Alif Rivelino

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Alif Rivelino
LahirMuhamad Alif Rivelino Ramadhan
25 Desember 2000 (umur 20)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Nama lainAlif Rivelino
Pekerjaanpelawak tunggal
Tahun aktif2012 - sekarang
KerabatArry B. Wibowo (Paman)

Muhamad Alif Rivelino Ramadhan yang lebih dikenal dengan nama Alif Rivelino (lahir 25 Desember 2000) adalah seorang pelawak tunggal berkebangsaan Indonesia.[1] Alif diketahui merupakan keponakan dari Arry B. Wibowo, pengacara yang juga merupakan finalis Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV musim ke-2 (SUCI 2).

Karier[sunting | sunting sumber]

Alif sudah mulai menjajal stand up comedy di tahun 2012 di umur yang masih terbilang muda yaitu 12 tahun. Pada saat itu Alif mulai dikenal ketika mengikuti audisi Stand Up Comedy Indonesia yang diadakan oleh Kompas TV yang memasuki musim ke-3 untuk tahun 2013. Alif yang saat itu ditemani oleh sang ibu ketika audisi berhasil memukau juri yaitu Indro Warkop & Raditya Dika. Meskipun tidak diloloskan karena persyaratan umur minimal untuk ikut kompetisi, Alif tetap diberikan golden ticket sebagai bentuk apresiasi. Atas apresiasi itu, Alif dinobatkan sebagai komika termuda di Indonesia oleh Kompas TV. Tidak hanya itu, di grand final kompetisi bertajuk SUCI 3 tersebut Alif diundang sebagai bintang tamu dan tampil bersama dengan seniman Sujiwo Tedjo dan Fatih Unru, artis cilik yang lebih muda 4 tahun darinya mengisi segmen "Lintas Generasi".

Atas prestasinya tersebut, Alif diajak oleh Raditya Dika untuk bermain di episode terakhir Malam Minggu Miko yaitu "Malam Terakhir Miko" dan beberapa kali mengisi beberapa acara stand up comedy baik di televisi maupun off air. Untuk mengasah bakat stand up comedy nya, Alif yang bertempat tinggal di kawasan BSD ikut bergabung dengan komunitas Stand Up Indo Bintaro, Tangerang, Serpong (BTS) (tahun 2017 berganti nama menjadi Stand Up Indo Tangerang). Kemudian Alif perlahan mulai jarang terlihat tampil ber stand up comedy dikarenakan fokus belajar di sekolah dan beredar kabar bahwa hubungan kedua orang tuanya mulai renggang sehingga akhirnya kedua orang tua Alif memutuskan untuk bercerai. Terlepas dari berita kurang baik tersebut, Alif sempat kembali muncul ketika kembali mengikuti audisi Stand Up Comedy Indonesia di tahun 2017 yang kala itu sudah memasuki musim ke-7. Namun nasibnya tidak seberuntung ketika mengikuti audisi empat tahun sebelumnya, penampilannya dihentikan karena dirasa kurang memuaskan oleh juri.

Di tahun 2021 bersamaan dengan adanya pandemi COVID-19, perjuangan Alif untuk menjadi finalis SUCI Kompas TV akhirnya tercapai. Alif yang sudah berstatus sebagai mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia jurusan Hukum ini akhirnya lolos langsung ke babak show Stand Up Comedy Indonesia musim ke-9 bertajuk SUCI IX. Alif lolos langsung setelah memperoleh ultimate ticket pada waktu audisi daring yang tergabung dalam kelompok Indonesia Barat sesuai identitas terdaftar, dan tidak harus melewati preliminary show bagi finalis yang memperoleh golden ticket. Alif yang saat ini merupakan bagian komunitas Stand Up Indo Tangerang Selatan merupakan finalis pemegang ultimate ticket di SUCI IX bersama dengan Nopek Novian dan Ali Akbar. Tampil all out di setiap penampilannya membuat Alif menjadi salah satu calon terkuat untuk menjuarai SUCI IX. Namun meskipun konsisten, menurut para juri statistik performa Alif cenderung menurun di setiap show. Hingga pada puncaknya, di show ke-4 Alif sempat mengalami blank di tengah penampilannya sehingga mengurangi nilai dari penampilannya. Meskipun ada finalis lain yang juga blank ketika tampil seperti Ben Dhanio dan Gilang pada saat itu, nilai LPM (Laugh Per Minutes) mereka masih lebih tinggi dibandingkan Alif dan waktu tampil mereka masih aman dari Alif yang harus selesai lebih cepat. Atas hasil ini, secara mengejutkan langkah Alif harus terhenti di SUCI IX di mana ia close mic di posisi 12 besar.

Serial Web[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Saluran
2021 Webseriesnya Radit (Kameo) Erde Productions

Acara televisi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]