Street Comedy Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Street Comedy Indonesia
Pembuat Stand Up Indo
Negara Indonesia
Rilis
Jaringan penyiar Metro TV (siaran tunda)
Tanggal rilis November 2011 – 3 November 2015

Street Comedy Indonesia atau dikenal cukup dengan Street Comedy adalah sebuah kompetisi pelawak tunggal yang diadakan oleh komunitas Stand Up Indo berbarengan dengan penyelenggaraan Festival Stand Up Comedy atau Stand Up Fest[1]. Pada kompetisi ini, pelawak tunggal atau komika yang berhak tampil sebagai finalis adalah komika yang telah lolos audisi bertajuk play off di masing-masing regional cabang komunitas Stand Up Indo. Kompetisi ini bekerja sama dengan stasiun TV Metro TV yang menyiarkan acara ini secara delay atau tunda. Street Comedy juga menjadi parameter bagi para komika peserta untuk berkesempatan tampil di kompetisi stand up comedy yang lebih besar dan disiarkan oleh stasiun TV nasional seperti Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) di Kompas TV dan yang terbaru Stand Up Comedy Academy (SUCA) di Indosiar, baik sebagai finalis maupun pengisi acara. Street Comedy pertama kali diadakan pada tahun 2011 dan hingga saat ini telah memasuki penyelenggaraan kelima pada tahun 2015.

Format Kompetisi[sunting | sunting sumber]

Format kompetisi ini adalah komika dari masing-masing komunitas Stand Up Indo di seluruh Indonesia melakukan audisi yang disebut play off regional di mana penampilan mereka direkam dan video penampilan mereka diunggah ke Youtube atau dikirim langsung ke pihak komunitas Stand Up Indo pusat untuk dinilai. Bagi yang terpilih dari masing-masing regional akan dipanggil untuk bertanding di Jakarta pada babak grand final[2]. Jumlah peserta pada dua penyelenggaraan pertama adalah 16 finalis, lalu musim ketiga menjadi 12 finalis saja dan selanjutnya bertambah menjadi 24 finalis. Jumlah tersebut ditentukan oleh Stand Up Indo pusat melalui kuota untuk masing-masing regional dalam meloloskan komikanya sebagai finalis kompetisi ini.

Berikut regional dari Stand Up Indo di seluruh Indonesia:

Pada babak grand final, komika hanya tampil sekali dan dinilai oleh juri dari Stand Up Indo pusat dan bagi yang memperoleh akumulasi nilai tertinggi berhak keluar sebagai Juara Street Comedy[3]. Bagi juara 1, juara 2, juara 3, dan juara favorit pilihan juri masing-masing diberikan hadiah uang tunai dan kesempatan untuk tampil perdana di acara Stand Up Comedy Show Metro TV.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Musim Tempat Final
2011
Street Comedy 1
Mall Bekasi Square, Bekasi
2012
Street Comedy 2
Mall Bekasi Square, Bekasi
2013
Street Comedy 3
Tennis Indoor Senayan, Jakarta
2014
Street Comedy 4
Tennis Indoor Senayan, Jakarta
2015
Street Comedy 5
Tennis Indoor Senayan, Jakarta

Daftar pemenang[sunting | sunting sumber]

Tahun Musim Juara I Juara II Juara III Juara Favorit
2011 1 Adjis Doa Ibu Boris Bokir Jui Purwoto Ge Pamungkas
2012 2 Bintang Bete Pras Teguh Heri Horeh M. Fauzi Saleh
2013 3 Yanto Blek Lolox Arif Alfiansyah Iqbal Kutul
2014 4 Denny Gitong Afif Syafi'i Fajar Nugraha Fransiskus Immanuel
2015 5 Rin Hermana Arif Brata Robie Canghe Musdalifah Basri

Alumni[sunting | sunting sumber]

Berikut beberapa komika terkenal yang pernah mengikuti kompetisi Street Comedy Indonesia sebagai finalis :

  • Street Comedy 3

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]