Surah An-Najm: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
revised
revise
Baris 17: Baris 17:
}}'''SuraH An-Najm''' ([[bahasa Arab]] :'''النّجْم''') adalah [[surah]] ke-53 dalam [[al-Qur'an]]. Surah ini terdiri atas 62 ayat, termasuk golongan surah-surah [[Makkiyah]] dan diturunkan sesudah [[surah Al-Ikhlas]]. Nama ''An Najm'' yang berarti bintang, diambil dari perkataan ''An Najm'' yang terdapat pada ayat pertama surat ini.
}}'''SuraH An-Najm''' ([[bahasa Arab]] :'''النّجْم''') adalah [[surah]] ke-53 dalam [[al-Qur'an]]. Surah ini terdiri atas 62 ayat, termasuk golongan surah-surah [[Makkiyah]] dan diturunkan sesudah [[surah Al-Ikhlas]]. Nama ''An Najm'' yang berarti bintang, diambil dari perkataan ''An Najm'' yang terdapat pada ayat pertama surat ini.


== Pokok-pokok terjemahan ==
== Pokok-pokok terjemahan ==
# Demi bintang ketika terbenam. kawan kalian (Muhammad) tidak sesat dan tidak (pula) keliru. dan yang dia nyatakan itu bukan menurut kecenderungan (nafsunya). demikian itu tidak lain wahyu yang disingkapkan. yang diajarkan oleh yang sangat kuat. yang memiliki kecermatan; kemudian ia mengungkapkan diri. sementara dia berada di ufuk tertinggi. Kemudian dia mendekat, lalu berhadap-hadapan. maka dia berada sedekat dua ujung busur panah atau lebih dekat. lalu Dia mewahyukan kepada hambaNya (Muhammad) yang Dia singkapkan. nuraninya tidak mendustakan yang telah dilihatnya. maka apakah kalian hendak memperdebatkan tentang yang telah dia lihat? dan sesungguhnya dia telah melihatnya di waktu yang lain, berada pada Suatu Pohon yang tak terlewati (Sidratil Muntaha). bersebelahan dengan Surga kediaman, ketika Sidratil Muntaha diliputi oleh pembatas. penglihatannya (Muhammad) tidak keliru dan tidak menyimpang. Sesungguhnya dia telah menyaksikan sebagian pertanda Tuhannya yang paling dahsyat. (Ayat:1-18)
# Demi bintang ketika terbenamkawan kalian itu tidak sesat dan tidak keliru <br>dan yang dia nyatakan itu bukan menurut kecenderungan diri, yang demikian tidak lain wahyu yang disingkapkan; diajarkan oleh yang sangat kuat, memiliki kecermatan; <br>kemudian ia mengungkapkan diri sementara dia berada di ufuk tertinggi maka dia mendekat lalu berhadap-hadapan hingga dia berada sedekat dua ujung busur panah atau lebih dekat <br>maka Dia mewahyukan kepada hambaNya tentang perkara yang Dia singkap; nuraninya tidak mendustakan yang telah dia lihat <br>maka apakah kalian hendak memperdebatkan tentang yang telah dia lihat itu? <br>dan sungguh dia telah melihatnya pada waktu yang lain, berada pada Sidratil Muntaha yang bersebelahan dengan Surga kediaman ketika Sidratil Muntaha diliputi oleh pembatas, penglihatannya itu tidak keliru dan tidak menyimpang <br>sungguh dia telah menyaksikan sebagian pertanda Tuhannya yang paling dahsyat.  (Ayat:1-18)
# Maka apakah kalian memperhatikan al-Lata dan al-Uzza. dan Manah, yang ketiga, jenis yang lainnya. Apakah untuk kalian, laki-laki sementara untukNya, perempuan? Yang demikian tentulah penentuan yang semena-mena. yang demikian tidak lain nama-nama yang kalian beserta leluhur kalian karang; Allah tidak menyampaikan suatu keterangan pun tentang itu. mereka tidak lain menuruti dugaan-dugaan, dan yang dikehendaki oleh diri mereka dan sesungguhnya telah tiba sebuah Bimbingan bagi mereka dari Tuhan mereka. (Ayat:19-23)
# Maka apakah kalian memperhatikan al-Lata dan al-Uzza serta Manah, yang ketiga, <br>Apakah laki-laki untuk kalian sementara perempuan untuk Dia? perkara tersebut tentulah penentuan yang sewenang-wenang, <br>yang demikian tidak lain nama-nama yang kalian beserta leluhur kalian karang; Allah tidak menyampaikan suatu keterangan pun mengenai itu, <br>mereka tidak lain menuruti dugaan-dugaan beserta yang dikehendaki oleh diri mereka sendiri <br>dan sungguh telah hadir untuk mereka, sebuah Bimbingan dari Tuhan mereka.  (Ayat:19-23)
# Ataukah menuruti manusia, segala yang dia cita-citakan? maka menuruti Allah, Akhirat dan Permulaan (dunia). (Ayat:24-25)
# Ataukah menuruti manusia, segala yang ia dambakan? maka Akhirat beserta Awal menuruti Allah.  (Ayat:24-25)
# Dan betapa banyak malaikat di langit, perantaraan mereka tak berguna sedikitpun, kecuali sesudah Allah menentukan yang Dia perkenan dan Dia inginkan. (Ayat:26)
# Dan betapa banyak malaikat di langit; perantaraan mereka itu tiada berguna sedikitpun terkecuali sesudah Allah menghendaki yang Dia perkenan dan yang Dia karuniai.  (Ayat:26)
# Sesungguhnya orang-orang yang tidak beriman terhadap Akhirat, menyebut para malaikat memakai nama perempuan. dan mereka tidak mempunyai sesuatu pengetahuan tentang itu. mereka tidak lain menuruti persangkaan dan sesungguhnya persangkaan itu tiada mengubah (berpengaruh) sedikitpun terhadap kenyataan. maka tinggalkanlah orang yang berpaling dari peringatan Kami, dan tidak mengejar (memperjuangkan) kecuali kehidupan Dunia. Itulah sejauh-jauh pengetahuan mereka. sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang mengetahui tentang yang tersesat dari jalanNya dan Dialah (pula) yang mengetahui yang terbimbing. (Ayat:27-30)
# Sungguh orang-orang yang tidak beriman terhadap Akhirat, menyebut para malaikat memakai nama perempuandan mereka tidak mempunyai suatu pengetahuan tentang itu; <br>mereka tidak lain menuruti persangkaan <br>dan sungguh persangkaan itu tiada berpengaruh sedikit pun terhadap kenyataan <br>maka tinggalkan orang yang berpaling terhadap peringatan Kami, dan yang tidak memperjuangkan apapun kecuali kehidupan Dunia, itulah sejauh-jauh pengetahuan mereka; <br>sungguh Tuhanmu, Dialah Yang Maha Mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalanNya dan Dialah yang mengetahui siapa yang terbimbing.  (Ayat:27-30)
# Dan hanya milik Allah segala yang ada di langit dan segala yang ada di bumi <br>supaya Dia memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat jahat sesuai yang telah mereka kerjakan <br>serta Dia memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik dengan upah yang lebih baik.<br>orang-orang yang menghindari dosa-dosa besar serta perbuatan keji selain kesalahan-kesalahan kecil, <br>sungguh Tuhanmu Maha Luas PengampunanNya dan Dialah Yang Maha Mengetahui dirimu sejak Dia menjadikan kamu dari tanah dan ketika kamu masih janin dalam perut ibumu, maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci, Dialah yang paling mengetahui tentang siapakah orang yang bertakwa. (Ayat:31-32)
# Apakah di pihaknya ada pengetahuan tentang hal-hal misterius (ghaib), sehingga dia mengetahui? <br> Ataukah belum dikabarkan kepadanya yang tercantum dalam gulungan-gulungan Musa.<br> serta Ibrahim yang benar-benar teruji. <br> sesungguhnya seorang berdosa tidak menanggung dosa orang lain, <br> dan sesungguhnya tiada apapun bagi manusia selain yang dia perjuangkan, dan sesungguhnya kelak usahanya itu akan diperlihatkan. kemudian akan dihargai kepadanya dengan balasan yang setimpal, <br> dan bahwasanya menuju Tuhanmu, sebagai Penghabisan, <br> dan sesungguhnya Dialah yang menjadikan (manusia) tertawa dan menangis, <br> dan sesungguhnya Dialah Yang Mematikan dan Yang Menghidupkan, <br> dan sesungguhnya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan, laki-laki dan perempuan. yang berbahan air mani sesudah terpancarkan. dan sesungguhnya Dialah yang memunculkan perjalanan yang lain, dan bahwasanya Dialah yang memberi kekayaan dan memberi kepuasan,<br> dan bahwasanya Dialah Sang Penguasa (bintang) Syi'ra, <br> dan bahwasanya Dialah yang telah memunahkan (kaum) 'Aad, yang terdahulu, <br> beserta (kaum) Tsamud. maka tiada yang disisakan. <br> juga kaum Nuh yang mendahului, sesungguhnya merekalah orang-orang yang amat sewenang-wenang dan amat durhaka, <br> serta Yang Menghancurkan (kota-kota) yang dijungkir-balikkan. lalu (kota-kota) itu menimpa diri mereka sendiri. <br> maka manakah perkara Tuhanmu yang kamu ragukan? (Ayat:35-55)
# Maka apakah kamu memperhatikan orang yang berpaling ? serta yang memberi sedikit lalu merasa enggan?<br>Apakah ada pengetahuan pada orang itu mengenai perkara-perkara misterius, sehingga ia mengetahui? <br>Belumkah dikabarkan kepada orang itu tentang yang tercantum dalam gulungan-gulungan Musa beserta Ibrahim yang benar-benar teruji, <br>bahwasanya seorang berdosa tidak menanggung dosa milik orang lain, <br>dan bahwasanya tiada yang disediakan untuk manusia selain yang telah ia perjuangkan dan sungguh kelak perjuangannya itu akan dihadirkan; kemudian akan dihargai untuknya dengan upah yang setimpal,<br>dan bahwasanya menuju Tuhanmu, sebagai Kesudahan,<br>dan bahwasanya Dialah yang menjadikan tertawa dan menangis,<br>dan bahwasanya Dialah Yang Mematikan dan Yang Menghidupkan,<br>dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan, laki-laki dan perempuan; yang berbahan air mani terpancar dan bahwasanya Dialah yang memunculkan perjalanan lain <br>dan bahwasanya Dialah yang mengaruniakan kekayaan serta yang mengaruniakan kecukupan, <br>dan bahwasanya Dialah Tuhannya Syi'ra,<br>dan bahwasanya Dialah yang telah memunahkan 'Aad, yang terdahulu, <br>beserta Tsamud, maka tiada seorang pun yang disisakan,<br>demikian pula kaum Nuh yang mendahului, sesungguhnya mereka itu orang-orang yang amat sewenang-wenang dan amat durhaka,<br>serta negeri-negeri yang dijungkirbalikkan lalu menimpa diri mereka sendiri. <br>maka manakah perkara Tuhanmu yang kamu ragukan?
# Semakin dekat, yang mendekat. Tiada yang bisa menyatakan itu selain Allah. (Ayat:57-58)
# Ini adalah tanda peringatan dari tanda-tanda peringatan terdahulu.  (Ayat:35-55)
# Maka apakah kalian heran terhadap perkataan ini? dan kalian menertawakan dan tidak menangis? bahkan kalian bersantai? hendaklah bersujud dan beribadah kepada Allah (Ayat:59-62)
# Semakin dekat, yang mendekat; <br>Tiada yang bisa menjelaskan perkara demikian selain Allah.  (Ayat:57-58)
# Maka apakah kalian merasa heran terhadap perkataan ini? dan kalian menertawakan dan kalian tidak menangis?  bahkan kalian meremehkan? <br>hendaklah kalian bersujud serta beribadah kepada Allah (Ayat:59-62)


== Referensi ==
== Pranala luar ==
{{wikisource|Al-Qur'an/An-Najm|Surah An-Najm}}
*


{{Sura|53|[[Surah At-Tur]]|[[Surah Al-Qamar]]}}
{{Sura|53|[[Surah At-Tur]]|[[Surah Al-Qamar]]}}

Revisi per 31 Maret 2016 23.44

Surah ke-53
an-Najm

Bintang
KlasifikasiMakkiyah
JuzJuz 27
Jumlah ruku3 ruku
Jumlah ayat62 ayat
Jumlah ayat sajdahAyat 62

SuraH An-Najm (bahasa Arab :النّجْم) adalah surah ke-53 dalam al-Qur'an. Surah ini terdiri atas 62 ayat, termasuk golongan surah-surah Makkiyah dan diturunkan sesudah surah Al-Ikhlas. Nama An Najm yang berarti bintang, diambil dari perkataan An Najm yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

Pokok-pokok terjemahan

  1. Demi bintang ketika terbenam, kawan kalian itu tidak sesat dan tidak keliru 
    dan yang dia nyatakan itu bukan menurut kecenderungan diri, yang demikian tidak lain wahyu yang disingkapkan; diajarkan oleh yang sangat kuat, memiliki kecermatan;
    kemudian ia mengungkapkan diri sementara dia berada di ufuk tertinggi maka dia mendekat lalu berhadap-hadapan hingga dia berada sedekat dua ujung busur panah atau lebih dekat
    maka Dia mewahyukan kepada hambaNya tentang perkara yang Dia singkap; nuraninya tidak mendustakan yang telah dia lihat 
    maka apakah kalian hendak memperdebatkan tentang yang telah dia lihat itu?
    dan sungguh dia telah melihatnya pada waktu yang lain, berada pada Sidratil Muntaha yang bersebelahan dengan Surga kediaman ketika Sidratil Muntaha diliputi oleh pembatas, penglihatannya itu tidak keliru dan tidak menyimpang 
    sungguh dia telah menyaksikan sebagian pertanda Tuhannya yang paling dahsyat.  (Ayat:1-18)
  2. Maka apakah kalian memperhatikan al-Lata dan al-Uzza serta Manah, yang ketiga,
    Apakah laki-laki untuk kalian sementara perempuan untuk Dia? perkara tersebut tentulah penentuan yang sewenang-wenang,
    yang demikian tidak lain nama-nama yang kalian beserta leluhur kalian karang; Allah tidak menyampaikan suatu keterangan pun mengenai itu,
    mereka tidak lain menuruti dugaan-dugaan beserta yang dikehendaki oleh diri mereka sendiri
    dan sungguh telah hadir untuk mereka, sebuah Bimbingan dari Tuhan mereka.  (Ayat:19-23)
  3. Ataukah menuruti manusia, segala yang ia dambakan? maka Akhirat beserta Awal menuruti Allah.  (Ayat:24-25)
  4. Dan betapa banyak malaikat di langit; perantaraan mereka itu tiada berguna sedikitpun terkecuali sesudah Allah menghendaki yang Dia perkenan dan yang Dia karuniai.  (Ayat:26)
  5. Sungguh orang-orang yang tidak beriman terhadap Akhirat, menyebut para malaikat memakai nama perempuan, dan mereka tidak mempunyai suatu pengetahuan tentang itu;
    mereka tidak lain menuruti persangkaan
    dan sungguh persangkaan itu tiada berpengaruh sedikit pun terhadap kenyataan 
    maka tinggalkan orang yang berpaling terhadap peringatan Kami, dan yang tidak memperjuangkan apapun kecuali kehidupan Dunia, itulah sejauh-jauh pengetahuan mereka;
    sungguh Tuhanmu, Dialah Yang Maha Mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalanNya dan Dialah yang mengetahui siapa yang terbimbing.  (Ayat:27-30)
  6. Dan hanya milik Allah segala yang ada di langit dan segala yang ada di bumi
    supaya Dia memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat jahat sesuai yang telah mereka kerjakan
    serta Dia memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik dengan upah yang lebih baik.
    orang-orang yang menghindari dosa-dosa besar serta perbuatan keji selain kesalahan-kesalahan kecil,
    sungguh Tuhanmu Maha Luas PengampunanNya dan Dialah Yang Maha Mengetahui dirimu sejak Dia menjadikan kamu dari tanah dan ketika kamu masih janin dalam perut ibumu, maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci, Dialah yang paling mengetahui tentang siapakah orang yang bertakwa. (Ayat:31-32)
  7. Maka apakah kamu memperhatikan orang yang berpaling ? serta yang memberi sedikit lalu merasa enggan?
    Apakah ada pengetahuan pada orang itu mengenai perkara-perkara misterius, sehingga ia mengetahui?
    Belumkah dikabarkan kepada orang itu tentang yang tercantum dalam gulungan-gulungan Musa beserta Ibrahim yang benar-benar teruji,
    bahwasanya seorang berdosa tidak menanggung dosa milik orang lain,
    dan bahwasanya tiada yang disediakan untuk manusia selain yang telah ia perjuangkan dan sungguh kelak perjuangannya itu akan dihadirkan; kemudian akan dihargai untuknya dengan upah yang setimpal,
    dan bahwasanya menuju Tuhanmu, sebagai Kesudahan,
    dan bahwasanya Dialah yang menjadikan tertawa dan menangis,
    dan bahwasanya Dialah Yang Mematikan dan Yang Menghidupkan,
    dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan, laki-laki dan perempuan; yang berbahan air mani terpancar dan bahwasanya Dialah yang memunculkan perjalanan lain
    dan bahwasanya Dialah yang mengaruniakan kekayaan serta yang mengaruniakan kecukupan,
    dan bahwasanya Dialah Tuhannya Syi'ra,
    dan bahwasanya Dialah yang telah memunahkan 'Aad, yang terdahulu,
    beserta Tsamud, maka tiada seorang pun yang disisakan,
    demikian pula kaum Nuh yang mendahului, sesungguhnya mereka itu orang-orang yang amat sewenang-wenang dan amat durhaka,
    serta negeri-negeri yang dijungkirbalikkan lalu menimpa diri mereka sendiri.
    maka manakah perkara Tuhanmu yang kamu ragukan?
  8. Ini adalah tanda peringatan dari tanda-tanda peringatan terdahulu.  (Ayat:35-55)
  9. Semakin dekat, yang mendekat;
    Tiada yang bisa menjelaskan perkara demikian selain Allah.  (Ayat:57-58)
  10. Maka apakah kalian merasa heran terhadap perkataan ini? dan kalian menertawakan dan kalian tidak menangis?  bahkan kalian meremehkan?
    hendaklah kalian bersujud serta beribadah kepada Allah (Ayat:59-62)

Pranala luar


Surah Sebelumnya:
Surah At-Tur
Al-Qur'an Surah Berikutnya:
Surah Al-Qamar
Surah 53