Gideon Tulus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gideon Tulus
LahirGideon Victor Tulus Parulian
23 Agustus 1999 (umur 24)
Cibinong, Jawa Barat, Indonesia
Nama lainGideon Tulus
AlmamaterPoliteknik Negeri Jakarta
Pekerjaan
Tahun aktif2016—sekarang

Gideon Victor Tulus Parulian (lahir 23 Agustus 1999) adalah seorang pelawak tunggal dan aktor berkebangsaan Indonesia. Tulus, begitu ia kerap disapa, adalah salah satu pelawak tunggal atau komika muda yang merupakan jebolan komunitas Stand Up Indo Depok. Awalnya, pria yang berasal dari keluarga Batak dan merupakan bungsu dari lima bersaudara ini mengenal stand up comedy di akhir tahun 2016 saat masih mengenyam bangku SMA. Bergabung dengan komunitas Stand Up Indo Depok, Tulus lebih memilih gaya observasional ketika ber stand up comedy yang berbeda dengan komika-komika jebolan komunitas Stand Up Indo Depok pada umumnya yang menganut aliran komedi absurd. Tulus menjadi salah satu komika muda yang sering mengikuti berbagai perlombaan stand up comedy baik secara on air maupun off air.[1] Namanya pertama kali muncul pada tahun 2018 sebagai salah satu komika muda yang mengisi acara "Local Stand Up Day", yang merupakan kolaborasi antara komunitas Stand Up Indo dan Majelis Lucu Indonesia. Kemudian pada tahun 2019, Tulus menjadi juara ketiga di lomba stand up comedy pada acara "Jicomfest 2019", di mana ia bersaing dengan Alif Baihaki yang merupakan alumni kompetisi Stand Up Comedy Indonesia season 7 (SUCI 7) yang menjuarai lomba tersebut. Puncaknya, Tulus mengikuti kompetisi Stand Up Battle Indonesia di akhir 2019 yang disponsori oleh HOOQ dan kali ini berhasil mencapai grand final. Namun sayang Tulus kembali merelakan gelar juara dan menjadi runner up di mana ia harus mengakui keunggulan Ali Akbar yang mampu tampil lebih baik.[2] Kemudian bersamaan dengan munculnya COVID-19 awal tahun 2020, Tulus yang merupakan lulusan Politeknik Negeri Jakarta jurusan D3 Teknik Elektro ini tetap menerima pekerjaan dan mengikuti beberapa lomba stand up comedy meskipun sebagian besar dilaksanakan secara daring. Di akhir tahun 2020, Tulus mengikuti audisi Stand Up Comedy Indonesia yang memasuki musim kesembilan dengan tajuk SUCI IX. Sesuai identitas terdaftar, Tulus masuk ke dalam kelompok audisi Indonesia Barat. Hasilnya, Tulus yang memiliki kelenturan badan, hobi bermusik, dan pernah mengikuti audisi SUCI pada tahun 2018 (SUCI 8) ini akhirnya lolos sebagai finalis SUCI IX dengan memperoleh golden ticket dan lolos melewati preliminary show. Di SUCI IX Tulus kembali bersaing dengan Ali Akbar yang merupakannya rivalnya di grand final Stand Up Battle Indonesia.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Acara televisi[sunting | sunting sumber]

Serial web[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Koran Jakarta: Stand Up Indo Depok, Salurkan Keresahan Berbalut Kelucuan". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-08-11. Diakses tanggal 2021-03-12. 
  2. ^ "Citra Televisi: Ali Akbar Terpilih Menjadi Pemenang Kompetisi Stand Up Battle Indonesia". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-07. Diakses tanggal 2021-03-12. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]