Surah Fussilat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Fussilat
Foselat.png
Fussilat.png
Informasi
Arti Yang Dijelaskan
Nama lain Ha Mim as-Sadjah
Klasifikasi Makkiyah
Surah ke 41
Juz Juz 24 (ayat 1-46)
Juz 25 (ayat 47-54)
Statistik
Jumlah ruku' 5 ruku
Jumlah ayat 54 ayat
Ayat Sajdah Ayat 38

Surah Fussilat (Arab: فصّلت, "Yang Dijelaskan") adalah surah ke-41 dalam al-Qur'an. Surah ini terdiri atas 54 ayat dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah. Surah yang diturunkan sesudah Surah Al-Mu’min ini dinamai Fussilat (Yang Dijelaskan) diambil dari kata Fushshilat yang terdapat pada permulaan surah ini.

Pokok-pokok terjemah[sunting | sunting sumber]

  1. Dikirimkan oleh Tuhan Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. sebuah kitab yang dijelaskan pesan-pesannya, (dalam) bacaan berbahasa Arab, bagi kaum yang mengetahui, sebagai sebuah kabar gembira dan sebuah peringatan, walau diabaikan oleh mayoritas mereka, sehingga mereka tidak mendengar. mereka berkata: "kalbu kami terhalangi dengan yang kamu seru kepada kami tentang itu dan di telinga kami ada sumbatan dan di antara kami dan kamu ada pembatas, maka berbuatlah; sesungguhnya kami juga berbuat (Ayat:2-5)
  2. Katakanlah: sesungguhnya aku tidak lain seorang manusia yang seperti kalian yang diwahyukan kepadaku bahwa sembahan kalian adalah sembahan yang Tunggal, maka agungkanlah Dia dan mohonkanlah pengampunanNya dan celakalah golongan yang mempersekutukan, orang-orang yang tidak menunaikan zakat dan mereka yang menyangkal Akhirat. Sesungguhnya orang-orang beriman dan memperbuat kebajikan, mereka mendapat upah yang tiada henti". (Ayat:6-8)
  3. Katakanlah: "Pantaskah kalian menyangkal kepada Yang menciptakan bumi selama dua Hari sedangkan kalian adakan tandingan-tandingan terhadapNya? Sesungguhnya Dialah Tuhan alam semesta ". Dan Dialah yang menempatkan di bumi itu pegunungan yang kukuh padanya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan kadar makanan disana selama empat Hari bagi (makhluk-makhluk) yang membutuhkan. (Ayat:9-10)
  4. Ketika para Utusan datang kepada mereka dari depan dan belakang mereka: "Janganlah kalian menyembah selain Allah". mereka berkata: "Kalau Tuhan kami menghendaki tentu Dia mengirimkan para malaikatNya, maka sesungguhnya kami menyangkal wahyu yang disampaikan kepadamu". Adapun kaum 'Aad menyombongkan diri di muka bumi tanpa kebenaran serta mengatakan: "Siapakah yang lebih hebat kekuatannya dibanding kami?" dan apakah mereka itu tidak memperhatikan bahwa Allah Yang menciptakan mereka adalah lebih perkasa kekuatanNya dibanding mereka? Dan mereka menentang pesan-pesan Kami. oleh karena itu Kami kirimkan angin topan kepada mereka dalam beberapa hari yang buruk, karena Kami hendak menimpakan kepada mereka itu, siksaan yang menghinakan dalam kehidupan dunia. dan sesungguhnya malapetaka Akhirat lebih menghinakan dan mereka tidak diselamatkan. Sementara terhadap kaum Tsamud, mereka telah Kami bimbing tetapi mereka lebih memilih buta (kesesatan) daripada petunjuk, maka mereka disambar petir, siksa yang menghinakan disebabkan yang telah mereka perbuat. dan Kami luputkan orang-orang beriman serta golongan yang bertaqwa. (Ayat:14-18)
  5. Dan orang-orang kafir berkata: "Janganlah kalian memperhatikan Al-Quran ini dan ejeklah yang demikian itu supaya kalian mengalahkan mereka". Tentu Kami akan menimpakan siksa pedih bagi orang-orang kafir itu dan Kami akan membalas mereka dengan pembalasan yang keras atas yang telah mereka kerjakan. Inilah balasan bagi musuh-musuh Allah, (yaitu) Neraka; mereka berada disana selamanya sebagai pembalasan akibat penentangan mereka terhadap pesan-pesan Kami. (Ayat:26-28)
  6. Sesungguhnya orang-orang yang berkata: "Tuhan kami ialah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian, maka para malaikat akan turun kepada mereka: "Janganlah gelisah dan janganlah berduka cita; dan bergembiralah tentang surga yang telah dijanjikan Allah kepada kalian". Kamilah para pelindung kalian di kehidupan dunia serta Akhirat; disana kalian akan memperoleh yang kalian inginkan dan memperoleh yang kalian minta. (Ayat:30-31)
  7. Dan tidaklah setara kebaikan dan kejahatan. balaslah yang demikian (kejahatan) dengan yang lebih baik, maka antara kamu dan orang yang bermusuhan seolah-olah sebagai kawan yang setia. (sifat) yang demikian itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai watak mulia yang luar biasa. (Ayat:34-35)
  8. Dan di antara pertanda kekuasaanNya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Jangan bersujud terhadap matahari maupun bulan, tapi sujudlah terhadap Allah Yang Menciptakan semua itu, Jika Dia yang hendak kalian sembah. Jika mereka menyombongkan diri, maka (makhluk-makhluk) yang di sisi Tuhanmu memuliakanNya sepanjang malam dan siang hari, sedang mereka tidak jemu (Ayat:37-38)
  9. Dan apabila Kami jadikan Al-Quran itu suatu bacaan dalam bahasa asing, tentulah mereka mengatakan: "Mengapa tidak dijelaskan pesan-pesannya?" Apakah berbahasa asing sementara (Utusan itu) seorang Arab? Katakanlah: "yang demikian adalah bimbingan dan penentraman bagi orang-orang beriman. sedangkan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, serta yang demikian membutakan mereka. mereka itulah orang-orang yang dipanggil dari tempat yang jauh". (Ayat:44)
  10. Dan sesungguhnya telah Kami serahkan kepada Musa, Al-Kitab lalu diperdebatkan tentang yang demikian. andai sebelumnya tiada ketetapan dari Tuhanmu, tentulah orang-orang kafir itu dilenyapkan. dan sesungguhnya mereka terhadap yang demikian benar-benar dalam kebimbangan yang parah. barangsiapa yang memperbuat berbagai kebajikan, sebenarnya terhadap dirinya sendiri dan barangsiapa memperbuat kejahatan, sebenarnya terhadap dirinya sendiri; dan Tuhanmu tidak mencurangi hamba-hambaNya. (Ayat:45-46)
  11. Dan apabila Kami memberikan karunia kepada manusia, dia berpaling dan menghindar; dan jika malapetaka menimpanya, maka ia terus berseru-seru. (Ayat:51)
  12. Katakanlah: "Bagaimana pendapat kalian jika yang demikian dari sisi Allah, kemudian kalian menyangkal itu. Siapakah yang lebih sesat daripada orang yang berada penyimpangan yang parah?" Kami akan perlihatkan kepada mereka pertanda-pertanda Kami di berbagai hal dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa yang demikian adalah Kebenaran. Tidakkah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu sebagai saksi atas segala sesuatu? (Ayat:52-53)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Mukaddimah Terjemahan Al Qur'an versi Depag RI

Surah Sebelumnya:
Surah Al-Mu’min
Al-Qur'an Surah Berikutnya:
Surah Asy-Syura
Surah 41