Kencong, Jember

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kencong
Kantor-camat-kencong-jember.JPG
Kantor Camat Kencong
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenJember
Pemerintahan
 • CamatSusmiadi
Luas65,92 Edit the value on Wikidata
Jumlah penduduk-
Kepadatan- jiwa/km²
Desa/kelurahan5
Rumah di Kencong

Kencong adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.Letak geografis Kecamatan Kencong terletak pada ketinggian mulai 0 meter dpl (di atas permukaan laut) sampai 12 meter dpl. Ketinggian maksimal dapat dilihat di gedung bekas stasiun kereta api yang terletak di Kencong.[1]

Kencong terletak kurang lebih 45 km ke arah barat dari Kota Jember. Bagian selatan merupakan pantai yang mempunyai potensi pemandangan yang indah, yaitu Pantai Paseban.

Kecamatan Kencong pada bagian utara berbatasan dengan kecamatan Jombang dan Umbulsari. Bagian Barat berbatasan dengan sebagian kecamatan Jombang dan Kabupaten Lumajang. Bagian Selatan terbentang luas perairan laut yang terbuka, sedangkan bagian timur berbatasan dengan kecamatan Gumukmas.

Luas wilayah kecamatan ini adalah 5865,3 ha. Wilayah ini meliputi tanah sawah seluas 3783,1 ha; tanah pekarangan untuk bangunan dan halaman seluas 956,3 ha; tanah tegalan /kebun seluas 819,5 ha; tambak/kolam 0,20 ha dan lainnya seluas 306,2 ha.

64,49 % luas daerah Kecamatan Kencong merupakan persawahan, sehingga sebagian besar penduduknya menggantungkan hidupnya di sektor pertanian.

Desa[sunting | sunting sumber]

Pemerintah Kecamatan Kencong terbagi menjadi lima (5) desa, yaitu:

  1. Wonorejo
  2. Kencong
  3. Kraton
  4. Paseban
  5. Cakru

Pusat Perbelanjaan[sunting | sunting sumber]

Di Kecamatan Kencong, terdapat banyak sekali tempat untuk berbelanja dikarenakan Kencong sebagai pusat ekonomi di wilayah Kencong-Jombang-Gumukmas-Umbulsari-Puger ( Jember barat daya ). Mulai dari pasar baru Kencong yang futuristik dan salah satu pasar teramai di Kab. Jember, kemudian berbagai toko-toko dan ruko di sepanjang jalan Diponegoro dan Krakatau. Selain itu, Kencong juga dipenuhi dengan pusat perbelanjaaan seperti DIRA SHOPPING CENTRE, LARISO KRATON, MENANG DEPT STORE, Oma Swalayan Kencong ( OSK ), PAMELLA, TEKONG MART, hingga Indomaret dan alfarmart yang ada di sepanjang jalan.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Di Kencong saat ini telah banyak sekali tempat- tempat wisata baik itu alam, hiburan, edukasi, hingga sejarah. Untuk pariwisata alam ada pantai paseban yang terkenal akan spot terbaik untuk melihat matahari tenggelam / sunset di Jember yang berjarak kurang lebih 6 km dari pusat kencong. Sedangkan untuk pariwisata hiburan ada DIRA WATERPARK ( tempat anak anak dan dewasa untuk berenang dan merasakan sensasi ombak buatan serta seluncuran kolam tertinggi di Jember ), DIRA FUNTASTIC NIGHT (didalamnya ada miniatur eropa, taman lampion, dan indoor theme park ). Untuk wisata edukasi ada museum BUMI POEGER yang dikelola oleh masyarakat. Tujuan dari adanya museum ini adalah sebagai sarana warga sekitar dan pendatang untuk lebih mengenal dan mengetahui tentang daerah kencong dan sekitarnya bedasarkan data dan barang pada zaman sebelum penjajahan hingga jepang. Untuk wisata sejarah ada KAMPUNG LONDO yang terletak di bekas kompleks perumahan dan pabrik gula zaman belanda PG GUNUNGSARI yang saat ini sudah tidak beroperasi lagi, sehingga oleh pemerintah kecamatan dibantu dengan lembaga swadaya masyarakat mengolah tempat sebagai cagar budaya dan tempat wisata yang indah dan bernuansa di zaman belanda karena bangunan bangunan perumahan yang masih tetap uruh dan terawat sehingga bisa menjadi sensasi baru bagi para wisatawan yang ingin merasakan suasana tempo dulu. Selain kompleks PG GUNUNGSARI ada juga peninggalan bangunan Belanda yang cukup besar dan masih terawat dan ada hingga kini, yaitu bangunan STASIUN KENTJONG yang dulunya adalah stasiun aktif untuk melayani kereta api Lumajang- Balung dan kini karena kereta api Lumajang- Balung sudah tidak beroperasi lagi maka stasiun KENTJONG pun juga dinoaktifkan. Dengan adanya KAMPUNG LONDO, stasiun KENTJONG dan juga minatur mini eropa di DIRA PARK sejalan dengan slogan kecamatan Kencong yaitu KENCONG KOTA TUA JEMBER.

Pendidikan dan Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Kencong memiliki 2 SMP negeri dan 1 SMA negeri, 1 institusi perguruan tinggi islam, Pondok pesantren, hingga sekolah kejuruan swasta. SMA NEGERI 1 KENCONG adalah satu satunya SMA negeri yang ada di wilayah Kab Jember bagian barat daya sehingga banyak sekali siswa yang berasal tidak hanya dari kencong tetapi juga dari kecamatan lainnya seperti Gumukmas,Jombang,Puger. Dulunya SMA NEGERI 1 KENCONG adalah sekolah RSBI(RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL) namun entah mengapa pada akhirnya gelar tersebut lambat laun diganti menjadi sekolah adiwiyata tingkat nasional.

Di Kencong ada satu pondok pesantren yang namanya sudah sangat terkenal tidak hanya di daerah Kab Jember saja melainkan hingga keluar pulau jawa seperti Kalimantan dan bali yaitu bernama PONDOK PESANTREN ASSUNIYYAH. Pondok ini adalah salah satu pondok pesantren terbesar dan tertua di Kab Jember berdiri pada zaman penjajahan Belanda dan merupakan alat dan wadah bagi para pejuang pada waktu itu untuk bertarung melawan penjajahan.

Kencong juga memiliki 1 institusi perguruan tinggi islam yaitu INAIFAS yang dikelola oleh keluarga Asunniyyah.

Pertanian[sunting | sunting sumber]

Produksi padi dari Kecamatan Kencong mencapai 30.575,41 ton dengan luas tanam sekitar 5436 ha. Produksi jagung sekitar 69.878,4 ton dengan luas tanam 1.487 ha. Kedelai mencapai 17.677,8 ton dengan luas tanam 1.281 ha.

Di sektor perkebunan, Kecamatan Kencong memberi kontribusi untuk tanaman tebu sejumlah 5.115,59 ton dengan luas areal 622,104 ha. Kelapa menghasilkan 955,4 ton dengan luas areal 562 ha.

Organisasi Kemasyarakatan[sunting | sunting sumber]

Di Kecamatan Kencong ada berbagai organisasi kemasyaratan, diantaranya adalah

  1. Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama' (PCNU Kencong) yang seharusnya setingkat kabupaten dan PCNU Kencong meliputi wilayah MWC Kencong, MWC Jombang, MWC Gumukmas, MWC Umbulsari, MWC Puger atau 5 kecamatan. Yang mana memiliki Banom - banom diantaranya Muslimat NU, LP Ma'arif NU, LKKNU,GP Ansor NU, IPNU, IPPNU, CBP, KPP, PMII, dsb.
  2. Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Kencong, yang menjadi pusat/penggerak kegiatan Kepramukaan di Bakorwil 3 (Badan Kordinasi Wilayah) yang meliputi wilayah GERBANGMASKU (Kwarran Puger, Kwarran Jombang, Kwarran Gumukmas, Kwarran Kencong, Kwarran Umbulsari).

Pasar Tradisional, Swalayan, Pusat perbelanjaan modern di Kencong[sunting | sunting sumber]

Di Kecamatan Kencong ada berbagai tempat untuk membeli berbagai macam kebutuhan mulai dari pasar tradisional, toko, swalayan, hingga pusat perbelanjaan diantaranya:

  1. Pasar Baru kencong, lokasinya berada di depan kantor Kecamatan dan Kantor Kepolisian Sektor Kencong, buka mulai dini hari sampai sore hari. Salah satu pasar terbesar di luar kota Jember.
  2. Pasar Avatar,
  3. Pasar krempyeng Wonorejo,
  4. Pasar Krempyeng Dolangkap,
  5. Pasar Krempyeng Igir - igir,
  6. DIRA SHOPPING CENTRE & WATERPARK,
  7. LARISSO KRATON,
  8. Swalayan PAMELLA Kencong,
  9. MENANG Dept Store,
  10. OSK (Oma Swalayan Kencong),
  11. Toko MADJU Kencong,
  12. ROLAND BAKERY AND PIZZA,
  13. MAKMUR JAYA,
  14. Tekong Mart,
  15. Indomaret, jumlahnya ada 5
  16. Alfamart, jumlahnya ada 3
  17. RADJA-KAISAR Busana

Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Kecamatan kencong memiliki banyak tempat yang berhubungan dengan bidang kesehatan, antara lain:

  1. PUSKESMAS (Pusat Kesehatan Masyarakat) Kencong,
  2. PUSTU (PUSKESMAS PEMBANTU) Cakru,
  3. PUSTU Kencong,
  4. PUSTU Wonorejo,
  5. PUSTU Kraton,
  6. Klinik Assunniyyah Kencong/Rumah sakit Islam (RSI) Kencong,
  7. Laboratorium NU Wijaya Kusuma Kencong
  8. Apotek Tekong Kencong,
  9. Apotek Nur Semesta Indah Kencong,
  10. Apotek IBOE Kencong,

Referensi[sunting | sunting sumber]