Aditya Muslim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Aditya Muslim
TMuslim.JPG
Nama lahir Aditya Muslim
Nama lain Muslim, Tretan Muslim
Lahir 10 Maret 1991 (umur 28)
Bendera Indonesia Bangkalan, Jawa Timur
Pekerjaan Pelawak tunggal, Pemeran
Tahun aktif 2013–sekarang

Aditya Muslim (nama lain: Tretan Muslim) (lahir di Bangkalan, Jawa Timur, Indonesia, 10 Maret 1991; umur 28 tahun) adalah seorang pelawak tunggal berkebangsaan Indonesia. Muslim adalah salah satu kontestan Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV musim ke-3 (SUCI 3) pada tahun 2013.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Muslim berasal dari Madura dan menjadi kontestan dari Madura pertama yang tampil di kompetisi SUCI. Sebelumnya Muslim bekerja sebagai seorang perawat di sebuah rumah sakit di Surabaya.[1] Muslim selalu membawakan materi komedi mengenai keunikan daerahnya, salah satunya mengenai besi. Pada saat stand up comedy, Muslim memperkenalkan dirinya dengan gelar MM, yang artinya Madura Move On. Ini karena menurutnya orang Madura kalau tampil di acara TV selalu jadi tukang sate, maka lewat dirinya lah Madura bakal dapat kemajuan kalau tampil di TV. Pembawaannya ketika membawakan materi terlihat sangat serius namun dengan memberi punchline beserta logat Madura yang kental mampu membuat penonton tertawa. Muslim terkenal dengan beberapa tagline, seperti Aseloleee...joss!! serta gaya Kamseupay yang diciptakannya saat tampil serta melakukan act out dengan melakukan gerakan ala boyband.[2] Sempat beberapa kali memperoleh standing applaus dari penonton di beberapa penampilannya di SUCI 3, Muslim akhirnya tereliminasi di 6 besar.[3] Muslim memiliki fansclub yang dipanggil ELM yang merupakan singkatan dari EverLasting Muslim. Muslim bersama pelawak tunggal lainnya, Pras Teguh dan Arif Alfiansyah membentuk kelompok trio komika bernama Overacting pada tahun 2014 dan telah melakukan tour dengan nama yang sama di beberapa kota besar di Indonesia. Pasca SUCI 3 dan pindah ke Jakarta, Muslim melanjutkan pendidikannya untuk gelar sarjana di Universitas Esa Unggul, jurusan Kesehatan Masyarakat. Muslim kemudian menjadi seorang youtuber dengan nama akun "Tretan Universe" yang terkenal dengan beberapa program komedinya antara lain Tretan Barber Soup di mana ia menjadi seorang tukang cukur dan Last Hope Kitchen di mana ia menjadi seorang koki yang memasak makanan dengan cara ala anak kost. Muslim dan Coki Pardede serta beberapa komika lainnya kemudian membentuk sebuah kelompok komedi dengan nama Majelis Lucu Indonesia[4]. Dalam perjalanannya, Majelis Lucu Indonesia akhirnya menjadi sebuah lembaga badan usaha dalam bidang entertainment.

Kasus[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 20 Oktober 2018, Muslim bersama Coki Pardede yang merupakan duet andalan Majelis Lucu Indonesia dituding telah menistakan agama Islam. Hal itu dikarenakan Muslim mengunggah video ke saluran Youtube pribadinya tentang cara memasak daging babi, yang diselingi gurauan khas ala mereka berdua. Beberapa gurauan mereka dinilai mengarah ke hukum dalam agama Islam, di mana akhirnya hal ini memancing beberapa tokoh Islam di Indonesia untuk berkomentar bahwa candaan mereka dinilai sudah menginjak-injak bahkan melecehkan agama Islam. Muslim bersama Coki yang sudah terbiasa dihujat netizen kali ini harus merasakan beberapa hal yang tidak mereka inginkan terjadi, beberapa diantaranya menyeret nama Majelis Lucu Indonesia sebagai lembaga yang menaungi mereka hingga ancaman pembunuhan terhadap orang-orang terdekat mereka. Sehingga pada tanggal 30 Oktober 2018, Muslim bersama dengan Coki sepakat untuk bertanggung jawab atas masalah mereka dan memutuskan untuk mundur dari Majelis Lucu Indonesia sekaligus vakum dari dunia hiburan Indonesia hingga batas waktu yang tidak ditentukan.[5][6] Akhirnya pada awal tahun 2019, Muslim bersama Coki kembali ke dunia hiburan secara bertahap.

Acara TV[sunting | sunting sumber]

Sinetron[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]