Fakultas Farmasi Universitas Jember

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Fakultas Farmasi Universitas Jember
scroll atop shield outline
Moto Unggul Luar Biasa
Aktif 2003 (2003)–sekarang (sekarang)
Institusi induk Universitas Jember
Dekan Lestyo Wulandari, S.Si., M.Farm., Apt.
Lokasi Jalan Kalimantan I/2 Kampus Tegal Boto,Jember, Jawa Timur, Indonesia
Warna          Hijau dan Kuning
Situs web farmasi.unej.ac.id

Fakultas Farmasi Universitas Jember (UNEJ), disingkat FFUJ, adalah salah satu fakultas rumpun ilmu kesehatan di Universitas Jember. Terletak di Kabupaten Jember, FFUJ merupakan perguruan tinggi negeri (PTN) farmasi kedua di Jawa Timur setelah Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, Surabaya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum menjadi fakultas, FFUJ merupakan Program Studi (Prodi) Setara Fakultas atau Embrio Fakultas seperti halnya Prodi-prodi Ilmu Kesehatan yang lebih dulu ada seperti : Program Studi Kedokteran Gigi (PSKG) tahun 1985, Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) tahun 2000 dan Program Studi Kesehatan Masyarakat (PSKM) tahun 2002.

Pada tahun 2002, Badan Pengembangan dan Perberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Departemen Kesehatan RI mengeluarkan rekomendasi penyelenggaraan Prodi Farmasi di Universitas Jember dengan Surat Nomor hk. 03. 2. 4. 1. 2968, tanggal 17 Desember 2002. Selanjutnya, pada tahun 2003, Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas mengeluarkan ijin penyelenggaraan Program Studi Farmasi (S-1) pada Universitas Jember dengan surat Nomor : 937/D/T/2003, tanggal 7 Mei 2003. Tanggal 7 Mei tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Program Studi Farmasi Universitas Jember[1].

Program Studi[sunting | sunting sumber]

FFUJ memiliki dua program studi yaitu Prodi Sarjana Farmasi (S.Farm.) dan Prodi Profesi Apoteker (Apt.)[2]. Prodi Sarjana Farmasi (S-1) ditempuh selama empat tahun, sedangkan Prodi Profesi Apoteker ditempuh selama setahun masa studi.

Prodi Sarjana Farmasi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2010, Prodi Sarjana Farmasi memperoleh akreditasi ‘B’ dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)[3]. Selanjutnya,Prodi Sarjana Farmasi memperoleh akreditasi ‘B’ dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) pada tahun 2015, dengan No. SK 0229/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2015[4].

Konsep agroindustri dan agrobisnis (pertanian industrial) serta ecotechno-preneurship Universitas Jember telah diadopsi dan dikembangkan oleh Prodi Sarjana Farmasi FFUJ sebagai agrofarmasi dan pharmapreunership[5]. Kekhasan konsep ini tidak dimiliki oleh Fakultas atau Prodi Farmasi lain di Indonesia.

Prodi Profesi Apoteker[sunting | sunting sumber]

Prodi Profesi Apoteker memperoleh akreditasi ‘B’ dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) pada tahun 2017, dengan No. SK 0313/LAM-PTKes/Akr/Pro/V/2017[4].

Prodi Profesi Apoteker FFUJ memiliki bidang minat Farmasi Industri, Farmasi Klinik dan Komunitas, dan Saintifikasi Jamu. Apoteker Saintifikasi Jamu ini merupakan kekhasan program pendidikan Prodi Profesi Apoteker FFUJ. Sejak awal pembukaannya, Prodi Profesi Apoteker FFUJ telah bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Tanaman Obat dan Obat Tradisional di Tawang Mangu untuk mengembangkan pendidikan Apoteker Saintifikasi Jamu hingga saat ini.

Bagian[sunting | sunting sumber]

Untuk menunjang kegiatan Tridharma (pendidikan-pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat) di FFUJ dibentuklah Bagian-Bagian yang mewadahi dosen-dosen dengan dengan minat dan keahlian yang sejenis[2]. Secara terintegrasi, tugas Bagian adalah pelaksana kegiatan Tridharma FFUJ dalam bidang pengembangan bahan alam (natural product), utamanya tanaman obat (medicinal plant) menjadi obat, obat tradisional (jamu), obat herbal terstandar atau fitofarmaka.

Bagian Biologi Farmasi[sunting | sunting sumber]

Bagian Biologi Farmasi adalah pelaksana kegiatan Tridharma FFUJ dalam bidang identifikasi tanaman obat dan pembuatan simplisia bahan alam (farmakognosi), bidang ekstraksi, fraksinasi, isolasi dan elusidasi struktur senyawa bahan alam (fitokimia), formulasi dan standarisasi obat bahan alam (fitofarmasi), serta terapi obat bahan alam (fitoterapi). Selain itu, Bagian ini juga mengembangkan teknik bioengineering untuk memproduksi senyawa obat (bioteknologi farmasi).

Bagian Kimia Farmasi[sunting | sunting sumber]

Bagian Kimia Farmasi adalah pelaksana kegiatan Tridharma FFUJ dalam bidang kimia analisis seperti identifikasi dan penetapan kadar senyawa obat dan racun, pengembangan instrumen, metode analisis dan validasi; serta penemuan obat baru baik melalui penelusuran senyawa aktif dari tanaman dengan jalan isolasi dan identifikasi strukturnya, maupun sintesis senyawa obat, serta perancangan obat dengan pendekatan komputasi kimia. Selain Analisis Farmasi dan penemuan obat baru, bagian kimia farmasi juga melaksanakaan pendidikan dan pengajaran dalam bidang sensor kimia dan biosensor yang dipelopori oleh Prof. Drs. Bambang Kuswandi, M. Sc. , Ph.D

Bagian Farmasetika[sunting | sunting sumber]

Bagian Farmasetika adalah pelaksana kegiatan Tridharma FFUJ dalam bidang pra formulasi dan formulasi obat dan obat steril dalam bentuk sediaan padat, semi padat dan cair. Selain itu, Bagian ini juga mengembangkan sistem penghantaran obat (drug delivery) dan pengembangan eksipien obat.

Bagian Farmasi Klinik dan Komunitas[sunting | sunting sumber]

Bagian Farmasi Klinik dan Komunitas adalah pelaksana kegiatan Tridharma FFUJ dalam bidang pengujian dan mekanisme aksi obat (farmakologi), mekanisme aksi racun dan penawarnya (toksikologi), terapi obat (farmakoterapi); serta aspek sosial pengobatan seperti studi epidemi obat (farmakoepidemiologi), studi ekonomi obat (farmakoekonomi) dan aspek komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) obat.

Fasilitas Laboratorium[sunting | sunting sumber]

Bagian Biologi Farmasi[sunting | sunting sumber]

Bagian Biologi Farmasi memiliki Laboratorium Farmakognosi, Laboratorium Fitokimia dan Laboratorium Mikrobiologi dan Bioteknologi Farmasi. Fasilitas yang terdapat pada laboratorium-laboratorium tersebut diantaranya : mikroskop optik dan kamera digital, mikroskop fluoresens, scanning electron microscope (SEM) dan ion sputter, dan inverted microscope. Selain itu terdapat TLC-Scanner (Densitometer), UV-Vis illuminator, maserator, perkolator, soxhlet extractor, ultrasonicator, freeze dryer, rotary evaporator, oven, kolom kromatografi normal dan vakum, Otoklaf (autoclave), automatic colony counter, shaker incubator, refrigerated microcentrifuger, ELISA reader, dan Real Time PCR.

Bagian Kimia Farmasi[sunting | sunting sumber]

Bagian Kimia Farmasi memiliki Laboratorium Kimia Analisis, Laboratorium Kimia Medisinal dan Laboratorium Sensor Kimia dan Biosensor. Fasilitas yang terdapat laboratorium-laboratorium tersebut misalnya spektroskopi : Spektrofotometer UV-Vis, NIR , FTIR, spektrofluorometer, Atomic Absorption Spectrometer, EDXRF Spectrometer dan Spektrofotometer UV-Vis serat optik; kromatografi : TLC scanner, HPLC, GC-MS, serta potentiostat electrochemistry system.

Bagian Farmasetika[sunting | sunting sumber]

Bagian Farmasetika memiliki Laboratorium Teknologi Sediaan Solida, Laboratorium Teknologi Sediaan Likuida dan Semisolida, Laboratorium Teknologi Sediaan Steril dan Laboratorium Biofarmasetika. Fasilitas yang terdapat laboratorium-laboratorium tersebut misalnya: tablet machine, tablet coater, scanning electron microscope (SEM), density tester, moisture analyzer, disintegration tester, dissolution tester, fluid bed dryer. Selain itu terdapat alat: transdermal diffusion cell, texture analyser, spray dryer, viscotester, rupture ultrasonicator, oven, otoklaf dan Spektrofotometer UV-Vis.

Bagian Farmasi Klinik dan Komunitas[sunting | sunting sumber]

Bagian Farmasi Klinik dan Komunitas memiliki Laboratorium Farmakologi-Toksikologi,Laboratorium Biokimia dan Laboratorium Preskripsi. Fasilitas yang terdapat laboratorium-laboratorium tersebut misalnya alat evaluasi hewan coba seperti : hot cold plate, Pletysmometer, Rotarod for Mice, Plantar Test, Blood Pressure Recorder, Metabolic Cages, Feeding & Activity Analyzer; juga alat untuk uji biokimia seperti : ELISA Reader, ELISA Washer, Biolyzer, Spektrofotometer UV-Vis, centrifuger; serta alat peracikan resep seperti : timbangan gram, timbangan miligram, mortir, stamfer dan alat-alat gelas.

Prestasi Dosen[sunting | sunting sumber]

Scopus[sunting | sunting sumber]

No ID Nama h-index
1 6602227292 Bambang Kuswandi[6] 17
2 55901351100 Ari S. Nugraha[7] 2
3 6507962633 Lestyo Wulandari[8] 3
4 55882201400 M. Amrun Hidayat[9] 2

Prof. Drs. Bambang Kuswandi, MSc., PhD. adalah Dekan pertama dan Guru Besar pertama FFUJ. Lestyo Wulandari, S.Si., M.Farm., Apt. adalah Dekan kedua dan dosen dengan jabatan Lektor Kepala kedua FFUJ . Ari Satia Nugraha, S.F., MSc., PhD., Apt. adalah dosen kualifikasi Doktor kedua FFUJ. Moch. Amrun Hidayat, S.Si., M.Farm., Apt. adalah dosen pemenang lomba Blog Universitas Jember kategori Dosen-Administrasi tahun 2013[10].

Prestasi Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Andika Dewi Ramadhani, mahasiswi FFUJ dinobatkan sebagai peserta terbaik dalam ajang ASEAN Economic Community Global Forum 2014. ASEAN Economic Community Global Forum  merupakan kompetisi yang digelar oleh ASEAN untuk menampung semua ide dan action plan para pemuda dari 10 negara ASEAN terkait real actions dalam menghadapi Asean Economic Community (AEC) pada 2015.[11].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1]Sejarah singkat FFUJ
  2. ^ a b [2]Buku Pedoman Pendidikan FFUJ Tahun 2014, Cetakan IX, Edisi Revisi 2015
  3. ^ [3]Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi
  4. ^ a b [4] Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia.
  5. ^ [5]Buku Pedoman Pendidikan Program Diploma, Sarjana, dan Profesi Universitas Jember Tahun 2015/2016
  6. ^ [6]Bambang Kuswandi-Scopus
  7. ^ [7]Ari S. Nugraha-Scopus
  8. ^ [8]Lestyo Wulandari-Scopus
  9. ^ [9]M. Amrun Hidayat-Scopus
  10. ^ [10]Dosen FFUJ pemenang lomba blog UNEJ 2013.
  11. ^ [11]Mahasiswi FFUJ peserta terbaik dalam ajang ASEAN Economic Community Global Forum 2014.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. Website resmi Universitas Jember.
  2. Website resmi FFUJ.
  3. Website resmi Badan Akreditasi Perguruan Tinggi.
  4. Pengidentifikasi Penulis-Scopus.