Surah Al-Qiyamah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
al-Qiyamah
القيمة
Al-Qiyamat.png
Informasi
Arti Hari Kiamat
Nama lain La uqsimu bi yaumil qiyamah[1]
Klasifikasi Makkiyah
Al-Mufassal[1]
Surah ke 75
Juz Juz 29
Statistik
Jumlah ruku' 2 ruku'
Jumlah ayat 40 ayat

Surah Al-Qiyamah (Arab: القيمة , "Hari Kiamat") adalah surah ke-75 dalam al-Qur'an. Surah ini terdiri atas 40 ayat, termasuk golongan surah Makkiyah serta diturunkan sesudah surah Al-Qari'ah. Kata Al-Qiyamah (hari kiamat) diambil dari perkataan Al-Qiyamah yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

Pokok-pokok surah[sunting | sunting sumber]

  1. Wahai orang yang berkemul, bangunlah di malam hari, walau sebagian, setengahnya atau kurang sedikit dari itu, atau luangkan lebih dari itu. Dan pahamilah Al-Quran secara seksama. Sesungguhnya Kami akan menurunkan kapadamu, perkataan yang berharga. Sesungguhnya terjaga di masa malam hari adalah paling tepat dan paling utama untuk perenungan. Sungguh, kamu di masa siang hari mengurus berbagai kesibukan. (Ayat:1-7)
  2. Ingatlah nama Tuhanmu, dan berpihaklah padaNya sepenuhnya. Tuhan masyrik dan maghrib, tiada Tuhan kecuali Dia, maka jadikanlah Dia sebagai Perisai. (Ayat:8-9)
  3. Dan bersabarlah atas yang mereka ucapkan dan jauhilah mereka secara baik. Dan biarkan saja Aku yang bertindak terhadap para pendusta itu yang mempunyai kemewahan dunia dan biarkan mereka untuk sementara waktu. (Ayat:10-11)
  4. Sesungguhnya Kami telah mengutus kepada kalian seorang Utusan, sebagai seorang saksi terhadap kalian, sebagaimana Kami telah mengutus seorang Utusan menghadap Fir'aun. Ketika Fir'aun mendurhakai Utusan itu, maka Kami siksa dia dengan bencana yang dahsyat. (Ayat:15-16)
  5. Maka bagaimanakah kalian akan sanggup memelihara diri jika kalian tetap menyangkal hari yang menjadikan anak kecil beruban. Langit terbelah pada hari itu, Tentulah IkrarNya terlaksana. Sesungguhnya ini adalah suatu himbauan. Maka barangsiapa bersedia (niscaya) ia menempuh jalan demi Tuhannya. (Ayat:17-19)
  6. Sungguh Tuhanmu mengetahui bahwasa kamu terjaga kurang dari dua per tiga malam hari, atau setengahnya atau sepertiganya berserta sebagian dari orang-orang yang bersamamu. Dan Allah yang menetapkan ukuran malam dan siang hari, Dia mengetahui bahwa kalian tidak dapat menentukan batas waktu-waktu itu, maka Dia mengasihani kalian, karena itu bacalah yang mudah dari Al-Quran. Dia mengetahui bahwa diantara kalian terdapat orang-orang yang sakit dan sebagian lain mengembara di muka bumi, mencari sebagian karunia Allah; sementara sebagian lain berjuang mati-matian demi Allah, maka bacalah yang mudah dari Al-Quran dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan serahkan pinjaman yang baik kepada Allah. Dan kebaikan apa saja yang kalian perbuat untuk diri kalian sendiri, niscaya kalian akan memperolehnya di sisi Allah sebagai balasan terbaik dan berguna. Dan mohonlah ampun kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang. (Ayat:20)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Muhammad Nashruddin Al-Albani. Sifat Salat Nabi. 2000. Yogyakarta: Media Hidayah


Surah Sebelumnya:
Surah Al-Muddassir
Al-Qur'an Surah Berikutnya:
Surah Al-Insan
Surah 75

ﺮا

ﻟﺘﻔﺘﺤ ﺍﻞ ﺒﻠﺤﻒ