Rio Steven Dumatubun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Rio Dumatubun)

Rio Steven Dumatubun
Lahir17 April 1984 (umur 40)
Semuli Raya, Lampung, Indonesia
Pekerjaan
Tahun aktif2015—sekarang
Suami/istri
Sari Sumartini
(m. 2011)
Anak2

Rio Steven Dumatubun (lahir 17 April 1984) adalah seorang pelawak tunggal dan aktor berkebangsaan Indonesia. Rio yang merupakan bagian dari komunitas Stand Up Indo Jakarta Barat ini mulai dikenal setelah mengikuti kompetisi Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV musim kesembilan pada tahun 2021 dan berhasil menjadi juara kompetisi, sekaligus mencatatkan dirinya sebagai satpam pertama yang berhasil menjadi finalis di kompetisi tersebut.

Rio juga tergabung dalam grup Sohibul Diksi, grup yang terdiri dari sekumpulan pelawak tunggal atau komika yang dikenal dengan pembawaan diksi unik ketika melawak tunggal.[1]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Rio lahir di Semuli Raya, yang merupakan sebuah desa di Lampung Utara. Ayahnya, Carolus Dumatubun merupakan seorang pensiunan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara berdarah Maluku dan memeluk agama Katolik. Sedangkan sang ibu, Eni Martin merupakan seorang ibu rumah tangga berdarah Jawa dan memeluk agama Islam. Pada awal tahun 2000-an, Rio memutuskan untuk merantau ke Jakarta dan mengikuti pelatihan pendidikan satpam. Pada 2005, Rio resmi lulus dan memperoleh pekerjaan pertamanya di salah satu bank swasta di sana.

Pada 19 Februari 2011, Rio menikah dengan Sari Sumartini, yang ia temui ketika sama-sama bekerja di sebuah bank yang sama, di mana saat itu Sari berprofesi sebagai manajer keuangan. Dari pernikahan tersebut, hingga saat ini mereka telah dikaruniai dua orang anak. Anak pertama mereka adalah laki-laki dan diberi nama Bob Wellson Dumatubun yang lahir pada tahun 2013, sedangkan anak kedua adalah perempuan dan diberi nama Dia Carissa Putri Dumatubun yang lahir pada tahun 2019.

Karier[sunting | sunting sumber]

Rio mulai tertarik dengan melawak tunggal pada tahun 2015, di mana pada saat itu di bank tempat ia bekerja sedang menyelenggarakan lomba melawak tunggal. Karena ia dianggap lucu di antara teman-teman sedinasnya, ia didaftarkan untuk mengikuti lomba tersebut, meskipun akhirnya tidak memenangkan. Rio mulai mencari tempat untuk bisa melawak tunggal dan ia bergabung ke dalam komunitas Stand Up Indo Jakarta Barat.

Rio pertama kali mengikuti kompetisi melawak tunggal berskala besar di Jicomfest pada tahun 2018, tetapi belum meraih juara. Kemudian, di tahun 2020, Rio bersama beberapa komika Jabodetabek seperti Putra Pattinama, Falah Akbar, Kang Kicuy, Kang Ripay, Levi Ofsanusi, dan Apep Dodo sepakat membentuk grup komedi bernama Sohibul Diksi, yang kemudian langsung mengadakan special show seminggu setelah pembentukan.

Bersamaan dengan munculnya penyakit koronavirus 2019 pada awal tahun 2020, Rio beberapa kali tetap mengisi acara melawak tunggal bersama rekan-rekan Sohibul.[2] Pada akhir tahun 2020, Rio mencoba peruntungannya dengan mengikuti audisi Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV musim kesembilan. Sesuai identitas terdaftar, Rio masuk ke dalam kelompok audisi Indonesia Barat. Hasilnya, Rio berhak atas satu golden ticket untuk lolos ke babak preliminary show dan juga berhasil lolos sebagai salah satu dari 15 finalis. Rio lolos bersama Levi, yang merupakan rekannya di Sohibul Diksi. Pada tiga penampilan awalnya, performa Rio selalu berada di bawah standar karena masih bermasalah dengan penyampaian dan pemilihan kata, yang sebenarnya justru menjadi ciri khasnya ketika melawak bersama Sohibul. Namun, penampilan Rio mulai menanjak di show keempat. Secara konsisten, dengan personanya sebagai satpam, Rio berhasil menyingkirkan peserta lain. Sepanjang penampilannya, Rio dikenal melalui penyampaian diksi yang diawali dengan kata "satpam". Rio akhirnya berhasil mencapai babak grand final dan berkat penampilannya yang maksimal di dalam tiga babak yang diberikan, Rio keluar sebagai juara.[3][4]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2022 Father & Son Sang’ar
2024 Mukidi Manajer SDM
TBA Khadra
Keterangan
  Belum dirilis
  • TBA : To be announced

Serial web[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2020 Cek Toko Sebelah: Babak Baru 2 Warga kampung Episode 2
2023 Induk Gajah Pelanggan komplain Episode 5

Acara televisi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]