Rin Hermana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rin Hermana
Rhermana.jpg
Nama lahir Muhammad Fadjrin Hermana Putra
Nama lain Rin Hermana
Lahir 17 November 1994 (umur 25)
Bendera Indonesia Padang, Sumatra Barat, Indonesia
Pekerjaan Pelawak tunggal, Mahasiswa, Penyiar radio
Tahun aktif 2013—sekarang

Rin Hermana dengan nama lahir Muhammad Fadjrin Hermana Putra (lahir di Padang, Sumatra Barat, Indonesia, 17 November 1994; umur 25 tahun) adalah seorang pelawak tunggal berkebangsaan Indonesia. Pria yang akrab disapa Rin atau Arin ini merupakan juara kompetisi Street Comedy V yang diadakan komunitas Stand Up Indo se Indonesia di Jakarta pada tahun 2015. Sebelumnya, pria yang digadang-gadang sebagai suksesor dari Pras Teguh ini tampil di kompetisi Liga Komunitas Stand Up yang diadakan Kompas TV dengan membawa komunitasnya, Stand Up Indo Padang hingga babak 8 besar pada tahun 2014[1].

Karier[sunting | sunting sumber]

Rin yang merupakan alumni SMK Negeri 4 Padang juga tercatat sebagai alumni Universitas Negeri Padang jurusan Desain Komunikasi Visual[2] yang lulus pada tahun 2018. Rin mengenal stand up comedy pada tahun 2012 dan bergabung dengan komunitas Stand Up Indo Padang pada tahun 2013. Pada tahun 2014, bersama tiga rekannya Fahri Syahputra, Hariadi Syaifer, dan M. Nuzul Sadiq, Rin mewakili komunitas Stand Up Indo Padang di Liga Komunitas Stand Up Kompas TV. Di kompetisi tersebut, mereka menang atas komunitas Stand Up Indo Banten, Serang, Cilegon (BSC) dan berhasil lolos ke 8 besar, namun harus terhenti karena kalah dari tim komunitas Stand Up Indo Bogor. Tapi menurut Pandji Pragiwaksono yang saat itu menjadi juri, Rin menjadi salah satu komika dengan bakat mentah yang bagus dan akan bersinar ke depannya. Hal ini membuat Rin rutin berlatih di komunitas bersama teman-temannya lewat open mic dan event yang diadakan komunitas.

Rin (kanan) ketika battle stand up comedy dengan Kamal (kiri) bersama host David Nurbianto.

Gayung bersambut pada tahun 2015, Rin terpilih menjadi salah satu finalis Street Comedy V yang diadakan di Jakarta. Hasilnya di luar dugaan, Rin berhasil menyabet juara Street Comedy V, mengalahkan 23 finalis lainnya yang datang dari komunitas Stand Up Indo di seluruh Indonesia. Atas prestasi tersebut, Rin menjadi juara Street Comedy pertama dari luar Jabodetabek yaitu regional Sumatra setelah empat penyelenggaraan sebelumnya juara didominasi oleh komika regional Jabodetabek. Tidak berhenti sampai di situ, pada tahun 2016 Rin terpilih sebagai kontestan Stand Up Comedy Indonesia season 6 (SUCI 6) yang diadakan oleh Kompas TV setelah lolos lewat audisi di Jakarta, yang sekaligus mencatatkan namanya sebagai juara Street Comedy pertama yang bisa lolos ke SUCI Kompas TV. Rin dikenal di kompetisi dengan kemampuan act out nya yang total saat tampil untuk memperkuat materi komedinya, serta rambut gondrongnya dengan memakai topi yang dibalik posisinya. Hal yang terakhir ini menjadi pembeda dirinya dengan kontestan SUCI 6 lain yaitu Kamal yang juga berambut gondrong. Sehingga dari kesamaan ciri rambut ini, Rin dan Kamal sering dipertemukan ketika ada babak battle of comic di SUCI 6. Namun Rin hanya sanggup bertahan hingga 10 besar dan harus close mic karena kurang memberikan penampilan terbaiknya saat itu.

Pasca kompetisi SUCI 6, Rin tetap mengembangkan kariernya di jalur komedi. Pertama dengan bergabung grup OVERACTING, grup komika yang terdiri dari Pras Teguh, Tretan Muslim, dan Arif Alfiansyah yang merupakan grup komika yang terkenal dengan aksi act out totalnya di panggung yang sudah melakukan tour keliling Indonesia. Bersama Pras Teguh yang juga seniornya, Rin yang juga saat ini menekuni seni videografi dan sinematografi di sela-sela kuliahnya pun ikut terlibat dalam program Youtube Pras Teguh yang bertajuk "Pacah Paruik" dan lainnya sebagai talent. Bersamaan dengan itu pulalah, Rin kemudian ikut menjadi seorang Youtuber demi mengenalkan budaya Minangkabau ke seluruh nusantara melalui media komedi. Pada tahun 2018, Rin mulai berkarier sebagai seorang penyiar radio untuk stasiun radio Classy FM di kota Padang[3].

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Acara Televisi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]