Surah Nuh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Nuh
Noh.png
Nuh.png
Informasi
Arti Nuh
Klasifikasi Makkiyah
Surah ke 71
Juz Juz 29
Statistik
Jumlah ruku' 2 ruku'
Jumlah ayat 28 ayat

Surah Nuh (bahasa Arab:نوح, "Nuh") adalah surah ke-71 dalam al-Qur'an. Surah ini tergolong surah Makkiyah yang terdiri atas 28 ayat. Dinamakan dengan surat Nuh karena surat ini seluruhnya menjelaskan ajakan, pengaduan dan doa Nabi Nuh terhadap kaumnya.

Terjemah Surah[sunting | sunting sumber]

  1. Sesungguhnya Kamilah yang mengutus Nuh kepada kaumnya: "Peringatkan kaummu sebelum bencana yang mengerikan terlaksana", (Ayat:1)
  2. Nuh berkata: "Hai kaumku, sesungguhnya aku adalah seorang pemberi peringatan bagi kalian, sembahlah Allah, takutlah padaNya dan taatlah padaku, niscaya Allah akan mengampuni sebagian dosa-dosa kalian dan menangguhkan kalian sampai kepada waktu yang ditentukan. Sesungguhnya ketetapan Allah apabila telah tiba tidak dapat ditangguhkan, kalau kalian tahu". (Ayat:2-4)
  3. dia berkata: "Ya Tuhanku sesungguhnya aku telah menyeru kaumku malam dan siang, maka tiada berpengaruh ajakanku kepada mereka selain penghindaran. Dan sesungguhnya setiap aku menyeru mereka agar Engkau mengampuni mereka, mereka memasukkan jari mereka ke dalam telinga mereka dan menutupkan diri ke bajunya dan mereka tetap dan angkuh secara berlebihan. Kemudian aku menyeru mereka dengan berkhotbah, terlebih aku juga membicarakan ini pula bersama mereka secara terang-terangan dan dengan membujuk, (Ayat:5-9)
  4. maka aku telah berkata: 'Mohonlah ampun kepada Tuhan kalian, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun-, niscaya Dia akan mengirimkan hujan untuk kalian secara berlimpah, dan memperbanyak harta dan anak-anak, dan menjadikan kebun-kebun untuk kalian dan menjadikan sungai-sungai untuk kalian. (Ayat:10-12)
  5. Mengapa kalian tiada mengandalkan Allah dan perlindunganNya? Padahal Dialah yang menciptakan kalian dalam beberapa tahapan. Tidakkah kalian perhatikan bagaimana Allah menciptakan tujuh langit bertingkat-tingkat? Dan Dialah yang menempatkan padanya bulan sebagai penerang dan menempatkan matahari sebagai pelita? Dan Allah adalah yang menumbuhkan kalian dari tanah secara perlahan, kemudian Dia mengembalikan kalian padanya dan mengeluarkan kalian. Dan Allah menjadikan bumi untuk kalian sebagai hamparan, supaya kalian menjelajahi wilayahnya yang membentang ". (Ayat:13-20)
  6. Nuh berkata: "Ya Tuhanku, sesungguhnya mereka mendurhakaiku dan menuruti orang-orang yang harta dan anak-anaknya tidak menambah apapun selain kebangkrutan dan merencanakan tipu daya yang keterlaluan". (Ayat:21-22)
  7. Dan mereka berkata: "Jangan sekali-kali kalian meninggalkan dewa-dewa kalian dan jangan (pula) kalian meninggalkan wadd, serta suwwa' dan yaghuts juga ya'uq demikian pula nasr". (Ayat:23)
  8. Dan telah mereka sesatkan mayoritas (manusia); dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang menyimpang itu selain kesesatan." Disebabkan kesalahan-kesalahan mereka, mereka ditenggelamkan lalu dimasukkan ke Neraka, maka tidaklah mereka mendapat penolong selain Allah. (Ayat:24-25)
  9. Nuh berkata: "Ya Tuhanku, jangan Engkau luputkan para penyangkal itu di atas bumi, seorangpun. Sesungguhnya jika Engkau sisakan mereka, niscaya mereka akan menyesatkan hamba-hambaMu, dan mereka tidak akan melahirkan anak selain keturunan yang rusak, membangkang. (Ayat:26-27)
  10. Ya Tuhanku! Ampunilah aku, orangtuaku, orang yang memasuki rumahku disertai iman demikian pula semua laki-laki yang beriman dan perempuan yang beriman. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang menyimpang itu selain kebinasaan." (Ayat:28)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Surah Sebelumnya:
Surah Al-Ma’arij
Al-Qur'an Surah Berikutnya:
Surah Al-Jinn
Surah 71