Arif Alfiansyah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Arif Alfiansyah
Arifian.JPG
Nama lahir Muhammad Arif Alfiansyah
Lahir 26 Februari 1990 (umur 28)
Bendera Indonesia Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Pekerjaan Pelawak tunggal
Komedian
Tahun aktif 2012 - sekarang

Muhammad Arif Alfiansyah (lahir di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 26 Februari 1990; umur 28 tahun) adalah seorang pelawak tunggal berkebangsaan Indonesia. Arif adalah salah satu pelawak tunggal atau komika yang dikenal dengan postur tubuhnya yang kecil, lincah, serta kemampuan act out nya yang berani ketika tampil ber stand up comedy. Didukung dengan suaranya yang terdengar unik, pria bertinggi 155 cm ini sebelumnya merupakan seorang B-Boy atau penari breakdance dan ikut bergabung dengan salah satu komunitas breakdance di Surabaya, sebelum dikenal sebagai seorang komika. Arif dikenal setelah menjadi finalis Stand Up Comedy Indonesia musim ke-4 (SUCI4) Kompas TV tahun 2014[1][2].

Karier[sunting | sunting sumber]

Arif menghabiskan masa kecil serta menjalani pendidikannya di Surabaya. Arif pernah mengikuti kompetisi Top Model yang diadakan Tabloid Bintang Indonesia pada tahun 2007[3]. Di samping itu, karena sejak SMA ia hobi dan ikut ekstrakurikuler breakdance, Arif ikut bergabung dengan salah satu komunitas breakdance dan membentuk sebuah grup bernama Little Breakin, yang masih aktif hingga sekarang. Jalan karier yang dijalani Arif pun tidak mudah. Pada tahun 2010, Arif sempat menjadi guru honorer di sebuah SD di Surabaya. Lalu beberapa kali Arif pernah mengikuti casting sebagai figuran di beberapa judul acara. Dan terakhir sebelum mengenal stand up comedy pada tahun 2012, Arif mengikuti pendidikan akupuntur dan sempat menjadi pegawai salah satu tempat terapi akupuntur di Surabaya.

Bergabung dengan komunitas Stand Up Indo Surabaya, Arif merasakan buah hasil usahanya pada tahun 2013. Di mana Arif menjadi finalis Street Comedy III dan berhasil meraih juara ketiga[4][5], yang membuatnya kemudian beberapa kali diundang tampil di sebuah stasiun TV swasta. Beberapa bulan kemudian, Arif membuat mini tour stand up comedy nya sendiri berjudul "Little I Can" yang melakukan tour di seputaran wilayah Jawa Timur dan berakhir di Surabaya[6]. Lewat tour ini Arif menyampaikan, bahwa lelaki berpostur pendek sepertinya juga layak diperhitungkan dalam dunia hiburan, termasuk dunia komedi. Tahun berikutnya, Arif mengikuti audisi Stand Up Comedy Indonesia musim ke-4 (SUCI4) Kompas TV di Surabaya dan berhasil lolos sebagai salah satu dari 16 finalis kala itu. Bersama dengan Pras Teguh, Arif menjadi salah satu komika dengan kemampuan act out yang berani, bahkan sesekali menunjukkan kemampuan breakdance nya ketika tampil membawakan materi. Namun langkah Arif harus terhenti di 8 besar dan ia harus close mic.

Pasca mengikuti SUCI 4, Arif bersama Pras Teguh dan Tretan Muslim membentuk grup OVERACTING yang dikenal unggul lewat kemampuan act out nya saat ber stand up comedy, dan melakukan tour keliling Indonesia. Arif juga makin sering mengisi acara stand up comedy baik off air maupun on air. Pada tahun 2016, Arif kembali mengikuti kompetisi stand up comedy, yaitu Stand Up Comedy Academy yang diadakan Indosiar. Di kompetisi ini Arif bereuni dengan Reza Pardede atau Coki yang merupakan pesaingnya ketika mengikuti SUCI 4[7]. Namun langkah Arif harus terhenti di babak 13 besar kompetisi ini, karena komposisi materi nya dianggap kurang daripada penampilan-penampilan sebelumnya yang membuatnya harus gantung mic.

Acara Televisi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]