Peristawa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Waktu Indonesia Bercanda)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Peristawa
GenreKomedi
Kuis (2016 - 2019)
Negara Indonesia
BahasaBahasa Indonesia
Produksi
Produser eksekutifWishnutama
LokasiSoundstage, Graha Mitra
Durasi60 menit
Rilis
Jaringan penyiarNET.
Format visual16:9 HDTV
Format audioStereo
Tayang perdana23 April 2016[1]
Tanggal rilisSabtu, 23 April 2016 –
Jumat, 3 Mei 2019 (sebagai Waktu Indonesia Bercanda) 15 Juli 2019 - sekarang (sebagai Peristawa)
Pranala luar
[Akun Twitter: @peristawa_net Akun Instagram: @peristawa_net Situs web]

Peristawa (sebelumnya bernama Waktu Indonesia Bercanda (pada tahun 2016 - 2019) adalah sebuah program komedi varietas dengan konten utama sketsa komedi semi-scripted yang diwarnai dengan spontanitas para komedian. Sebelumnya, acara ini berisikan sketsa dan motivasi diselingkan dengan segmen kuis.

Pengisi Acara[sunting | sunting sumber]

Bintang Tamu[sunting | sunting sumber]

Mantan segmen[sunting | sunting sumber]

Kuis[sunting | sunting sumber]

Segmen kuis sebagai bagian utama acara Waktu Indonesia Bercanda berisi dua jenis permainan. Permainan pertama yaitu Teka-Teki Sulit (atau sesekali Cak Cik Boom) dan permainan kedua yakni salah satu di antara pilihan permainan yang tersisa.[2]

TTS (Teka-Teki Sulit)[sunting | sunting sumber]

Cara bermainnya sama dengan TTS pada umumnya, yakni mengisi kotak dengan huruf jawaban yang tepat dengan bantuan minimal satu huruf. Namun, jawaban yang benar sering kali salah, dan jawaban yang dinyatakan benar oleh Cak Lontong justru yang tidak masuk di akal sehingga memunculkan protes dan membuat marah para peserta. Jawaban TTS yang benar akan bernilai 100, tetapi soal terakhir biasanya bernilai sangat tinggi untuk mengubah hasil kuis secara tiba-tiba. Tim yang "mengganggu ketertiban kuis" akan dikurangi nilai 50, tidak menjawab berarti tidak tahu. Dan, kata Cak Lontong, kuis ini dipantau langsung oleh instruktur yang berada di Bulan (kadang di planet-planet, kutub utara/selatan, bahkan kadang di tempat parkir). Segmen ini terinspirasi dari kuis Teka-Teki Silang.

Berpacu dalam Emosi[sunting | sunting sumber]

Cak Lontong akan mempertanyakan hal yang berkaitan dengan lagu yang dimainkan, tentu dengan jawaban yang tidak masuk akal. Nilai 100 akan diberikan bagi tim yang menjawab dengan tepat. Segmen ini terinspirasi dari kuis Berpacu Dalam Melodi.

Kuis Sensus[sunting | sunting sumber]

Cak Lontong dan tim kreatif seolah sudah melakukan survei atau melakukan sensus terhadap 10 orang di 10 kota besar. Nilai dapat diraih tim jika minimal dapat merebut nilai yang dikumpulkan saat menebak empat jawaban hasil survei. Segmen ini terinspirasi dari kuis Famili 100.

Kata Misteri[sunting | sunting sumber]

Sembilan kotak berisi huruf-huruf menjadi petunjuk untuk menjawab soal yang diberikan oleh Cak Lontong. Nilai 100 diberikan untuk tim yang berhasil menjawab dengan tepat.

Di Balik Fakta (sebelumnya bernama Waktu Indonesia Berdebat)[sunting | sunting sumber]

Merupakan segmen permainan baru dari WIB. Setiap tim memutuskan untuk menentukan jawaban dengan alasan yang tepat dari pernyataan yang dibawakan oleh Cak Lontong. Jawaban tepat dengan argumen tepat akan diganjar nilai 100. Jawaban tepat namun alasan tidak tepat diganjar nilai -200. Jawaban tidak tepat namun argumentasi tepat akan diganjar nilai 500. Sementara, jawaban tidak tepat dan alasan tidak tepat bernilai 0. Saat diubah menjadi Dibalik Fakta, nilai 500 tidak diberikan lagi dan pengurangan diubah dari -200 menjadi -100.[3]

Cak Cik Boom[sunting | sunting sumber]

Terinsiprasi dari kuis Tak-Tik Boom, tim X dan tim O harus berlomba menyelesaikan tiga garis berurutan. Soal yang coba direbut hampir sama seperti TTS, bedanya tidak ada jawaban yang dilempar saat jawaban salah. Jawaban yang benar menambah kesempatan tim untuk mengusahakan terwujudnya tiga garis, begitu sebaliknya. Judul kuis ini merupakan pelesetan dari Tak Tik Boom yang pernah dipandu oleh Dede Yusuf. Sekarang konsepnya berubah menjadi setiap peserta memilih 9 kotak yang ada dilayar. kotak tersebut berisi poin yang tidak diketahui oleh Cak lontong maupun peserta. Setelah mengetahui poin tersebut peserta harus menjawab di setiap permainan baik TTS, kata misteri, berpacu dalam emosi, kuis psikologi, dll

Kuis Psikologi[sunting | sunting sumber]

Para peserta harus menebak jawaban dari pertanyaan bercerita yang ditanyakan Cak Lontong.

Kata Berantai[sunting | sunting sumber]

Mirip soal TTS, peserta harus menjawab beberapa kata yang hilang dengan beberapa bantuan huruf yang ada. Yang membedakannya adalah setiap jawaban mewakili setiap kata yang membentuk sebuah kalimat tertentu. Segmen ini terinspirasi dari kuis Kata Berkait

Cari Muka[sunting | sunting sumber]

Mirip dengan kuis Tebak Wajah, peserta menebak wajah dilayar dengan 3 Clue yang diberikan oleh Cak Lontong

Edisi[sunting | sunting sumber]

WIB Tournament[sunting | sunting sumber]

WIB Tournament adalah edisi khusus dari acara Waktu Indonesia Bercanda, dimana peserta bertanding untuk memperebutkan hadiah Rp 30.000.000,-.

WIB (Waktu Indonesia Berbuka)[sunting | sunting sumber]

Waktu Indonesia Berbuka adalah acara sampingan dari Waktu Indonesia Bercanda yang hadir selama bulan suci Ramadhan tahun 2018

WIB (Waktu Indonesia Bertakbir)[sunting | sunting sumber]

Waktu Indonesia Bertakbir adalah lanjutan dari Waktu Indonesia Berbuka, yang merupakan episode khusus dari Waktu Indonesia Bercanda yang hadir spesial di malam takbiran atau sehari sebelum hari raya Idul Fitri, dimulai sejak 2017 hingga 2018. Waktu Indonesia Bertakbir sebelumnya bernama Waktu Indonesia Takbiran.

WIB (Waktu Indonesia Berlebaran)[sunting | sunting sumber]

Waktu Indonesia Berlebaran adalah acara sampingan dari Waktu Indonesia Bercanda, setelah Waktu Indonesia Bertakbir, yang hadir selama hari raya Idul Fitri (maksimal selama 2 minggu Lebaran), dimulai sejak 2017 hingga 2018.

WIB (Waktu Indonesia Berkunjung)[sunting | sunting sumber]

Waktu Indonesia Berkunjung adalah acara sampingan dari Waktu Indonesia Bercanda, dimana Cak Lontong, Peppy, Akbar, dan Beddu mengunjungi kampung, sekolah, kampus, kantor, Instansi dan komunitas di berbagai daerah.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  • Selama Bulan Ramadan 2019, WIB tidak ditayangkan sehingga slot waktu acara ini diisi sementara oleh Buka Ae yang tayang di NET.
  • Kuis TTS yang identik dengan acara ini dibawakan kembali di Ini Sahur pada tahun 2017 dengan nama Teka Teki Sahur dan Tokopedia Semarak Ramadan Ekstra pada tahun 2019 dengan nama Teka Teki Semarak.
  • Sebelum bulan ramadan 2019, tanggal 3 Mei 2019 merupakan episode terakhir dari WIB sebelum digantikan dengan Peristawa Mulai 15 Juli 2019.

Penghargaan dan Nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Nominasi Hasil
2017 Panasonic Gobel Awards 2017 Program Komedi Nominasi
2018 Indonesian Television Awards 2018 Program Komedi Terpopuler Nominasi
Asian Television Awards 2018 Best Comedy Programme Nominasi
2019 Indonesian Television Awards 2019 Program Komedi Terpopuler Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]