Radit Vent

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Radit Vent
Rventl.jpeg
Radit Vent bersama bonekanya, Lola.
Nama lahir Raditya Adipramono
Nama lain Radit Vent
Lahir 18 Desember 1983 (umur 35)
Bendera Indonesia Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia
Pekerjaan Dosen, Ventriloquis, Pelawak tunggal
Tahun aktif 2010—sekarang
Dipengaruhi Gatot Sunyoto
Pasangan Roro Indah Pratiwi (Istri)
Orang tua Suyono (alm) & Soko Setiarini (almh)

Raditya Adipramono S.S., M.Pd. BI atau juga dikenal dengan nama panggung Radit Vent (lahir di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia, 18 Desember 1983; umur 35 tahun) adalah seorang Dosen dan Ventriloquis berkebangsaan Indonesia. Radit merupakan seorang ventriloquis yaitu seorang yang mahir dengan menggunakan teknik suara perut melalui seni permainan boneka. Pria yang juga tercatat sebagai Dosen tetap bidang studi bahasa Inggris di Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta ini merupakan finalis Indonesia's Got Talent pada tahun 2010[1]. Selain itu, saat ini Radit juga menggeluti dunia stand up comedy sebagai seorang pelawak tunggal atau komika[2]. Terbukti ketika Radit menjadi salah satu finalis Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV musim ke 6 (SUCI 6) pada tahun 2016, menjadikannya ventriloquis pertama yang tampil di kompetisi ini.

Karier Ventriloquis[sunting | sunting sumber]

Berawal pada tahun 2010, Radit yang saat itu masih berstatus dosen honorer mengikuti audisi Indonesia's Got Talent. Saat itu Radit yang sejak kecil menyenangi seni permainan boneka ini sudah pernah mencoba segala bentuk seni panggung salah satunya menjadi musisi. Namun karena persaingan yang cukup besar kala itu, Radit memutuskan untuk mengikuti audisi dengan menampilkan permainan boneka ventriloquis, yang sudah dikuasainya sejak kecil dan kebetulan memang sudah mulai langka di Indonesia. Hasilnya, pria yang terinspirasi dari Gatot Sunyoto ini berhasil mencapai putaran final Indonesia's Got Talent[3]. Selepas acara tersebut, Radit mulai sering tampil baik saat mengajar mahasiswa di kampusnya maupun di berbagai pentas seni di Yogyakarta. Namun karena masih belum banyak yang mengenal sosok Radit, ia pun kembali ke rutinitasnya sebagai seorang dosen meskipun di sela-sela mengajar tetap menghibur mahasiswanya lewat aksi seni boneka ventriloquisnya.

Karier Stand Up[sunting | sunting sumber]

Dua tahun setelah mengikuti Indonesia's Got Talent, Radit mulai tertarik dengan stand up comedy. Ketika saat itu stand up comedy sedang berkembang, salah seorang sahabatnya menyarankan agar para ventriloquis juga ikut andil dalam stand up comedy. Dari sinilah kemudian Radit mencoba open mic lewat komunitas Stand Up Indo Jogja yang saat itu mengadakan event pertamanya setelah dibentuk. Dari sinilah kemudian Radit mulai menyadari bahwa kemampuan ventriloquisme nya ini sangat serasi dengan stand up comedy sehingga penampilannya mendapat sambutan baik dari para penonton. Kemudian Radit berkesempatan untuk tapping di salah satu stasiun televisi swasta untuk ber stand up comedy. Alhasil namanya pun mulai dikenal secara nasional, tidak hanya sebagai seorang ventriloquis lagi, tetapi juga sebagai seorang komika. Sejak saat itu Radit pun mulai sering tampil baik di televisi maupun event-event di luar kota yang berkaitan dengan stand up comedy. Pada tahun 2016, lewat audisi "Special Hunt" di Yogyakarta Radit lolos sebagai salah satu finalis Stand Up Comedy Indonesia musim ke 6 (SUCI 6) yang diadakan Kompas TV. Sayangnya Radit hanya mampu bertahan di 12 besar saja.

Boneka[sunting | sunting sumber]

Boneka ventriloquis milik Radit Vent (dari kiri ke kanan: Otan, Lola, Joni, dan Pakde Sukur/Unce Ben).

Sebagai seorang ventriloquis, Radit tentu tidak asing dengan penampilannya yang membawa sebuah atau beberapa boneka ventriloquis untuk menunjang penampilannya saat di panggung. Adapun Radit memiliki empat boneka yang sering ia bawa saat tampil di panggung. Berikut boneka ventriloquis yang sering tampil bersama Radit:

  • Joni, merupakan boneka pertama yang ia tampilkan saat mengikuti Indonesia's Got Talent.
  • Pakde Sukur atau Uncle Ben, merupakan sebuah boneka kakek tua yang ingin terlihat keren di hadapan para penonton. Oleh karena itu boneka ini memiliki dua nama, Pakde Sukur yang khas Indonesia serta Uncle Ben agar terdengar keren.
  • Otan, merupakan sebuah boneka Orang Utan.
  • Lola, merupakan boneka anak perempuan yang menjadi boneka paling terkenal dari semua boneka yang pernah dibawa Radit tampil. Lola paling sering menemani Radit saat ber stand up comedy. Alhasil, Lola pun juga memiliki akun Twitter sendiri yaitu @Lola_Radit_Vent[4].

Acara Televisi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]