Comic Story

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Comic Story
Berkas:Comic story.jpg
GenreSituasi komedi
PengembangKG Productions
SutradaraTeezar Sjamsuddin
PemeranBabe Cabita
Ge Pamungkas
Arie Kriting
Joshua Suherman
Tretan Muslim
Alphi Sugoi
Raditya Dika
Indro Warkop
Pandji Pragiwaksono
Kiena Dwita
Ryan Putri
Wulandari Indah
Terta Mayasari
Hilda Vitria
Negara asalIndonesia
Bahasa asliIndonesia
Jmlh. episode52
Produksi
Produser eksekutifArgalaras Kusumahananda
Lokasi produksiJakarta
Durasi30 menit
Rilis asli
JaringanKompas TV
Format gambar480i
720p (HDTV)
Format audioStereo
Dolby Digital 5.1
Rilis4 Mei 2014 –
18 Januari 2015

Comic Story adalah serial komedi situasi yang tayang di Kompas TV. Serial komedi ini berbeda dari serial komedi lainnya karena menampilkan pemain yang sebagian besar merupakan pelawak tunggal atau komika terbaik jebolan kompetisi nasional di Indonesia. Serial ini mulai tayang pada 4 Mei 2014 setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 19.00 WIB. Pemain dalam serial ini adalah komika Babe Cabita, Ge Pamungkas, Arie Kriting, Joshua Suherman, Tretan Muslim, dan Alphi Sugoi. Tidak ketinggalan serial ini juga didukung oleh penampilan dari para komedian serta komika senior seperti Indro Warkop, Raditya Dika, dan Pandji Pragiwaksono.[1] Program ini juga menjadi program terakhir Kompas TV di segmen entertainment dalam kategori sitkom sebelum akhirnya pada 2015 Kompas TV tidak lagi memproduksi sitkom dikarenakan dengan adanya pergantian pemimpin redaksi dari Taufik Mihardja (alm) ke Rosiana Silalahi dan juga dimana pada 28 Januari 2016 Kompas TV bertransformasi menjadi stasiun televisi berita 24 jam.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Alkisah para mahasiswa rantau yang meninggalkan tanah kelahirannya untuk menimba ilmu di kota. Mereka saling bercengkerama dalam canda di kampus baru mereka, Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Tersebut enam pemuda yang merantau sebagai mahasiswa di kampus UMN. Ke enam mahasiswa ini datang dari latar belakang keluarga yang berbeda-beda. Tiga mahasiswa yang berasal dari daerah jauh/kampung adalah Arie Kriting, Babe Cabita, dan Muslim, mereka bertiga secara tidak sengaja membentuk satu geng yang dipanggil Geng Kampungan. sedangkan tiga mahasiswa lainnya berasal dari keluarga terpandang yakni Ge Pamungkas, Alphi, dan Joshua Suherman, yang menyebut diri mereka dalam satu geng sebagai Geng Ganteng.

Nantinya mereka berenam tinggal dalam satu kontrakan yang dimiliki oleh Tante Mia (Terta Mayasari) sebagai ibu kost beserta pembantunya, Sari (Hilda Vitria). Keenam pemuda ini bersaing untuk mendapatkan kemurahan hati Tante Mia agar mereka dapat membayar sewa kost dengan harga murah mengingat kost an Tante Mia tarifnya cukup mahal, tentunya dengan cara yang unik, kocak, dan lucu. Persaingan mereka tidak hanya mengenai kost-kost an, tetapi juga soal wanita. Di sebelah kontrakan Tante Mia, ada rumah kontrakan khusus cewek yang dimiliki Pakde Indro di mana ada tiga mahasiswi yang nge kost di sana yaitu Melody (Kiena Dwita), Anissa (Ryan Putri), dan Nabilla (Wulandari Indah), yang juga selalu bertiga ke mana-mana. Keenam pemuda ini juga bersaing untuk mendapatkan hati dari ketiga perempuan tersebut, seperti misalnya Ge yang naksir Anissa, tetapi Anissa lebih terbuka pada Arie. Hal-hal lucu dan kocak pun menghiasi persaingan ini, meskipun pada kelanjutannya secara tidak langsung mereka semua berteman.

Tidak hanya sampai di situ, di kampus UMN pun mereka semua juga menghadapi berbagai situasi yang kocak dan lucu. Seperti Pandji, ketua BEM Pusat UMN yang sudah menjadi ketua BEM empat kali berturut-turut dan kembali ingin menjadi ketua BEM selanjutnya dengan slogannya yang berapi-api tetapi terdengar membosankan. Juga ada Radit, pengelola kafe kampus yaitu Kafe Line Up yang rada absurd dan terkadang plin-plan yang ternyata adalah anak dari Tante Mia.[2]

Pemeran Utama[sunting | sunting sumber]

Dalam serial ini, pemeran laki-laki sebagian besar menggunakan nama asli mereka. Sedangkan pemeran perempuan sebagian besar menggunakan nama peran.

  • Babe Cabiita sebagai Babe: Pemuda kampung asal Medan yang merantau ke Jakarta. Sifatnya agak kampungan, norak, dan selalu mengklaim bahwa dirinya adalah pria ganteng dan kaya di Medan, meskipun kenyataannya bertolak belakang. Tergabung dalam Geng Kampungan bersama Arie dan Muslim, Babe yang juga bersifat blak-blakan sering menjadi troublemaker bagi orang disekitarnya, apalagi khususnya semua penghuni kost Tante Mia. Babe jatuh hati pada seorang mahasiswi baru cantik di kampusnya yang bernama Anabelle.
  • Ge Pamungkas sebagai Ge: Pemuda yang berasal dari keluarga pemilik sebuah perusahaan besar. Tergabung dalam Geng Ganteng bersama Joshua dan Alphi, secara tidak langsung membuat Ge menjadi ketua geng. Sifatnya egois dan tidak ingin dipandang rendah dan kalah dari orang lain, serta sering terburu-buru tanpa pikir panjang membuatnya terkadang menjadi troublemaker seperti Babe. Ge tertarik dan naksir pada Anissa dan bersedia melakukan segala cara untuk menarik hati Anissa, meskipun Anissa sendiri tidak terlalu mempedulikannya.
  • Arie Kriting sebagai Arie: Pemuda kampung dari Indonesia Timur yang merantau ke Jakarta. Sekilas tampangnya seperti preman, tetapi hatinya bagai Roman Picisan. Meskipun nantinya bergabung dengan Babe dan Muslim dalam Geng Kampungan, ia bisa dibilang sedikit lebih pintar dari kedua temannya ini. Arie sebenarnya sama seperti Babe, tetapi lebih bisa mengontrol diri dan berpikir panjang. Meskipun pada akhirnya ia juga mendukung apa yang jadi keputusan dalam geng.
  • Joshua Suherman sebagai Joshua: Pemuda kaya yang tergabung dalam Geng Ganteng bersama Ge dan Alphi. Joshua yang juga sering dipanggil Jojo mengklaim bahwa dirinya yang paling ganteng dalam geng, serta pernah ngetop sebagai artis waktu masih kecil. Namun karena ia berasal dari Jawa dan terkadang medok, membuatnya jadi gampang diremehkan orang lain. Meski pada dasarnya ia baik, ia tetap ikut memusuhi Geng Kampungan. Joshua tertarik pada Nabilla, tetangga kost nya.
  • Tretan Muslim sebagai Muslim: Pemuda kampung asal Madura yang merantau ke Jakarta. Pendiam, alim, dan polos, itulah yang tampak di awal ketika melihat Muslim. Menjadi anggota Geng Kampungan yang paling rajin beribadah dibandingkan kedua temannya. Namun karena sifatnya yang polos, ia terkadang menjadi mudah terpengaruh apalagi kalau yang mempengaruhinya adalah Babe, hingga dia pun bisa jadi troublemaker. Karena sifatnya yang pendiam dan rada alim, Muslim sering menjadi pihak netral dalam persaingan antara kedua geng.
  • Alphi Sugoi sebagai Alphi: Pemuda kaya yang tergabung dalam Geng Ganteng bersama Ge dan Joshua. Hampir sama seperti Muslim, Alphi yang berlatar belakang anak madrasah ini mengklaim bahwa dirinya lebih dewasa dan mandiri dari kedua temannya, tetapi pada kenyataannya ia adalah anak tunggal yang selalu dimanja oleh sang Mama sampai sekarang. Alphi sendiri memiliki masalah serius dengan berat badannya yang sempat membuatnya galau. Alphi tertarik pada Melody, tetangga kost nya.
  • Kiena Dwita sebagai Melody: Satu dari tiga cewek yang menghuni kost Pakde Indro. Agak tomboi, sporty, dan paling berani dari dua temannya, Anissa dan Nabilla yang membuatnya susah mendapatkan pacar. Meski sempat tidak suka dijodohkan baik dengan Alphi maupun Muslim yang sempat mencoba ta'aruf dengannya, Melody ditaksir oleh Alphi.
  • Ryan Putri sebagai Anissa: Satu dari tiga cewek yang menghuni kost Pakde Indro. Feminim, baik, dan santai, itulah yang dapat menggambarkan diri Anissa. Anissa ditaksir oleh Ge dan agak terbuka pada Arie, khususnya ketika Anissa mengajak Arie pergi berdua ke Kafe Line Up. Sempat juga ditaksir oleh Babe sebelum Babe tertarik dengan Anabelle.
  • Wulandari Indah sebagai Nabilla: Satu dari tiga cewek yang menghuni kost Pakde Indro. Easygoing namun mood nya gampang berubah dan agak sedikit telmi, serta penakut. Nabilla ditaksir oleh Joshua, dan agak terbuka pada Muslim karena sempat cemburu saat Muslim melakukan ta'aruf pada Melody di hadapannya.
  • Indro Warkop sebagai Pakde Indro: Pemilik kontrakan tempat Melody, Anissa, dan Nabilla nge kost. Pakde Indro tetap membawakan latar belakang dirinya sebagai personel Warkop, tetapi dengan cerita berbeda. Diam-diam Pakde Indro naksir pada Tante Mia yang menurutnya merupakan cinta pertamanya saat masih muda.
  • Terta Mayasari sebagai Tante Mia: Pemilik kontrakan tempat Geng Kampungan dan Geng Ganteng nge kost. Tante Mia adalah janda kaya serta anggota komunitas sosialita, tetapi orangnya rada perhitungan dan agak pelit. Sebenarnya orangnya baik namun menjadi judes dan galak apabila saat menagih uang kost. Geng Kampungan selalu menjadi sasaran empuk Tante Mia karena selalu nunggak pembayaran kost nya.
  • Hilda Vitria Khan sebagai Sari: Pembantu di kontrakan Tante Mia yang rada genit. Selain sebagai pembantu, Sari juga bertindak sebagai wakil dari Tante Mia untuk menagih uang kost apabila Tante Mia sedang tidak ada. Bahkan bila diperlukan, ia juga bisa lebih galak dari Tante Mia.
  • Raditya Dika sebagai Radit: Anak dari Tante Mia yang merupakan pengelola sekaligus pemilik Kafe Line Up di Kampus UMN. Panggilan kesayangannya dari Tante Mia adalah Rara. Peran Radit di sini mirip dengan tokoh Miko dalam serial Malam Minggu Miko.
  • Pandji Pragiwaksono sebagai Pandji: Ketua BEM Pusat UMN yang telah menjabat empat kali berturut-turut dan selalu ingin mempertahankan jabatannya apapun caranya. Slogan saat dirinya berbicara adalah "Luar biasa luar biasa yes yes yes!". Hampir semua kegiatan kemahasiswaan ia kuasai, seperti pemilihan King & Queen kampus dan kompetisi Stand Up Comedy di Kafe Line Up. Pandji Menjadi pesaing Babe dalam memperebutkan cinta Anabelle.[3]

Penampilan Khusus[sunting | sunting sumber]

Daftar Episode[sunting | sunting sumber]

  • Episode 01: Cerita Comic pun Dimulai
  • Episode 02: Pilih-Pilih Kos, Malah Boncos
  • Episode 03: Babe Ingin Rukun Sekamar
  • Episode 04: Ge Bantu Anissa Cari Kosan
  • Episode 05: Cinta Babe Pada Pandangan Pertama
  • Episode 06: Saat Babe Kencan
  • Episode 07: Adu Gaul
  • Episode 08: Branded VS KW
  • Episode 09: Joshua Remake Video Klip
  • Episode 10: Pindah Kost
  • Episode 11: Ada Maling di Piala Dunia
  • Episode 12: Ge Bikin Iklan
  • Episode 13: Puasa Babe
  • Episode 14: Kencan Arie
  • Episode 15: Lebaran Rame-Rame
  • Episode 16: Ceritanya Horor
  • Episode 17: Muslim Ingin Ta'aruf
  • Episode 18: Alphi Pengen Kurus
  • Episode 19: Babe Jadi Mak Comblang
  • Episode 20: Nunggak Uang Kost
  • Episode 21: Babe Sekongkol
  • Episode 22: Alphi Ingin Mandiri
  • Episode 23: Adu Cemburu
  • Episode 24: Babe dan Ge Ribut Lagi
  • Episode 25: Stand Up for Your Right Bagian 1
  • Episode 26: Stand Up for Your Right Bagian 2
  • Episode 27: Babe Merayu Juri
  • Episode 28: Babe Berbisnis
  • Episode 29: Pendaftaran Dibuka
  • Episode 30: Babe Buka Kursus Bahasa Inggris
  • Episode 31: Korban Qurban
  • Episode 32: Ge Bikin Surprise
  • Episode 33: Anabelle Terancam Pulang
  • Episode 34: Wawancara Babe
  • Episode 35: Fans VS Haters
  • Episode 36: All You Can Eat
  • Episode 37: Antara Perut dan Klepek-Klepek
  • Episode 38: Babe Mau Dugem
  • Episode 39: Babe Ikut Casting
  • Episode 40: Ge Sang Penghasut
  • Episode 41: Do For Fun
  • Episode 42: Surat Cinta Misterius
  • Episode 43: Ada Orang Keempat Di Antara Kita
  • Episode 44: Serius Tapi Pantai
  • Episode 45: Fine Dining
  • Episode 46: Tugas Kuliah
  • Episode 47: Let's Have Fun Bagian 1
  • Episode 48: Let's Have Fun Bagian 2
  • Episode 49: Dosen Cantik
  • Episode 50: Ceritanya Akur
  • Episode 51: Kuda Hitam Berkacamata
  • Episode 52: And The Winner is....(episode terakhir)[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]