Kamaludin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kamal Ocon
Kamalll.jpg
Nama lahir Kamaludin
Nama lain Kamal Ocon
Lahir 10 Januari 1988 (umur 31)
Bendera Indonesia Bandung, Indonesia
Pekerjaan Sutradara, Pelawak tunggal, Mahasiswa
Tahun aktif 2014 - sekarang

Kamaludin (nama lain: Kamal Ocon, Kamal Arusatu) (lahir di Bandung, Indonesia, 10 Januari 1988; umur 31 tahun) adalah Seorang pelawak tunggal berkebangsaan Indonesia. Pria berambut gondrong yang akrab disapa Kamal ini merupakan salah satu komika jebolan komunitas Stand Up Indo Bandung, komunitas yang banyak menelurkan komika-komika populer. Anak bungsu dari empat bersaudara ini tercatat sebagai mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kamal dikenal setelah lolos sebagai salah satu finalis Stand Up Comedy Indonesia season 6 (SUCI 6) yang diadakan Kompas TV[1][2]. Kamal dikenal dengan pembawaan materi komedinya seputar bahasa dan sastra Indonesia yang dibawakan dengan tempo pelan namun tetap dapat menghibur dan membuat penonton tertawa.

Karier[sunting | sunting sumber]

Sebelum dikenal sebagai seorang komika, Kamal yang berlatar belakang mahasiswa bahasa dan sastra ini telah menuangkan bakat lainnya yaitu sebagai seorang sutradara dan penulis skenario film pendek. Terbukti beberapa film hasil garapannya memperoleh nominasi di bebearapa event yang diadakan di kota Bandung, bahkan ia pribadi pernah menjadi pemenang salah satu event tersebut sebagai seorang sutradara. Kamal sendiri bersama rekan-rekannya membentuk tim produksi film pendek yang diberi nama "Arusatu Production", yang membuat dirinya juga dikenal dengan nama Kamal Arusatu.

Awal Kamal mulai terjun ke dunia stand up comedy adalah pada tahun 2014. Ketika itu seorang temannya iseng mendaftarkannya di audisi Stand Up Comedy Indonesia season 4 (SUCI 4). Dari sana Kamal mulai mempelajari dan menggeluti stand up comedy, tentunya dipadukan dengan bakat lain yang ia miliki yaitu lewat gaya bahasa dan kesusasteraan[3]. Tidak hanya sampai di situ, Kamal bahkan menjadi finalis Street Comedy IV yang diadakan komunitas Stand Up Indo di Jakarta pada tahun yang sama. Di samping selain itu Kamal mulai banyak tampil open mic dan mengisi acara stand up comedy di Bandung sekitarnya. Puncaknya pada tahun 2016, melalui audisi di kota Jakarta, Kamal akhirnya lolos sebagai salah satu finalis Stand Up Comedy Indonesia season 6 (SUCI 6).

Kamal (kiri) ketika battle stand up comedy dengan Rin (kanan) bersama host David Nurbianto.

Selama kompetisi SUCI 6, Kamal dikenal dengan rambutnya yang gondrong dan sering memplesetkan tokoh-tokoh terkenal yang berambut gondrong, seperti misalnya The Undertaker dari WWE, tetapi tetap dengan gaya bahasa yang sedikit baku serta menyelipkan sedikit-sedikit syair untuk memperkuat materi komedinya. Selain itu, Kamal juga memiliki rival finalis yang sama-sama berambut gondrong yaitu Rin Hermana, finalis asal Padang. Sehingga ketika diadakan babak battle di sebuah show SUCI 6, keduanya selalu dipertemukan. Kamal juga dikenal sering menciptakan tokoh fiktif yang bernuansa Sunda yang terdengar kocak di hadapan penonton, seperti misalnya "Nanang Modif", "Neneng Skydiving", "Dadang Conello", dan "Ceuceu Campina". Banyak yang memprediksi Kamal akan keluar lebih awal dari kompetisi karena terlihat membosankan di awal-awal, tetapi seiring berjalannya kompetisi penampilannya mulai konsisten, hingga ia mulai menyisihkan nama-nama unggulan macam Rin Hermana, Muhammad Sabiq, hingga Irvan Karta yang saat itu mulai diperhitungkan. Kamal akhirnya tereliminasi atau close mic di babak 7 besar SUCI 6, tepatnya di SHOW 12 saat membawakan materi mengenai kuliner, karena penampilannya di bawah standar dan kembali terlihat membosankan sehingga akumulasi nilainya jadi yang terendah dari semua finalis yang masih bertahan[4].

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Perfilman[sunting | sunting sumber]

  • Sutradara Pemenang XXI Pitching Forum Short Movie Festival 2014.
  • Sutradara dan Penulis Skenario Film Pendek berjudul “CATUR” - mendapat 2 Nominasi: ide cerita terbaik dan Film Terbaik dalam Festival Film Pendek, Moviestival PT. Pos Indonesia 2015.

Stand Up Comedy[sunting | sunting sumber]

Acara TV[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]