Surah Qaf

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Qaf
Kaaf.png
Qaf.png
Informasi
Arti Qaf
Nama lain al-Basiqat
(Yang Tinggi-Tinggi)
Klasifikasi Makkiyah
Surah ke 50
Juz Juz 26
Statistik
Jumlah ruku' 3 ruku
Jumlah ayat 45 ayat

Surah Qaf (Arab: ق , "Qaf") adalah surah ke-50 dalam al-Qur'an. Surah ini tergolong surah Makkiyah yang terdiri atas 45 ayat. Dinamakan Qaf karena surah ini dimulai dengan huruf Qaf. Menurut hadits yang diriwayatkan Imam Muslim, bahwa Nabi Muhammad senang membaca surah ini pada raka'at pertama salat subuh dan pada salat hari raya. Sedang menurut riwayat Abu Daud, Al-Baihaqi dan Ibnu Majah bahwa Nabi Muhammad membaca surat ini pada tiap-tiap membaca Kotbah pada salat Jumat. Kedua riwayat ini menunjukkan bahwa surah Qaf sering dibaca Nabi Muhammad di tempat-tempat umum, untuk memperingatkan manusia tentang kejadian mereka dan nikmat-nikmat yang diberikan kepadanya, begitu pula tentang hari berbangkit, hari berhisab, surga, neraka, pahala, dosa, dsb. Surah ini dinamai juga Al-Basiqat diambil dari perkataan Al-Basiqat yang terdapat pada ayat 10 surah ini.

Pokok-Pokok terjemahan[sunting | sunting sumber]

  1. Dan Kami turunkan air yang memberkahi dari langit lalu Kami hasilkan dengan itu kebun-kebun dan biji-biji yang matang, serta pohon-pohon kurma menjulang mempunyai mayang yang bersusun, (sebagai) penghidupan bagi para hamba, dan Kami hidupkan tanah yang mati dengan itu. seperti itulah Kebangkitan. (Ayat:9-11)
  2. Dan Kamilah yang menciptakan manusia dan Kami mengetahui bisikan pikiran dalam dirinya, dan Kami lebih dekat padanya daripada nadi lehernya, ketika dua penjaga yang mengikuti berada di sebelah kanan dan berada di sebelah kiri. tiada suatu ucapan pun melainkan disisinya sosok pengawas yang bersiaga. (Ayat:16-18)
  3. Dan surga itu dihadirkan untuk orang-orang bertaqwa yang tiada jauh. Inilah yang dijanjikan kepada kalian, bagi setiap yang bertekun, yang memelihara diri, yang segan terhadap Yang Maha Pengasih sekalipun Tersembunyi (ghaib) dan ia disertai kalbu yang tekun, masukilah secara damai, itulah Hari Keabadian. mereka memperoleh yang mereka kehendaki disana; dan pada hadirat Kami terdapat tambahan. (Ayat:32-35)
  4. Dan tentu Kami telah ciptakan langit dan bumi dan yang ada di antara keduanya dalam enam Hari, dan Kami tidaklah letih. maka bersabarlah terhadap yang mereka katakan dan muliakanlah dengan puji-pujian (kepada) Tuhanmu sebelum matahari terbit dan sebelum terbenam. (Ayat:38-39)
  5. Kami lebih mengetahui yang mereka katakan, dan kamu bukanlah seorang pemaksa terhadap mereka. oleh karena itu peringatkanlah dengan Al-Quran bagi yang takut terhadap ancamanKu. (Ayat:45)



Surah Sebelumnya:
Surah Al-Hujurat
Al-Qur'an Surah Berikutnya:
Surah Az-Zariyat
Surah 50