Guzman Sige

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Guzman Sige
Gusmansige.JPG
Nama lahir Gusman Suherman
Nama lain Guzman Sige
Lahir 6 Agustus 1988 (umur 31)
Bendera Indonesia Bandung, Indonesia
Pekerjaan Pelawak tunggal, penyiar radio
Tahun aktif 2013 - sekarang

Gusman Suherman yang kemudian dikenal dengan nama panggung Guzman Sige (lahir di Bandung, Indonesia, 6 Agustus 1988; umur 31 tahun) adalah Seorang pelawak tunggal berkebangsaan Indonesia.

Karier[sunting | sunting sumber]

Guzman, begitu ia kerap disapa, merupakan pria asli Bandung tepatnya dari Dayeuhkolot yang merupakan perbatasan antara Kabupaten Bandung dengan Kota Bandung bagian selatan. Guzman sendiri hingga saat ini tercatat sebagai mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia fakultas Ilmu Pendidikan. Guzman mengenal stand up comedy pada tahun 2013 untuk kemudian membentuk komunitas stand up comedy di kampusnya dengan beberapa rekan mahasiswa. Tidak sampai di situ, Guzman juga ikut bergabung dengan komunitas Stand Up Indo Bandung dan secara rutin berlatih di sana[1]. Ciri khas dari Guzman ketika ber stand up comedy adalah cara penyampaian komedinya yang terkesan "bawel" seperti perempuan tetapi tetap menghasilkan tawa, di samping ia menyelinginya dengan Bahasa Sunda. Karena gayanya tersebut, beberapa orang sempat menyamakannya dengan Dicky Difie, komika asal Jakarta yang populer dengan gaya kemayu khas perempuan ketika tampil, tetapi Guzman lebih jarang melakukan act out ketimbang Dicky dan lebih menonjolkan story telling nya ketika berkomedi.

Nama Guzman pertama kali muncul sebagai salah satu finalis Street Comedy IV pada tahun 2014[2]. Di kompetisi tersebut, Guzman mewakili komunitas Stand Up Indo Bandung bersama rekannya yang juga satu almamater kampus dengannya yaitu Kamal Ocon. Setelah kompetisi tersebut, Guzman akhirnya mulai dikenal secara nasional ketika kembali mewakili komunitas Stand Up Indo Bandung di kompetisi Liga Komunitas Stand Up (LKS) yang diadakan Kompas TV[3]. Guzman bersama tiga rekannya yaitu Irfan Fauzan, Sanny Durant, dan Fandy Bakri kala itu berhasil melaju ke 8 besar LKS setelah mengalahkan komunitas Stand Up Indo Malang 2, tetapi harus mengakui keunggulan komunitas Stand Up Indo Medan yang kala itu digawangi oleh Lolox dan rekan-rekan di babak tersebut. Pasca LKS, Guzman mulai sering mengisi acara stand up comedy di beberapa stasiun TV baik on air maupun off air, di samping ia tetap aktif berada di komunitas sembari mengisi acara yang diadakan komunitas.

Guzman yang juga aktif sebagai seorang penyiar radio di Raka FM Bandung ini kemudian menjabat sebagai ketua komunitas Stand Up Indo Bandung sejak tahun 2015 hingga akhir tahun 2017, lalu posisinya digantikan oleh Anto Bangor. Dalam kurun waktu tersebut nama Guzman mulai jarang muncul seiring dengan kesibukan dengan komunitas dan kuliahnya. Ia sempat muncul di acara Duel Super Trans7 pada tahun 2017 yang merupakan kompetisi stand up comedy bertema roasting. Hingga pada akhirnya pada tahun 2018, Guzman yang juga beberapa kali pernah mengikuti audisi Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) Kompas TV ini akhirnya terpilih sebagai salah satu finalis Stand Up Comedy Academy season 4 (SUCA 4) yang diadakan oleh Indosiar setelah lolos melalui audisi di Bandung. Namun Guzman akhirnya harus terhenti di babak 32 besar SUCA 4 karena kurang menunjukkan performa terbaiknya ketika tampil.

Acara TV[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]