Gunung Argojambangan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gunung Argojambangan
Titik tertinggi
Ketinggian2.117 m (6.945 kaki)
Geografi
LetakPerbatasan Banjarnegara dan Pekalongan Jawa Tengah, Indonesia

Gunung Argojambangan adalah sebuah gunung yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Secara administratif gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Pekalongan. Gunung ini adalah salah satu puncak dari Pegunungan Serayu Utara yang menjulang di sebalah barat Dataran Tinggi Dieng dengan ketinggian sekitar 2.117 mdpl. Gunung Argojambangan bukan merupakan gunung berapi namun pada masa silam pernah ada aktivitas vulkanik di gunung ini.

Pendakian[sunting | sunting sumber]

Gunung ini memiliki 2 akses pendakian, yang pertama bisa melalui Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara dan Kecamatan Petungkriono di Kabupaten Pekalongan. Ada beberapa desa yang mengelilingi kaki gunung ini yaitu: Desa Gumelem, Semego, Tempuran, Wanaraja dan Desa Jatilawang. Namun jalur pendakian yang paling sering dilalui adalah dari Desa Gumelem dan Desa Semego.[1] Puncak gunung ini tidak terlalu lebar kira-kira hanya selebar lapangan badminton, berupa tanah yang datar dan tanpa tumbuhan. Di puncak gunung ini juga terdapat sebuah sumur kecil namun sekarang sudah tak berisi air lagi.[2]

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Gunung Argojambangan menjadi salah satu tujuan wisata di Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Pekalongan. Bagian utara kaki gunung ini merupakan tebing-tebing curam yang dihiasi beberapa air terjun, yang paling terkenal adalah Curug Bajing di Desa Tlogopakis, Kecamatan Petungkriono. Selain itu terdapat Curug Cinde, Curug Watugajah dan Curug Muncar.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]