Yudha Khan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Yudha Khan
LahirYudha Iqbal Maulana
5 Oktober 1989 (umur 34)
Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Nama lainYudha Khan
AlmamaterInstitut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
Pekerjaan
Tahun aktif2012—sekarang


Yudha Iqbal Maulana, yang dikenal dengan nama Yudha Khan (lahir 5 Oktober 1989) adalah seorang pelawak tunggal dan aktor berkebangsaan Indonesia.

Yudha adalah salah satu kontestan Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV musim keempat pada 2014, di mana ia lolos melalui audisi wilayah Bandung. Yudha tergabung di komunitas Stand Up Indo Cirebon sejak 2012, di mana ia juga menjadi salah satu penggagas berdirinya komunitas tersebut.[1] Pada tahun 2013, Yudha menjadi salah satu finalis Street Comedy musim ketiga yang tampil di Jakarta. Konsisten mengikuti audisi kompetisi Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV sejak tahun 2012, baru pada tahun 2014 Yudha akhirnya berhasil lolos sebagai finalis. Di kompetisi SUCI 4, karena ada 2 kontestan yang bernama Yudha, untuk membedakan keduanya maka dirinya dipanggil sebagai "Yudha Khan". Nama "Khan" dipakai karena ia merupakan penggemar dari aktor India Shahrukh Khan. Langkah Yudha harus terhenti di dua kali penampilannya, dan ia harus tereliminasi bersama komika asal Surabaya, Yudhit Ciphardian.

Yudha terpilih menjadi komika pembuka untuk tur melawak tunggal Pandji Pragiwaksono yang bertajuk "Juru Bicara" di Pretoria, Afrika Selatan, dan beberapa kota di Australia pada tahun 2016, setelah Yudha beberapa kali dipercaya oleh Pandji menjadi komika pembuka di beberapa tur lokal sebelumnya.[2][3]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2018 Kulari ke Pantai Asisten tukang sate Karya debut

Serial web[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2020 Cek Toko Sebelah: Babak Baru 2 Geng Gurame Lovers Episode 4
2024 Komedi Kacau Komika Episode 3

Acara televisi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]