Dream Box Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Dream Box Indonesia
GenreKuis
PresenterDenny Sumargo
Negara asal Indonesia
Bahasa asliBahasa Indonesia
Jmlh. episode25 (per 26 November 2021)
Produksi
Durasi60 menit (Senin-Jumat)
Rumah produksiTrans TV
DistributorTrans Media
Rilis
Jaringan asliTrans TV
Format gambarDolby Digital HD 16:9
Format audioStereo
Dolby Digital 5.1
Tanggal tayang asli25 Oktober 2021 (2021-10-25) –
sekarang
Kronologi
Didahului olehSantuy Malam
CNN Indonesia Prime News
Cemceman
Acara terkaitMissing Lyrics
Ranking 1
Betul atau Salah
Siapa Mau Jadi Juara
Pranala luar
[Akun Instagram: @dreamboxindonesia Situs web]

Dream Box Indonesia adalah sebuah acara kuis yang ditayangkan di Trans TV mulai 25 Oktober 2021 pukul 19:30 WIB dan mulai tanggal 15 November 2021 berubah jam tayang menjadi pukul 20.30 WIB. Acara ini menguji wawasan tentang pengetahuan umum serta musik para kontestannya yang terdiri dari 2 tim dan masing-masing beranggotakan 3 orang dimana 1 diantaranya berasal dari kalangan selebritis. Terkadang, acara ini juga menghadirkan peserta dari kalangan masyarakat kurang mampu untuk dibantu lewat hadiah yang dimenangkan.[1]

Acara ini juga merupakan gabungan dari 2 acara kuis berbeda yang pernah tayang di Trans TV, yaitu Missing Lyrics dan Ranking 1. Tidak hanya menampilkan bintang tamu yang seru, tetapi banyak hadiah baik berupa uang maupun benda-benda yang bisa mewujudkan mimpi para peserta. Acara ini dibawakan oleh Denny Sumargo.[2][3][4][5]

Pengisi acara[sunting | sunting sumber]

Pembawa acara[sunting | sunting sumber]

Band pengiring[sunting | sunting sumber]

  • Dream Band (terkadang disebut Jakarta Dream Revolution)

Syarat[sunting | sunting sumber]

Calon kontestan acara kuis ini dapat mendaftarkan diri dengan cara mengikuti akun Instagram dan TikTok resmi Dream Box Indonesia, kemudian mengirimkan pesan kepada akun tersebut dimana nantinya akan diarahkan syarat lebih lanjutnya oleh admin akun tersebut. Calon kontestan juga harus berusia 18 tahun keatas.[6]

Selain itu, calon kontestan juga dapat mendaftar melalui e-mail resmi acara ini, dengan mengirimkan video profil dengan format nama, umur, dan domisili serta menyertakan ekspresi muka senang, bingung, sedih, dan tegang.[7]

Babak-babak[sunting | sunting sumber]

Kuis ini terbagi menjadi 4 babak dengan jenis permainan yang berbeda dan ada hadiah uang tunai bagi pemenang di setiap babaknya, bahkan ada hadiah tersembunyi di dalam pandora box, biasanya berupa peralatan rumah tangga canggih, sepeda atau lain sebagainya.

Babak permainan[sunting | sunting sumber]

Babak I yaitu Choose Your Box dimana masing-masing tim secara bergantian diberi kesempatan untuk memilih kotak kategori pertanyaan yang diacak. Kategori-kategori tersebut berupa pengetahuan umum, film, kejadian viral, tebak gambar, kuliner, wisata maupun lanjut lirik lagu.

Babak II yaitu Music Box, tidak jauh berbeda dengan babak pertama, namun kali ini masing-masing tim memilih kotak yang berisi jenis musik, lalu akan terdengar potongan lagu dan kontestan diharuskan menebak judulnya dan penyanyi yang pertama kali mempopulerkannya.

Babak III adalah Play Box yang merupakan babak rebutan, di babak ini akan ada 10 pertanyaan tentang pengetahuan umum yang harus dijawab secara cepat dengan menekan bel yang ada di meja kontestan sebelum mereka menjawab pertanyaan.

Tim dengan total poin terbanyak dari 3 babak berhak melaju ke babak Dream Box yang juga merupakan babak terakhir/bonus.

Babak bonus[sunting | sunting sumber]

Dalam babak terakhir ini, tim yang mendapatkan poin terbanyak dari 3 babak sebelumnya mengirimkan 1 orang utusan (biasanya merupakan ketua tim) untuk menjawab 5 pertanyaan dari pembawa acara.
Kontestan utusan berhak bertanya sekali saja kepada 2 kontestan rekannya jika merasa tidak yakin akan kebenaran jawabannya. Apabila masih belum yakin juga, maka pembawa acara akan memberikan empat pilihan jawaban layaknya soal pilihan ganda dimana kontestan utusan harus memilih satu diantara empat jawaban yang disediakan.
Jika kontestan utusan salah menjawab pertanyaan, maka permainan akan berakhir dan tim kontestan pemenang akan memperoleh hadiah tambahan 1.000 rupiah baru dikalikan jumlah pertanyaan yang terjawab benar sebelumnya (mis. kontestan utusan salah menjawab pertanyaan ke-4, hadiah tambahan perolehannya adalah 3×1.000 rupiah baru=3.000 rupiah baru).
Jika berhasil menjawab ke-5 pertanyaan, maka tim kontestan pemenang akan mendapatkan hadiah istimewa yang ada di dalam Dream Box, mulai berupa barang (biasanya sama seperti pandora box) hingga buket uang sejumlah Rp10.000.000,00 hingga Rp50.000.000,00.[3][4]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  • Episode tanggal 2 November 2021 yang menampilkan almarhumah Vanessa Angel sebagai salah satu peserta merupakan penampilan terakhirnya di layar kaca, hanya dua hari sebelum kecelakaan lalu lintas yang menewaskan dirinya dan suami pada 4 November 2021.
  • Hadiah Dream Box tertinggi sejumlah Rp50.000.000,00 sejauh ini baru berhasil diraih tim The Ramlan yang diketuai Olla Ramlan pada episode 22 November 2021. Sejumlah peserta pada episode-episode sebelumnya dan setelahnya juga pernah meraih hadiah Dream Box, tetapi mendapat hadiah uang dengan nominal di bawah Rp50.000.000,00 ataupun hadiah barang.
  • Terkadang, babak Music Box dimainkan sebagai babak pertama, ditukar dengan babak Choose Your Box.[8]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]