Surah Al-Bayyinah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
al-Bayyinah
البينة
Al-Baiyina.png
Informasi
Arti Pembuktian
Klasifikasi Madaniyah
Surah ke 98
Juz Juz 30
Statistik
Jumlah ruku' 1 ruku'
Jumlah ayat 8 ayat

Surah Al-Bayyinah (bahasa Arab:البينة, "Pembuktian") adalah surah ke-98 dalam al-Qur'an. Surah ini terdiri atas 8 ayat, termasuk golongan surat-surat Madaniyah, diturunkan sesudah surah At-Talaq. Dinamai Al-Bayyinah (Pembuktian) diambil dari perkataan Al-Bayyinah yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

Pokok-Pokok Isi[sunting | sunting sumber]

  1. Penjelasan tentang Golongan-golongan penyangkal diantara Pewaris Kitab dan Penyembah berbagai dewa, yang tidak akan berpaling hingga tiba kepada mereka Bukti, seorang utusan dari Allah yang menyebar-luaskan kitab-kitab yang sesungguhnya.
  2. Nubuat yang berbunyi: Tidaklah para Pewaris Kitab bergolong-golongan sampai tiba kepada mereka Bukti, Dan mereka tidak diperintah lagi melainkan tentang hal-hal berikut: Mengabdi kepada Allah, mempersembahkan kepadaNya ketekunan yang tulus, menjunjung Sholat dan menyerahkan Zakat maka demikianlah agama yang lurus.
  3. Penegasan jenis-jenis makhluk: orang-orang yang menyangkal diantara Pewaris Kitab dan diantara Penyembah berbagai dewa akan berada di Neraka untuk menghuni tempat itu, merekalah makhluk-makhluk terburuk. orang-orang yang memiliki iman dan memperbuat berbagai kebajikan, merekalah makhluk-makhluk terbaik.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Surah Sebelumnya:
Surah Al-Qadr
Al-Qur'an Surah Berikutnya:
Surah Az-Zalzalah
Surah 98