Galaxy Mall Surabaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Galaxy Mall Surabaya
Galaxy Mall Surabaya logo
LokasiSurabaya
AlamatJalan Dharmahusada Indah Timur 35-37, Surabaya
Tanggal dibuka1996 (Galaxy Mall 1)
2006 (Galaxy Mall 2)
2019 (Galaxy Mall 3)
PengembangPT. Sinar Galaxy
PemilikPT. Sinar Galaxy
Jumlah lantai8 + 2 dibawah tanah
Galaxy Mall 2

Galaxy Mall adalah pusat perbelanjaan di Surabaya. Mal ini didirikan pada tahun 1996. Mal ini terdiri dari 5 lantai dengan penyewa - penyewa yang sudah terkenal sebagai perusahaan besar baik skala nasional maupun internasional antara lain Centro, Timezone, J.CO Donuts & Coffee, Pizza Hut, KFC, HokBen, Burger King, 99 Ranch Market, Toys City, Timezone, Cinema XXI, Sogo, H&M, Uniqlo, Keris Departement Store, Body & Soul, Celebrity Fitness, Food Galaxy, Jade Imperial, XO Suki, Noodle House & Kitchen, Bentoya, Pepper Lunch, Qua-Li, Doner Kebab, Excelso, Sour Sally, Sushi Tei, Pancious, Apollo Gadget Store, Erafone Megastore, Indosat Ooredoo, Samsung, Infinite dan masih banyak lagi.

Galaxy Mall merupakan family mall yang berkonsep untuk menyediakan seluruh kebutuhan keluarga dalam satu tempat.

Sejarah pengembangan[sunting | sunting sumber]

Galaxy Mall 1 (saat itu bernama Mal Galaxy dalam bahasa Indonesia dan tanpa diikuti angka phase di belakang) mulai dibangun pada tahun 1994. Dua tahun kemudian, mall ini selesai dibangun dan dibuka. Dikelola oleh PT. Sinar Galaxy. Penyewa utama saat itu adalah Hero Supermarket, Timezone, Keris Departement Store, McDonald's dan Galaxy 21. Mal Galaxy juga mempunyai Techno Zone (pusat komputer dan handphone) hingga saat ini, di lantai 2, food court nusantara dan internasional (sekarang Food Galaxy) di lantai 3. Pada tahun 2005, Galaxy Mall melakukan perkembangan, perluasan dan penambahan satu ekstensi, yaitu Mal Galaxy Extension (sekarang Galaxy Mall 2) dengan penyewa utama Sogo Departement Store dan Celebrity Fitness, selesai dibangun dan dibuka pada tahun 2006. Pada tahun yang sama, Hero Supermarket di Mal Galaxy Existing (bangunan lama Mal Galaxy yang dibuka pada tahun 1996), kini ditempati supermarket internasional, yaitu 99 Ranch Market. Pada tahun 2010, Mal Galaxy menjadi Galaxy Mall karena banyak penduduk di Surabaya menyebut nama tersebut dan pada tahun yang sama, bioskop Galaxy 21, ditransformasikan menjadi bioskop Galaxy XXI. Pada tahun 2011, Centro Departement Store pertama di Surabaya dibuka. Pada tahun 2013, McDonald's di Galaxy Mall 1 lantai 2 ditutup dan kini ditempati oleh Erafone Megastore. Sedangkan McDonald's di Galaxy Mall 1 lantai 2 berpindah lokasi ke Jalan Manyar Kertoarjo tepatnya di bekas SPBU Pertamina.

Pada tahun 2016, konstruksi Galaxy Mall 3 telah dimulai. Pada tanggal 10 Juli 2018 telah dilakukan pemasangan jembatan layang yang menghubungkan Galaxy Mall 1 dan 2 dengan Galaxy Mall 3. Selanjutnya jembatan ini juga berfungsi sebagai jembatan penyeberangan orang yang dilengkapi lift tersendiri, dan juga akan terintegrasi dengan angkutan cepat yaitu monorel yang diimplementasikan oleh pemerintah kota Surabaya.[1] Pada tanggal 19 April 2019, bertepatan dengan hari Jumat Agung, Galaxy Mall 3 selesai dibangun dan dibuka dengan H&M dan Uniqlo sebagai salah satu penyewa utamanya.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Setelah Galaxy Mall 3 selesai dibuka pada tahun 2019, rumor yang beredar bahwa selanjutnya Galaxy Mall juga akan memiliki tahap ke-4. Galaxy Mall 4 ini menurut kabar yang beredar akan dibangun di area yang saat ini ditempati oleh fasilitas olahraga milik Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur. Menurut kabar yang beredar pula, lokasi fasilitas KONI yang ada saat ini akan dipindahkan ke lahan kosong di perumahan Puri Galaxy di Jalan Arief Rahman Hakim yang lokasinya cukup strategis dikarenakan dekat dengan kampus Institut Teknologi Sepuluh November dan Universitas Hang Tuah.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]