Berkah (sinetron)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Berkah
Berkah.jpg
PembuatSinemArt
PengarangAgam Suharto
Mega Emmela
Winly Yudhistira
SutradaraH. Ahmad Yusuf
Erlanda Gunawan
PemeranSamuel Zylgwyn
Irish Bella
Meyda Sefira
Handika Pratama
Debby Sahertian
Aurélie Moeremans
Penggubah laguPurwacaraka
Lagu pembukaMemuja-Mu, ST 12
Lagu penutupMemuja-Mu, ST 12
Negara asal Indonesia
Bahasa asliIndonesia
No. musim1
No. episode115
Produksi
Produser eksekutifElly Yanti Noor
ProduserLeo Sutanto
Lokasi produksiJakarta, Indonesia
Durasi1 Jam
Rilis
Jaringan penyiarRCTI
HOMElinks Drama (2015-2016, ditayangkan setiap Senin-Jumat)
Format audioStereo
Dolby Digital 5.1
Penampilan perdana25 Februari 2013
Tanggal tayang asli25 Februari 2013 –
11 Juli 2013
Pranala luar
Situs web

Berkah adalah sebuah sinetron yang ditayangkan di RCTI sejak 25 Februari 2013. Sinetron ini diproduksi oleh SinemArt. Pemerannya antara lain Samuel Zylgwyn, Irish Bela, Meyda Sefira, Handika Pratama, dan Debby Sahertian. Acara ini ditayangkan setiap hari pukul 19:00 WIB.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Nama Peran
Samuel Zylgwyn Jaka
Irish Bella Irene
Meyda Sefira Aisyah
Anjasmara Bowo
Moudy Wilhelmina Siska
Handika Pratama Tomi
Fadly Arief
Rasyid Karim Jamiludin
Debby Sahertian Nani
Eeng Saptahadi Dewo
Ria Probo Karin
Cut Mini
Dena
Rifky Balweel Rio
Rahmat Aprilianto Afdal
Cut Meyriska Widia
Fera Feriska Asih
Natasha Dewanti Sinta
Mieke Amalia Tantri
Sultan Djorghi Herman
Debby Cynthia Dewi Fitri
Shandy Ishabella Dahlia
Aspar Paturusi
Wieke Widowati Rima
Samuel Rizal Joni
Dafi Thoriq Hunaifi Dafi
Fachri Muhammad Fachri
Muhammad Sidik Edward Sidik
Luna Shabrina Luna
Larasati Nugroho Laras
Aurelie Moeremans Aurel
Ochi Rosdiana Ochi
Ezhar Maliky Ezhar
Gege Elisa Nilam
Gusti Randa Burhan
Rana Cynthia Rana

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Jaka (Samuel Zylgwyn) adalah preman di kampungnya, tetapi ia juga dikenal sangat patuh pada emaknya, Nani (Debby Sahertian), dan sangat menyayangi adiknya, Dena (Laras). Jaka pun sulit menolak keinginan Nani yang menjodohkannya dengan Titin (Niniek Arum), anak dari mantan pacarnya, Harry (H. Jaja Miharja). Saat berusaha menghindar dari kejaran emaknya, Jaka tertabrak mobil Irene (Irish Bella) yang juga sedang ngebut karena melampiaskan amarahnya akibat desakan ibu dan ayah tirinya untuk menikah dengan pria yang tidak ia cintai. Iren adalah gadis kaya yang sangat cantik, tomboi dan juga seorang pembalap. Ia mewarisi 2 ton emas batangan murni dari almarhum ayahnya yang akan menjadi miliknya seutuhnya apabila kelak ia sudah menikah. Iren sangat takut ketika melihat lelaki yang ditabraknya tidak bergerak. Ia pun kabur, tetapi Iren tidak bisa tenang, ia merasa sangat bersalah. Kemudian ia mencari pria yang telah ia tabrak. Iren terkejut ketika tahu Jaka telah meninggal. Desakan orang tua Iren membuat Iren semakin tidak ingin tinggal di rumah. Atas izin kakeknya, Pak Arief (Fadly) yang selama ini selalu mendukungnya, Iren pun memberanikan diri untuk menyerahkan diri ke polisi dan membiarkan dirinya di penjara.

Ternyata Jaka hanya mati suri. Dalam matinya Jaka seperti melihat keadaan neraka dan juga surga, namun saat dia mau melihat surga, dia dilarang untuk melihatnya, dan terdengar suara yang mengatakan kalau dia harus kembali ke bumi. Jaka belum waktunya untuk masuk ke neraka ataupun surga. Setelah mengalami mati suri, Jaka menjadi sosok yang berbeda. Dia mempunyai kelebihan, bisa menyembuhkan orang dan intuisi yang hebat. Jaka jadi sering dimintai tolong penduduk untuk menyembuhkan penyakit mereka. Jaka pun jadi lebih soleh. Sampai akhirnya Jaka diberitahu tentang pelaku yang menabraknya berada di tahanan. Jaka bergegas ke kantor polisi, Jaka dan Irene pun bertemu. Jaka melihat sosok Irene yang cantik bagaikan bidadari. Jaka pun memanggil Irene dengan panggilan Neng Bidadari dan setiap berhadapan dengan Irene tubuh Jaka langsung gemetaran hebat, menggigil, dan tubuhnya lemas. Iren pun dibebaskan, tetapi karena tidak ingin pulang ke rumahnya, Iren pun akhirnya menginap sementara di rumah Jaka. Di rumah Jaka, Irene menemukan sesuatu yang berbeda. Di rumah itu kehidupannya sangat damai dan tenang, seperti di surga, tidak seperti di rumahnya yang situasinya selalu panas seperti di neraka. Selama di rumah Jaka, Iren mendalami ilmu agama. Orang tua Iren berang, mereka menuduh Jaka sudah mempengaruhi Irene yang tidak-tidak, sehingga Iren tidak mau pulang. Irene pun menyatakan bahwa Jaka adalah calon suaminya.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Award Kategori Hasil
2014 Panasonic Gobel Awards 2014 Program Drama Seri Nominasi

Pranala luar[sunting | sunting sumber]