Air Terjun Tancak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Air Terjun Tancak adalah sebuah lokasi air terjun yang berada di sisi selatan Gunung Argopuro, tepatnya di Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Jawa Timur.[1] Dari pusat Kota Jember menempuh jarak 16 km menuju Desa Suci. Air terjun Tancak merupakan air terjun yang memiliki aliran deras dengan ketinggian 82 meter dan debit air 150 meter kubik perdetik.

Air Terjun Tancak dibuka seharian atau 24 jam. Tiket masuk hanya membayar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Sebelum sampai di lokasi air terjun kendaraan harus parkir di suatu tempat kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Jarak dari lokasi parkir hingga Air Terjun Tancak kurang lebih sejauh 3 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Dalam perjalanannya akan melewati area perkebunan kopi, jalanan berbatu, hutan, serta sungai-sungai dengan air yang menyegarkan. Di sekitar air terjun tancak akan disuguhi pemandangan tebing tinggi yang ditumbuhi tanaman semak belukar yang masih alami. Percikan air yang terjun bebas dari tebing, memberi rasa segar dan sejuk. Air Terjun Tancak sangatlah jernih, dingin, dan menyegarkan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jatim, Bappeda (2013). Letak dan Kondisi Geografis serta Topografi wilayah Jember. Jember: Kabupaten Jember. hlm. 09. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]