Fatih Andhika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Fatih "Ate" Andhika
LahirFatih Andhika
5 Juli 1992 (umur 30)
Bandar Lampung, Indonesia
Nama lainAtek, Ate
Pekerjaanpelawak tunggal
MC
Tahun aktif2013 - sekarang

Fatih Andhika yang akrab disapa Fatih, Atek, atau Ate (lahir 5 Juli 1992) adalah pelawak tunggal berkebangsaan Indonesia. Ate merupakan pelawak tunggal atau komika jebolan komunitas Stand Up Indo Lampung, salah satu komika jebolan angkatan awal di komunitas tersebut yang masih bertahan hingga saat ini di mana ia masuk setelah beberapa komika senior Lampung lain yang sudah lebih dulu terkenal seperti Newendi Septian dan Yoyo Cedal. Nama Ate dikenal secara nasional setelah menjadi finalis Stand Up Comedy Academy Musim 3 pada tahun 2017 dan berhasil menembus 6 besar, di mana ia satu angkatan dengan komika Ali Akbar dan Bintang Emon di kompetisi tersebut.[1] Empat tahun kemudian, Ate mengikuti kompetisi Stand Up Comedy Indonesia season 9 (IX) dan berhasil meraih juara ketiga.

Karier[sunting | sunting sumber]

Ate memulai karier sebagai komika pada akhir tahun 2013 dengan bergabung bersama komunitas Stand Up Indo Lampung. Ate tercatat beberapa kali memenangi lomba-lomba stand up comedy lokal dan beberapa kali dipercaya menjadi opener lokal untuk beberapa special show dari beberapa komika nasional, salah satunya menjadi opener "Rule of Three" dari 3 besar komika Stand Up Comedy Indonesia musim ke-4 yaitu David Nurbianto, Abdur Arsyad, dan Dzawin Nur Ikram.[2] Tidak hanya sampai di situ, pada tahun 2014 Ate bersama dua komika Lampung senior lainnya yaitu Newendi Septian dan Yoyo Cedal membentuk kelompok "BEGAL" yang berarti "Becanda Gaul Anak Lampung" yang diprakarsai oleh Newendi. Mereka bertiga membuat video parodi mengenai sisi lain kehidupan anak Lampung yang kemudian diunggah di Youtube. Periode 2015 hingga 2017 awal, BEGAL membuat tour stand up comedy bertajuk "BEGAL TOUR" dan mengadakan show nya di beberapa kota dan kabupaten di Provinsi Lampung.[3] Hingga di pertengahan 2016, Yoyo memutuskan vakum dari stand up comedy dan rangkaian tour tetap dilanjutkan oleh Ate dan Newendi sampai selesai.

Nama Ate sendiri dikenal secara nasional pada tahun 2016, di mana saat itu ia beberapa kali diundang tapping dalam acara Komika Vaganza yang diadakan oleh MNC TV. Mengikuti keberhasilan Newendi yang mampu menembus dua kali kompetisi level nasional, Ate kemudian berhasil lolos sebagai salah satu finalis di kompetisi Stand Up Comedy Academy Musim 3 (SUCA 3) yang diadakan oleh Indosiar. Berbeda dengan Newendi yang kental dengan logat Lampung nya ketika tampil, Ate muncul dengan gaya berkomedi observasional yang kritis namun mampu diterima berbagai kalangan tanpa meninggalkan identitasnya sebagai orang Lampung, karena ia lebih menyesuaikan dengan kondisi saat ini ketika tampil. Hasilnya Ate sendiri berhasil menembus 6 besar di SUCA 3, di mana kompetisi tersebut akhirnya dijuarai oleh Bintang Emon. Pasca kompetisi, Ate juga beberapa kali terlibat dalam tour stand up comedy, diantaranya "Royal Rumble" bersama beberapa finalis SUCA 3 dan "Tanpa Karakter" yang merupakan tour bertiga antara dirinya, Bintang Emon, dan Ali Akbar.

Di tahun 2020, Ate kembali mengikuti lomba Stand Up Comedy Indonesia Musim Kesembilan (SUCI IX). Memperoleh silver ticket ketika mengikuti audisi mini atau comic hunt di Palembang, penyelenggaraan ditunda akibat pandemi COVID-19 sehingga harus menunggu situasi kembali kondusif. Desember 2020, audisi besar akhirnya dibuka dengan format Indonesia Barat dan Indonesia Timur dan sesuai dengan identitas terdaftar, Ate masuk ke dalam kelompok audisi Indonesia Barat dan langsung bertemu para juri utama untuk audisi. Hasilnya Ate memperoleh golden ticket dan berhasil lolos ke babak selanjutnya yang mulai diselenggarakan di awal tahun 2021. Konsisten dengan pembawaan komedinya selama kompetisi, Ate berhasil menembus semi final kompetisi dan akhirnya meraih juara ketiga. Saat ini selain sebagai seorang komika, Ate juga aktif di beberapa media sosial sebagai content creator dan influencer.

Acara televisi[sunting | sunting sumber]

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]