Wisben Antoro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wisben Antoro
Wisbenwisben.jpg
Nama lahir Wisben Antoro
Lahir 5 Oktober 1967 (umur 52)
Bendera Indonesia Yogyakarta, Indonesia
Pekerjaan komedian, pelawak tunggal, pesulap
Pasangan Windi Puspasari (Istri)

Wisben Antoro (lahir di Yogyakarta, 5 Oktober 1967; umur 52 tahun) adalah seorang pelawak serta pelawak tunggal Indonesia[1]. Wisben sudah aktif melawak sejak masa sekolah dan menjadi pengisi acara Obrolan Angkring di TVRI Yogyakarta[2][3]. Selain melawak, dirinya juga bisa bermain sulap. Hal ini dirinya tunjukkan saat menjadi salah satu peserta Stand Up Comedy Indonesia di Kompas TV [4] pada tahun 2011. Wisben pada ajang itu dikenal dengan gaya dandanan ala Deddy Corbuzier pada saat tampil melawak serta melakukan trik-trik sulapnya secara nyeleneh, berikut dengan rahasianya. Tagline nya saat tampil adalah Kenapa Bisa Begini/Begitu? Timbul Pertanyaan.

Karier[sunting | sunting sumber]

Lahir di Yogyakarta, Wisben mulai menyukai dunia panggung saat sering ikut Ibunya pentas. Ibunya bernama Sri Rahayu, seorang sinden. Ayahnya bernama Kasmadi, seorang sungging wayang. Tak heran darah seni mengalir dari kedua orang tuanya. SMKI merupakan tempat pertemuan pertama Wisben dengan teman-teman yang sama-sama menyukai lawak, grup lawak "Jeng-jeng Jus" milik Wisben dan temannya berhasil menjadi juara bertahan dalam lomba lawak di Sekaten pada tahun 1987. Selepas di SMKI ia tidak melanjutkan studinya karena lebih memilih untuk menekuni lawak, sejak itu ia terus melawak dan berkeliling Indonesia.[5]

Walaupun diakui melawak itu tidak mudah, namun Wisben terus belajar dan menggali potensi yang ada di dalam dirinya agar terus bisa mengapresiasi kreativitasnya dan membuat orang lain tertawa. Meski pernah menjadi langganan juara, nama Wisben bukan jaminan laku di panggung. Ia pun mencari gaya lawakannya sehingga pada tahun 2001 dirinya mempunyai ide untuk memanfaatkan permainan sulap. Dengan ini Wisben menunjukkan lawakannya sekaligus atraksi sulapnya, plus dengan membocorkan rahasia sulapnya di akhir penampilan dengan gaya yang nyeleneh dan lucu, sehingga membuat penonton terpingkal[6].

Wisben terlebih dahulu hanya dikenal di Yogyakarta dan sekitarnya sebagai salah satu pengisi program acara komedi Obrolan Angkring di TVRI Yogyakarta. Pada acara itu, ia berperan sebagai penjual angkring dengan kumis ala Charlie Chaplin. Namanya mulai dikenal se-Indonesia saat menjadi salah satu dari 13 finalis Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV season 1 tahun 2011. Dari penampilannya setiap minggu, Wisben menyuguhkan penampilannya disertai trik-trik sulap yang berbeda setiap minggunya yang disampaikan secara jujur, artinya selalu ada bocorannya saat itu juga, sehingga sang juri Indro Warkop pernah berkomentar "Ternyata kejujuran itu juga lucu ya". Dalam ajang tersebut, Wisben berhasil menembus 4 besar bersama Ryan Adriandhy, Akbar, dan Ernest[7].

Hingga sekarang, Wisben tetap aktif di dunia melawak. Hal ini ia buktikan dengan membentuk trio lawak yang terdiri atas dirinya, Gareng, dan Marsudi dengan nama GAM pada tahun 2012. GAM adalah singkatan dari nama mereka, Gareng, Antoro, dan Marsudi, sekaligus sebagai singkatan dari Guyonan Ala Matraman[8]. Selain itu Wisben juga kerap kali hadir dalam acara stand up di beberapa stasiun TV swasta.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Acara TV[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]