Lompat ke isi

Yono Bakrie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Yono Bakrie
LahirSuyono
22 Juni 1992 (umur 32)
Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia
Nama lainYono Bakrie
AlmamaterUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Pekerjaan
Tahun aktif2014—sekarang
Instagram: yonobakrie Edit nilai pada Wikidata

Suyono, S.E., yang dikenal sebagai Yono Bakrie (lahir 22 Juni 1992) adalah seorang pelawak tunggal dan aktor berkebangsaan Indonesia.

Kehidupan awal

[sunting | sunting sumber]

Yono lahir di Samarinda dari orang tua bersuku Jawa yang bertransmigrasi ke sana.


Awalnya, Yono merupakan seorang karyawan yang bekerja di perusahaan farmasi. Ia bekerja sejak tahun 2013 sambil menyelesaikan kuliahnya. Yono bertugas sebagai pengantar obat pesanan untuk instansi kesehatan di Samarinda.

Pada akhir tahun 2014, Yono mulai mengenal dunia melawak tunggal setelah menonton video YouTube Raditya Dika. Pada tahun yang sama, Yono bergabung dengan komunitas Stand Up Indo Samarinda. Awalnya, ia diajak oleh salah satu rekan kerjanya untuk menonton acara buka pelantang di sebuah kafe. Yono ditunjuk oleh pembawa acara untuk tampil ke atas panggung. Bermodal tulisan blog yang pernah ia tulis, penampilan pertamanya dapat dikatakan berhasil.

Ketika memutuskan untuk berkarier di dunia hiburan, Yono memakai nama panggung "Yono Bakrie", di mana nama "Bakrie" ia kutip dari nama politikus Aburizal Bakrie, dengan harapan ia menjadi orang yang kaya, baik secara materi, spiritual, dan pola pikir.[1]

Namanya mulai dikenal ketika mengikuti audisi Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV musim kesembilan pada tahun 2021, di mana ia belum lolos.

Pada tahun 2019, Yono memutuskan untuk fokus melawak tunggal secara penuh.[1] Masih di tahun yang sama, Yono menggelar "Candakiawan" sebagai pertunjukan spesial perdananya, yang berkolaborasi bersama komunitas Stand Up Indo Samarinda dan Stand Up Indo Balikpapan.

Yono mengikuti audisi Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV musim kesepuluh. Ia berhasil lolos melalui audisi di Jakarta[2] dan berhasil meraih silver ticket. Sayangnya, pada awal 2020, pandemi COVID-19 menyebar dan menyebabkan proses audisi ikut ditunda. Akhirnya, audisi kembali dijalankan di akhir tahun 2020 dengan perubahan format menjadi daring. Yono pun tampil dalam audisi daring di hadapan juri utama. Namun, karena kendala teknis dan sambungan internet yang kurang stabil, penampilan Yono malah terlihat berantakan oleh para juri, yang menyatakan Yono tidak lolos saat itu. Setelah tampil dengan progres yang meningkat di setiap minggunya, Yono akhirnya keluar sebagai juara. Ia mengungguli pelawak tunggal lainnya, Gautama Shindu, berdasarkan penilaian.[3]

Pendidikan

[sunting | sunting sumber]

Filmografi

[sunting | sunting sumber]
Tahun Judul Peran Catatan
2023 Star Syndrome Begal
2024 Agak Laen Cowok berwajah unik
Bolehkah Sekali Saja Ku Menangis
Angél Pol Gatot
Keterangan
  Belum dirilis

Serial web

[sunting | sunting sumber]
Tahun Judul Peran Catatan
2022, 2023 Kalau Jodoh Takkan ke Mana Mail 2 musim
2022 Cek Toko Sebelah: Ada Lawan Baru Sopir pikap Episode 2 dan 12
Imperfect the Series 2 Icuk Episode 3, 5, dan 10
2023 Episode 13
Induk Gajah Pramukantor Ira Episode 5
2023, segera Nurut Apa Kata Mama Roy 2 musim
2024 Komedi Kacau Tanto
Nurut Apa Kata Mama: Episode Spesial Lebaran Roy
TBA Induk Gajah Pepeng Musim 2
Keterangan
  Belum dirilis
  • TBA : To be announced

Acara televisi

[sunting | sunting sumber]

Pertunjukan spesial

[sunting | sunting sumber]
  • "Candakiawan" (2019)

Model video klip

[sunting | sunting sumber]

Referensi

[sunting | sunting sumber]

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]