Fedro Dwi Putra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Fedro Dwi Putra
220px
Nama lahir Fedro Dwi Putra
Nama lain Ferwira
Lahir 7 Februari 1993 (umur 26)
Bendera Indonesia Palembang, Sumatra Selatan, Indonesia
Pekerjaan Penyiar radio, Pelawak tunggal
Tahun aktif 2013—sekarang

Fedro Dwi Putra (lahir di Palembang, Sumatra Selatan, Indonesia, 7 Februari 1993; umur 26 tahun) adalah seorang pelawak tunggal berkebangsaan Indonesia. Fedro sendiri tercatat sebagai salah satu pelawak tunggal atau komika dari komunitas Stand Up Indo Palembang yang telah aktif sejak tahun 2013. Selain sebagai seorang komika, Fedro merupakan seorang penyiar radio yang bersiaran di stasiun radio 95,1 FM Trax FM Palembang sejak 2016[1].

Karier[sunting | sunting sumber]

Fedro yang aslinya berdarah Minang ini lahir dan besar di Palembang. Darah Minang tersebut berasal dari ibunya sementara ayahnya adalah orang Lahat. Fedro adalah lulusan Universitas Sriwijaya, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan untuk jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang lulus pada tahun 2017. Fedro mulai ber stand up comedy sejak 2013 bersama dengan komunitas kampusnya, Stand Up UNSRI berawal ketika ada kompetisi stand up comedy yang diadakan di kampusnya dan ia disarankan oleh teman-temannya mengikuti kompetisi tersebut karena dinilai lucu oleh teman-teman kuliahnya saat itu. Sejak saat itu ia menjadi bagian komunitas kampus serta ia bergabung dan berlatih bersama komunitas Stand Up Indo Palembang tak lama kemudian. Di Palembang, Fedro adalah salah satu komika reguler dan senior di komunitas, dan dikenal dengan ekspresi wajahnya yang khas saat menyampaikan materi komedi dan juga melakukan act out untuk memperkuat penampilannya. Tidak jarang bahwa ia sering mengikuti lomba stand up comedy yang diadakan oleh beberapa instansi di Palembang, dan sering meraih juara. Fedro kemudian tampil untuk level nasional pada tahun 2014 di ajang Street Comedy IV sebagai salah satu finalis perwakilan Sumatra khususnya Palembang di Jakarta, yang mempertemukan komika-komika terpilih dari seluruh penjuru Indonesia[2]. Pasca Street Comedy IV, Fedro dan beberapa rekannya juga mengikuti audisi Liga Komunitas Stand Up yang diadakan oleh Kompas TV dengan membawa nama komunitas Stand Up Indo Palembang, meskipun akhirnya belum berhasil masuk ke babak selanjutnya.

Pasca 2014, Fedro yang juga pernah menjadi guru les privat bahasa Inggris ini lebih sering tampil di Palembang sekitarnya dalam hal stand up comedy baik mengisi acara on air di TV maupun off air. Pada tahun 2017, Fedro kemudian menjadi seorang penyiar radio untuk stasiun radio 95,1 FM Trax FM Palembang yang kemudian dikenal dengan programnya bernama "Celoteh Fedro" yang disiarkan setiap hari Minggu malam. Tahun 2018, kesempatan Fedro tampil ber stand up comedy di level nasional akhirnya kembali tercapai setelah berhasil lolos audisi untuk Stand Up Comedy Indonesia season ke 8 (SUCI 8) yang diadakan oleh Kompas TV di Jakarta. Fedro yang juga pernah beberapa kali mengikuti audisi SUCI ini akhirnya lolos sebagai salah satu dari 15 finalis SUCI 8 dan mencatatkan namanya sebagai perwakilan pertama Palembang di SUCI Kompas TV[3][4]. Pada format baru yang diperkenalkan SUCI 8, Fedro tergabung dalam tim Pandji Pragiwaksono bersama finalis lainnya yaitu Arif Brata, Wahyu Togog, Fianita, dan Ken Radhiq. Di SUCI 8 penampilan Fedro bisa dibilang memiliki progres yang cukup baik meskipun performanya bisa dibilang naik turun. Langkahnya terus berlanjut melalui mission show tim nya di Universitas Pancasila hingga show terakhir yang melibatkan tim sehingga ia berhasil masuk ke 9 besar. Namun, langkah Fedro harus terhenti di 9 besar SUCI 8 karena meskipun penampilannya terbilang lebih baik dari sebelum-sebelumnya, durasi penampilannya menjadi yang paling lama dan melebihi durasi yang telah ditetapkan sehinnga atas keputusan para juri, Fedro harus close mic dari panggung SUCI 8.

Acara Televisi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]