Hifdzi Khoir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hifdzi Khoir
LahirMuhammad Hifdzi Khoir
4 Oktober 1991 (umur 32)
Lampung, Bandar Lampung, Indonesia
AlmamaterUniversitas Gadjah Mada
Pekerjaan
Tahun aktif2012—sekarang
Suami/istri
Rinita Dini Eka Sari
(m. 2019)
Anak1


Muhammad Hifdzi Khoir, S.S. (lahir 4 Oktober 1991) adalah pelawak tunggal, aktor, dan penyanyi berkebangsaan Indonesia. Hifdzi adalah salah satu kontestan Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV musim keempat (SUCI 4) tahun 2014, di mana ia lolos melalui audisi wilayah Jakarta.[1] Bersama komika Newendi Septian, Hifdzi sebenarnya adalah perwakilan dari Lampung dalam kompetisi tersebut, tetapi dirinya lebih dikenal sebagai perwakilan dari Yogyakarta karena sudah lebih dulu tergabung di komunitas Stand Up Indo Jogja sejak tahun 2012.

Hifdzi mulai aktif di dunia lawakan tunggal sejak 2012 dan menembus posisi lima besar di ajang Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV pada tahun 2014.[1][2]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Karier[sunting | sunting sumber]

Hifdzi mengawali karier sebagai presenter saat duduk di bangku sekolah menengah pertama di Bandar Lampung (SMP Al-Kautsar) untuk acara "Sabtu Ceria" yang diadakan di sekolahnya.[4] Berbekal kepiawaiannya dalam membawakan acara dan terinspirasi dari ajang pencarian bakat Audisi Pelawak TPI yang diselenggarakan oleh stasiun TV TPI, Hifdzi pun memberanikan diri untuk membentuk sebuah grup lawak dengan nama "LASKAR (Lawakan Al-Kautsar)" yang beranggotakan Hifdzi dan 3 orang temannya.[5]

Sejak aktif buka pelantang pada tahun 2012, Hifdzi sudah banyak mengikuti kompetisi melawak tunggal. Meskipun sebagian besar diadakan di Yogyakarta, setidaknya itu menjadi pengalaman serta modal bagi dirinya untuk dapat tampil di tingkat nasional. Hifdzi juga tercatat sebagai finalis Street Comedy III yang diadakan oleh komunitas Stand Up Indo pada tahun 2013. Puncaknya tahun 2014, ia mengikuti audisi Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV musim ke-4 (SUCI 4) di Jakarta masuk dalam 20 besar. Menembus 5 besar, ia menyisihkan sejumlah kontestan favorit seperti Yudha Keling dan Dodit Mulyanto. Di akhir kompetisi, Hifdzi dinobatkan sebagai Komika Paling Bersahabat SUCI 4. Selain sibuk berkarier sebagai pelawak tunggal dan aktor, Hifdzi juga disibukan dengan menjadi seorang vokalis grup humor yang dibentuk bersama komika Yogyakarta seperti Mukti Entut, Lonce Maarlonce, dan Coip bernama Orkes Pensil Alis. Band tersebut telah merilis album perdana yang diberi judul Best of The Best dan diproduseri oleh Adjis Doaibu. Selain itu, Hifdzi juga membentuk sebuah grup musik parodi dengan gaya melawak tunggal bersama komika alumni SUCI lainnya yaitu Pras Teguh, Alphi Sugoi, Wira Setianagara dan Rigen, yang diberi nama Sukses Mantap Band.

Hifdzi bersama Ananta Rispo dan Rigen Rakelna membentuk grup lawak bernama GJLS. Selain melawak, Hifdzi juga mulai merambah ke dunia tarik suara dengan merilis singel perdananya yang berjudul "Ambigu" pada 2017.

Sejak tahun 2022, bersama Rigen Rakelna dan Ananta Rispo, Hifdzi ikut mendirikan PT. Hiburan Jelas Nusantara.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Ciri khas Hifdzi saat melakukan buka pelantang adalah dengan gaya bicara ala ustadz yang sedang berkhotbah atau memberikan ceramah, karena latar belakang Hifdzi sendiri adalah anak seorang ustadz. Orang mungkin mengira bahwa Hifdzi serius memberi ceramah, tetapi tidak akan menyangka kalau Hifdzi mematahkan langsung ceritanya dengan punchline yang imajinatif dan unik yang membuat penonton langsung tertawa.

Contoh lawakan yang diangkat Hifdzi:

Adapun contoh lain:

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2014 Tak Kemal Maka Tak Sayang Hifdzi
Kukejar Cinta ke Negeri Cina
2016 Jagoan Instan Bos pembalak
Get Up Stand Up Presenter
Koala Kumal Cowok misterius
Cek Toko Sebelah Klien Yohan
2017 The Underdogs Dosen
Mau Jadi Apa? Briptu Tobok
2018 Target Hifdzi Khoir
Gila Lu Ndro! Penjual marmut
Generasi Micin vs Kevin Pak Bambang
2019 Laundry Show Ario Keukeuh
Mendadak Kaya Bos pabrik
2020 Pelukis Hantu Heru
2023 Star Syndrome Manto
Satu Hari dengan Ibu Bos Dewa
2024 Pemandi Jenazah Marbot masjid
Si Juki the Movie: Harta Pulau Monyet Suara
Keterangan
  Belum dirilis

Film pendek[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2020 Wawancara Pengendara di lampu merah
Kuyup Hifdzi
Sendok Sutradara
2023 Bun

Serial web[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2020 Office Watch Benny
2021 Webseriesnya Radit Tukang pijat Episode 6
2024 Komedi Kacau Komika terkenal Episode 10

Serial televisi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2014—2015 Comic Story

Acara televisi[sunting | sunting sumber]

Model video klip[sunting | sunting sumber]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Singel[sunting | sunting sumber]

  • "Ambigu" (2017)
  • "Petrikor" (2021)
  • "Gemintang" (2023)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]