Rio Steven Dumatubun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rio Steven Dumatubun
LahirRio Steven Dumatubun
17 April 1984 (umur 37)
Bendera Indonesia Semuli Raya, Lampung, Indonesia
Nama lainRio Satpam
PekerjaanSatpam, Pelawak tunggal
Tahun aktif2005—sekarang (Satpam)
2015—sekarang (Pelawak tunggal)
Suami/istriSari Sumartini (k. 2011)
AnakBob Wellson Dumatubun (2013)
Dia Carissa Putri Dumatubun (2019)
Orang tuaCarolus Dumatubun (Ayah)
Eni Martin (Ibu)

Rio Steven Dumatubun (lahir 17 April 1984) adalah seorang Satpam dan pelawak tunggal berkebangsaan Indonesia. Berprofesi sebagai seorang satpam, nama Rio justru lebih dikenal sebagai seorang pelawak tunggal atau komika. Pria yang juga merupakan bagian komunitas Stand Up Indo Jakarta Barat ini mulai dikenal setelah mengikuti kompetisi Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV musim ke-9 (SUCI IX) tahun 2021 dan berhasil menjadi juara kompetisi, sekaligus mencatatkan dirinya sebagai satpam pertama yang berhasil menjadi finalis di kompetisi tersebut.[1] Rio juga tergabung dalam grup Sohibul Diksi, grup yang terdiri dari sekumpulan pelawak tunggal atau komika yang dikenal dengan pembawaan diksi unik ketika melakukan stand up comedy.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Lahir di Semuli Raya yang merupakan sebuah desa di Lampung Utara, Rio terlahir dalam berbagai ragam perbedaan dalam keluarganya. Ayahnya, Carolus Dumatubun yang merupakan seorang pensiunan TNI-AU berdarah Maluku dan memeluk agama Katolik. Sementara sang ibu, Eni Martin yang merupakan seorang ibu rumah tangga berdarah Jawa dan memeluk agama Islam. Meskipun begitu hubungan mereka diketahui harmonis satu sama lain hingga sekarang. Awal tahun 2000an, Rio memutuskan untuk merantau ke Jakarta untuk mengikuti pelatihan pendidikan satpam dan pada 2005 resmi lulus dan memperoleh pekerjaan pertamanya di salah satu bank swasta di sana. Beberapa kali ia pindah tugas dan hingga saat ini masih aktif sebagai satpam di salah satu bank di daerah Jakarta Barat.

Pada 19 Februari 2011, Rio menikah dengan Sari Sumartini, yang ia temui ketika sama-sama bekerja di satu bank yang sama di mana saat itu Sari berprofesi sebagai manajer keuangan. Dari pernikahan tersebut, hingga saat ini mereka telah dikaruniai dua orang anak. Anak pertama mereka adalah laki-laki dan diberi nama Bob Wellson Dumatubun yang lahir pada tahun 2013, sementara anak kedua mereka adalah perempuan dan diberi nama Dia Carissa Putri Dumatubun yang lahir pada tahun 2019.

Karier[sunting | sunting sumber]

Rio mulai tertarik dengan stand up comedy tahun 2015, di mana saat itu di bank tempat ia bekerja sedang menyelenggarakan lomba stand up comedy. Karena ia dianggap lucu di antara teman-teman sesama dinasnya, ia didaftarkan untuk mengikuti lomba tersebut meskipun akhirnya tidak memenangkan lomba tersebut. Penasaran dengan hasil tersebut, Rio mulai mencari tempat untuk bisa berlatih stand up comedy dan hasilnya ia bergabung dengan komunitas Stand Up Indo Jakarta Barat yang kebetulan tidak jauh dari bank tempat ia bekerja. Di sana ia berlatih hingga mengikuti berbagai lomba mulai dari kompetisi internal hingga event stand up comedy yang diadakan secara komersial.

Acara Televisi[sunting | sunting sumber]

Seri Web[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]