Untung Ada Srimulat Pelawak tunggal
Cek Toko Sebelah the Series: Ada Lawan Baru Anto Episode 3
Imperfect the Series 2 Chandra Episode 9
2023 Episode 15

Acara televisi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]