Cineplex 21 Group

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Cinema XXI)
PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk
Cinema 21/21 Cineplex
Sebelumnya
PT Subentra Nusantara (1987–1998)
Perseroan terbatas terbuka
Kode emitenIDX: CNMA
IndustriIndustri film
Didirikan21 Agustus 1987; 36 tahun lalu (1987-08-21)
Pendiri
Kantor
pusat
,
Cabang
232
Wilayah operasi
Nasional
Tokoh
kunci
  • Suryo Suherman
    (komisaris utama)
  • Hans Gunadi
    (direktur utama)
Merek
  • Cinema XXI
  • Cinema 21
  • The Premiere
JasaBioskop
Situs web21cineplex.com
cinema21.co.id

PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk, beroperasi sebagai Cineplex 21 Group, adalah sebuah jaringan bioskop di Indonesia, dan pelopor jaringan cineplex di Indonesia. Jaringan bioskop ini tersebar di beberapa kota besar di seluruh Indonesia dan sebagian besar di antaranya terletak di dalam pusat perbelanjaan, dengan film-film Hollywood dan Indonesia sebagai menu utama, dan didukung oleh teknologi tata suara Dolby Digital, THX dan yang terbaru Dolby Atmos. Cineplex 21 Group memulai kiprahnya di industri hiburan sejak tanggal 21 Agustus 1987, hingga Juli 2023, Cineplex 21 Group memiliki total 1216 layar yang tersebar di 55 kota di 225 lokasi di seluruh Indonesia. Group ini didirikan oleh Sudwikatmono bekerjasama dengan Benny Suherman dan Harris Lesmana.

Seiring dengan tuntutan perkembangan zaman, Cineplex 21 Group telah melakukan sejumlah pembenahan dan pembaharuan, di antaranya adalah dengan membentuk jaringan bioskopnya menjadi 4 merek terpisah, yakni Cinema 21, Cinema XXI, The Premiere, dan IMAX untuk target pasar berbeda.

Perusahaan melantai di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 2 Agustus 2023.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Studio 21 pertama dibangun di Jalan MH Thamrin Kav 21 oleh Sudwikatmono sepupu Presiden Soeharto pada tanggal 21 Agustus 1987, setelah berhasil melakukan ujicoba sinepleks dengan mengubah ruang gedung bioskop Kartika Chandra menjadi beberapa layar. Studio pertama, Sinepleks di Kartika Chandra ini juga bekerjasama dengan Raam Punjabi. Nama "21" diambil dari nomor kaveling jalan MH Thamrin di lokasi Studio 21 pertama dibangun. Namun, ada juga yang mengatakan, bahwa nama itu sesungguhnya merupakan akronim dari Su-Dwi-kat-Mono. Saat ini, Gedung Studio 21 pertama tersebut sudah berubah menjadi gedung pencakar langit Sinarmas Land Plaza. Pada tahun 1999 Sudwikatmono melepaskan kepemilikan jaringan bioskop 21 itu kepada partnernya, Benny Suherman dan Harris Lesmana.[2]

CINEMA 21 memiliki jaringan bioskop terbanyak di Indonesia sebelum Cinema XXI berdiri. Cinema 21 menguasai sebagian besar pangsa pasar penonton bioskop Indonesia dengan memberlakukan harga tiket bervariasi dan jenis film yang diputar, sesuai dengan lokasi dan target yang dituju.[3]

Setelah Cinema XXI berdiri, perlahan Cinema 21 berubah menjadi jaringan bioskop kelas dua, dengan sebagian besar film yang diputar merupakan film-film karya negeri sendiri dan film-film asing yang tidak diputar di Cinema 21 lagi. Namun hal ini tidak berlaku di beberapa kota di luar Jakarta yang belum tersedia Cinema XXI dan tidak banyak terdapat Cinema 21.[4]

Pada umumnya Cinema 21 telah dilengkapi tata suara Dolby Digital, dan bahkan beberapa di antaranya yang merupakan Cinema 21 versi terdahulu telah bersertifikat THX, seperti Hollywood KC 21 (Kini Hollywood XXI), Megaria 21 (Kini Metropole XXI), Mega 21 (Kini Pluit Village XXI), Puri 21 (Kini Puri XXI), Anggrek 21 (Kini Anggrek XXI), Citra 21 (Kini Citra XXI), GM 21 (Kini GM XXI), Atrium 21 (kini Atrium XXI), Arion 21 (Kini Arion XXI), Setiabudi 21 (Kini Setiabudi XXI), untuk area Jakarta. Tidak hanya itu, beberapa Cinema 21 bahkan mengadaptasi suasana dan kenyamanan yang setara dengan Cinema XXI. Namun sekali lagi, hal itu berdasarkan pangsa pasar yang dituju dan perjanjian dengan pengelola mal.

Cinema 21[sunting | sunting sumber]

Logo Cinema 21

Saat ini, Cinema 21 hanya tersisa sembilan cabang saja. Sedangkan bioskop-bioskop baru yang akan terus dibuka di waktu mendatang hanyalah yang bermerek Cinema XXI. Berikut adalah bioskop yang masih memakai merek Cinema 21:

Nama Bioskop Alamat Jumlah Studio
DKI Jakarta
Blok M Square 21 Blok M Square, Lantai 5, Jl. Melawai V, Blok M, Jakarta Selatan 6
Jawa Barat
BTM 21 Bogor Trade Mall, Lantai 4, Jl. Ir. H. Juanda No. 68, Bogor 5
Cinere 21 Cinere Mall, Lantai 3, Cinere, Depok 4
Grage 21 Grage Mal, Jl. Tentara Pelajar No. 1, Cirebon 3
Jatos 21 Jatinangor Town Square, Jl. Raya Jatinangor No. 150, Jatinangor, Sumedang 5
Jawa Timur
Dieng 21 Cyber Mall, Lantai 3, Jl. Raya Langsep No. 2, Malang 2
Sumatera Selatan
Internasional 21 Internasional Plaza, Jl. Jend. Sudirman No. 147, Palembang 4
Bengkulu
Mega 21 Mega Mall, Lantai 2, Jl. K. Zainal Abidin No. 11, Bengkulu 4
Sulawesi Selatan
Panakkukang 21 Mal Panakkukang, Jl. Pengayoman, Panakkukang, Makassar 4

Cinema XXI[sunting | sunting sumber]

Logo Cinema XXI sejak 2012
Studio XXI di Kota Balikpapan.

Cinema XXI pertama kali didirikan di Plaza Indonesia Entertainment X'nter pada hari Rabu, 7 Januari 2004, dengan 4 buah teater reguler dan 2 buah teater Premiere. Cinema XXI yang diberi nama Studio XXI ini merupakan satu-satunya Cinema XXI yang menggunakan sofa empuk di keseluruhan studionya, dan memiliki sertifikat THX untuk semua studionya. Tanggal 30 Juni 2014 adalah hari terakhir beroperasinya Cinema XXI di tempat ini.[5]

Mayoritas film-film yang diputar di Cinema XXI merupakan film-film Hollywood, baik yang terbaru, ataupun yang telah tersimpan lama. Namun beberapa XXI juga turut memutar film Indonesia, sesuai dengan lokasi dan pasar pengunjung pusat perbelanjaan yang bersangkutan.

Beberapa Cinema 21 turut direnovasi menjadi Cinema XXI, dengan penambahan karpet, perubahan desain, dan penggantian kursi studio.

Perbedaan mencolok antara Cinema XXI dengan Cinema 21 adalah dengan disediakannya sejumlah fasilitas seperti games, cafe, lounge, hingga ruang merokok di sejumlah gerai XXI.

Setiap tahunnya, kemunculan Cinema XXI di kota-kota besar terus meningkat, menggantikan kemunculan Cinema 21. Tidak hanya itu, beberapa Cinema XXI maupun 21 masih terus melakukan pembenahan.

Di penghujung 2008, seiring dengan perkembangan teknologi 3D dan makin maraknya film-film berbasis format tersebut, Cinema XXI turut mengaplikasikan teknologi Dolby Digital Cinema 3D di beberapa XXI yang memadai. Jumlah bioskop XXI yang mengadakan fasilitas ini pun masih terus bertambah, seiring dengan perkembangan film-film berformat digital dan 3D yang makin meningkat jumlahnya.

Pada November 2013, Cinema XXI memperkenalkan sistem suara Dolby Atmos, pertama kali diluncurkan di Studio 1 Epicentrum XXI, dan pada tahun 2016 ini sistem suara Dolby Atmos sudah tersebar di 40 Studio di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Palembang, Medan, Balikpapan, Makassar, dan Manado.

The Premiere[sunting | sunting sumber]

Ditargetkan untuk pecinta film yang menginginkan fasilitas yang lebih mewah, terdapat pula The Premiere, suatu konsep bioskop yang diperlengkapi dengan segala kemewahan yang ada, termasuk di dalamnya lobby khusus, kursi khusus layaknya kelas bisnis di dalam sebuah pesawat, dan juga selimut serta kemewahan-kemewahan lainnya. Hanya film-film Hollywood yang diputar di The Premiere.

The Premiere pertama kali dibuka di bioskop Senayan 21 (sekarang Plaza Senayan XXI) Jakarta pada tahun 2002[6] dan hingga saat ini sudah hadir di beberapa kota besar di Indonesia. The Premiere mematok harga Rp 60.000 - 150.000.

Bandung merupakan kota pertama yang menghadirkan The Premiere di luar Jakarta. Dibuka pada tanggal 1 Mei 2009, The Premiere di Bandung terletak di Ciwalk XXI dengan harga Rp 50.000.

Mulai 2010, The Premiere juga ada di Surabaya, terletak di mal Grand City dan Lenmarc. Tahun 2011, The Premiere ketiga di Surabaya juga dibuka di Ciputra World, tahun 2015 The Premiere juga ada di Tunjungan Plaza 5 dan akhirnya tahun 2017 The Premiere juga ada di Pakuwon Mall. Tahun 2023, The Premiere juga ada di Galaxy Mall.

Tahun 2012, The Premiere pertama di Bali dibuka di Beachwalk.

The Premiere Alamat Jumlah Studio
DKI Jakarta
The Premiere Baywalk Pluit Baywalk Pluit Mall, Lantai 6, Jl. Pluit Karang Ayu Blok B1 Utara, Penjaringan, Jakarta Utara 1
The Premiere Emporium Pluit Emporium Pluit Mall, Lantai 5, Jl. Pluit Selatan Raya, Penjaringan, Jakarta Utara 2
The Premiere Gandaria City Gandaria City, Lantai 2, Jl. Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 2
The Premiere Kelapa Gading Mal Kelapa Gading 3, Lantai 3, Jl. Bulevar Kelapa Gading, Kelapa Gading, Jakarta Utara 2
The Premiere Kemang Village Lippo Mall Kemang, Lantai 3, Jl. Pangeran Antasari No. 36, Jakarta Selatan 2
The Premiere Kota Kasablanka Kota Kasablanka, Lantai 2, Jl. Casablanca Kav 88, Tebet, Jakarta Selatan 2
The Premiere Lotte Shopping Avenue Ciputra World Jakarta, Lantai 4, Jl. Prof. DR. Satrio KAV 3-5, Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan 2
The Premiere Metropole Komplek Megaria, Jl. Pegangsaan 21, Menteng, Jakarta Pusat 2
The Premiere One Bel Park One Bel Park Lt.2, Jln. Rumah Sakit Fatmawati No.1, Kel. Pondok Labu, Kec. Cilandak, Jakarta Selatan 1
The Premiere Plaza Indonesia Plaza Indonesia, Lantai 6, Jl. MH Thamrin Kav 28-30, Tanah Abang, Jakarta Pusat 1
The Premiere Plaza Senayan Plaza Senayan, P5, Jl. Asia Afrika, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat 2
The Premiere Pondok Indah 2 Mall Pondok Indah 2, Lantai 3, Jl. Metro Pondok Indah, Pondok Indah, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 1
The Premiere Puri Mall Puri Indah, Lantai 2, Jl. Puri Indah Raya, Kembangan, Jakarta Barat 1
The Premiere Senayan City Senayan City, Lantai 5, Jl. Asia Afrika, Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat 2
The Premiere St. Moritz Lippo Mall Puri, Lantai 1, Jl. Puri Indah Raya, Blok U1, Kembangan, Jakarta Barat 2
Banten
The Premiere AEON Mall BSD City AEON Mall BSD City Lantai 3, Jl. BSD Raya Utama, BSD City, Pagedangan, Tangerang 2
The Premiere Alam Sutera Mall @ Alam Sutera, Lantai 2, Jl. Jalur Sutera Barat Kav.16, Alam Sutera, Pinang, Tangerang 2
The Premiere Bintaro Xchange 2 Mall Bintaro Xchange 2, Lantai 1, Jl. Lingkar Jaya No. 24, Pondok Jaya, Pasar Aren, Tangerang Selatan 1
The Premiere Living World Living World Alam Sutera, Lantai 2, Jl. Alam Sutera Boulevard Kav.21 Alam Sutera, Pinang, Tangerang 1
The Premiere Summarecon Mal Serpong Summarecon Mall Serpong, Lantai 3, Jl. Boulevard Gading Serpong, Tangerang 2
The Premiere Supermal Karawaci Supermal Karawaci, Lantai 1, Jl. Bulevar Diponegoro No. 105, Lippo Karawaci, Tangerang 1
The Premiere The Breeze BSD Green Office Park, Lantai Dasar, Jl. Grand Boulevard, Sampora, Tangerang 1
Jawa Barat
The Premiere AEON Mall Deltamas AEON Mall Deltamas, Perumahan Kota Deltamas, Hegarmukti, Cikarang, Bekasi 1
The Premiere AEON Mall Sentul City AEON Mall Sentul City, Lantai 3, Jl. MH. Thamrin, Bogor, Jawa Barat 1
The Premiere Cibinong City Cibinong City Mall, Lantai 2, Jl. Tegar Beriman No. 1, Cibinong, Bogor, Jawa Barat 1
The Premiere Ciputra Cibubur Mall Ciputra Cibubur, Lantai 3, Jl. Alternatif Cibubur Cileungsi KM4, Bekasi, Jawa Barat 1
The Premiere Ciwalk Cihampelas Walk, Lantai 2, Jl. Cihampelas No. 160, Bandung, Jawa Barat 2
The Premiere CSB Cirebon Superblock, Lantai 2, Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 26, Cirebon, Jawa Barat 1
The Premiere Grand Metropolitan Grand Metropolitan, Lantai 3, Jl. KH Noer Alie, Bekasi Selatan, Bekasi, Jawa Barat 2
The Premiere Margo City Margo City, Lantai 3, Jln. Margonda Raya No. 358, Kemiri Muka, Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16423 1
The Premiere Pesona Square Pesona Square, Lantai 2, Jl. Ir. H. Juanda No. 99, Sukma Jaya, Depok, Jawa Barat 1
The Premiere Resinda Park Mall Resinda Park Mall, Jl. Resinda Interchange Karawang Barat I, Karawang Barat, Karawang 1
The Premiere Summarecon Mall Bandung Summarecon Mall Bandung, Lantai 1, Unit 1F - Unit A & A1, Jl. Bulevar Barat No. 75-89, Cisaranten Kidul, Gedebage, Bandung 1
The Premiere Summarecon Mal Bekasi Summarecon Mal Bekasi, Lantai 3, Jl. Bulevar Ahmad Yani, Bekasi, Jawa Barat 2
The Premiere TSM Cibubur Trans Studio Mall, Lantai 3, Jl. Alternatif Cibubur, Depok, Jawa Barat 1
Jawa Tengah
The Premiere DP Mall DP Mall, Lantai 3, Jl. Pemuda No. 150, Sekayu, Semarang Tengah, Semarang 1
The Premiere Tentrem Mall Tentrem Mall, Lantai 2, Jl. Gajahmada No. 123, Pekunden, Semarang Tengah, Semarang 1
The Premiere The Park Mall Semarang The Park Mall Semarang Lantai 2 Jl. Madukoro Raya Blok E1 No. 10-11, Tawang Mas, Semarang Barat, Semarang 1 (coming soon)
The Premiere Solo Paragon Solo Paragon Lifestyle Mall, Lantai 1, Jl. Yosodipuro No. 133, Surakarta, Jawa Tengah 1
The Premiere Solo Square Solo Square, Lantai 3, Jl. Slamet Riyadi No. 451-455, Surakarta, Jawa Tengah 1
The Premiere The Park Mall Solo Baru The Park Mall, Lantai 2, Jl. Ir Soekarno, Solo Baru, Madegondo, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah 1
DI Yogyakarta
The Premiere Ambarrukmo Plaza Ambarrukmo, Lantai 3, Jl. Laksda Adisucipto KM 6, Sleman, Yogyakarta 1
The Premiere Empire Jl. Urip Sumoharjo, Yogyakarta 1
The Premiere Jogja City Jogja City Mall, Lantai 2, Jl. Magelang KM 6 No. 18, Sleman, Yogyakarta 1
Jawa Timur
The Premiere Ciputra World Ciputra World Surabaya, Lantai 4, Jl. Mayjen Sungkono No. 89, Surabaya 2
The Premiere Galaxy Mall Galaxy Mall 1, Lantai 3, Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No. 35-39, Surabaya 1
The Premiere Grand City Grand City, Lantai 4, Jl Gubeng Pojok No. 1 Surabaya 1
The Premiere Lenmarc Fairway Nine, Lantai 3, Jl. Mayjen Yono Soewoyo No. 9 Surabaya 1
The Premiere Pakuwon Mall Pakuwon Mall, Lantai 2M, Jl. Puncak Indah Lontar No. 2, Surabaya 2
The Premiere Tunjungan 5 Tunjungan Plaza 5, Lantai 10, Jl. Embong Malang No. 1-21, Surabaya 2
Bali
The Premiere Beachwalk Beachwalk, Lantai 2, Jl. Pantai Kuta, Denpasar, Bali 1
The Premiere Level 21 Mall Level 21, Lantai 4, Jl. Teuku Umar No. 1, Denpasar, Bali 1
The Premiere Living World Denpasar Mall Living World Lantai 2 Jl. Gatot Subroto Tim, Tonja, Denpasar, Bali 1
The Premiere TSM Bali Trans Studio Mall, Lantai 1, Jl. Imam Bonjol No. 440, Denpasar, Bali 1
Nusa Tenggara Barat
The Premiere LEM Lombok Lombok Epicentrum Mall, Lantai 2, Jl. Sriwijaya No. 333, Punia, Lombok, Mataram 1
Sumatera Utara
The Premiere Cambridge City Cambridge City Square, Lantai 2, Jl. S. Parman No. 217, Petisah Tengah, Petisah, Medan, Sumatera Utara 1
The Premiere Centre Point Medan Centre Point, Lantai 3A, Jl. Jawa No. 8, Gang Buntu, Medan Timur, Medan, Sumatera Utara 2
The Premiere Deli Park Deli Park Mall Podomoro, Lantai 5, Jl.Guru Patimpus Blok OPQ No.1, Kesawan, Medan Barat, Medan Sumatera Utara 1
The Premiere Manhattan Jl. Gatot Subroto No. 217, Simpang Jalan Ring Road, Medan, Sumatera Utara 1
The Premiere Ringroad Citywalks Ringroad Citywalks, Lantai 3, Jl. Gagak Hitam No 2, Medan Sunggal, Medan, Sumatera Utara 1
Sumatera Selatan
The Premiere OPI Mall OPI Mall, Lantai 03-01, Jl. Gubernur HA Bastari, Kel. 15 Ulu, Kec. Seberang Ulu 1, OPI,Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan 30257 1
The Premiere PIM Palembang Indah Mall, Jl. Letkol Iskandar No. 18, Palembang 2
Riau
The Premiere Ciputra Seraya Mall Ciputra Seraya, Lantai 4, Jl. Riau No. 58, Pekanbaru 2
The Premiere SKA Mal SKA Lt.5, Jln. Soekarno Hatta, Pekanbaru 2
Jambi
The Premiere Jamtos Jln. Kapten A. Bakaruddin, No. 88 Sipin, Kota Jambi 1
Lampung
The Premiere Mall Kartini Mall Kartini, Lantai 4, Jl. Raden inten No. 49, Bandar Lampung 1
Kepulauan Riau
The Premiere Mega Batam Mega Mall Batam, Lantai 2, Jl. Engku Putri, Batam, Kepulauan Riau 1
Sumatera Barat
The Premiere Transmart Padang Transmart Padang, Lantai 3, Jl. Khatib Sulaiman No.85, Padang 1
Kalimantan
The Premiere Big Mall Big Mall Samarinda, Jl. Untung Suropati No. 8, Samarinda 1
The Premiere e-Walk e-Walk, Lantai 1, Balikpapan Superblock (BSB), Jl. Jenderal Sudirman, Balikpapan 1
The Premiere Pentacity Pentacity, Lantai 2, Balikpapan Superblock (BSB), Jl. Jenderal Sudirman, Balikpapan 1
The Premiere SCP Samarinda Central Plaza, Lantai 5, Jl. Pulau Irian, Samarinda 1
The Premiere Studio Banjarmasin Banjarmasin Duta Mall, Lantai 3, Jl. Ahmad Yani KM 3, Banjarmasin 1
Sulawesi
The Premiere Grand Mal Palu Grand Mal Palu, Lt. 3, Jl. Diponegoro No.77, Palu, Sulawesi Tengah 1
The Premiere Nipah Nipah Mall, Lantai 1, Jl Urip Sumoharjo, Makassar, Sulawesi Selatan 1
The Premiere Panakkukang Mal Panakkukang, Lantai 3, Jl. Boulevard, Makassar, Sulawesi Selatan 1
The Premiere TSM Makassar Trans Studio Mall Makassar, Lantai 2, Makassar, Sulawesi Selatan 1
The Premiere Mantos 3 Manado Town Square 3, Jl. Pierre Tendean Boulevard, Manado 2
Papua
The Premiere Jayapura Mal Jayapura, Lantai 4, Jl. Sam Ratulangi Apo, Bhayangkara, Jayapura 1

IMAX[sunting | sunting sumber]

IMAX pertama yang dibuka oleh 21 Cineplex dibuka di Gandaria City pada tanggal 4 Mei 2012 dengan film The Avengers sebagai film pertama yang diputar. Bioskop IMAX Gandaria City memiliki layar dengan luas 11 x 20 meter dengan kapasitas 391 kursi. Studio IMAX yang kedua dibuka setahun kemudian, berlokasi di Mal Kelapa Gading pada 24 April 2013 dengan film Iron Man 3. Bioskop IMAX Kelapa Gading memiliki layar yang lebih besar dari IMAX Gandaria City dan juga kapasitas tempat duduk yang lebih banyak, dengan 539 kursi. Hanya film-film Hollywood yang diputar di IMAX. Namun, pada tanggal 4 Agustus 2022, film Pengabdi Setan 2: Communion menjadi film Indonesia pertama yang diputar di IMAX.

IMAX Alamat Jumlah Studio Jumlah Kursi
DKI Jakarta
IMAX Gandaria City Gandaria City, Lantai 2, Jl. Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 1 391
IMAX Kelapa Gading Mal Kelapa Gading 3, Lantai 3, Jl. Bulevar Kelapa Gading Blok M, Kelapa Gading, Jakarta Utara 1 539
Banten
IMAX Summarecon Mal Serpong Summarecon Mall Serpong, Lantai 3, Jl. Boulevard Gading Serpong, Tangerang 1 452
IMAX The Breeze BSD The Breeze BSD City, Lt. Dasar, Jl. Grand Boulevard BSD Green Office Park, Tangerang 1 294
IMAX Bintaro Xchange 2 Mall Bintaro Xchange 2, Lantai 1, Jl. Lingkar Jaya No. 24, Pondok Jaya, Pasar Aren, Tangerang Selatan 1 259
IMAX Alam Sutera Mall @ Alam Sutera, Lantai 2, Jl. Jalur Sutera Barat Kav.16, Alam Sutera, Pinang, Tangerang 1 N/A (coming soon)
Jawa Barat
IMAX Summarecon Mal Bekasi Summarecon Mal Bekasi, Lantai 3, Jl. Boulevard Ahmad Yani, Sentra Summarecon Bekasi, Bekasi 1 398
IMAX AEON Mall Sentul City ÆON Mall Sentul City, Lantai 3, Jl. MH. Thamrin, Babakan Madang, Bogor 1 310
IMAX Margo City Mаrgo City, Lantai 3, Jl. Margonda Raya No. 358, Kemiri Muka, Beji, Depok 1 370
IMAX Summarecon Mall Bandung Summarecon Mall Bandung, Lantai 1, Unit 1F - Unit A & A1, Jl. Bulevar Barat No. 75-89, Cisaranten Kidul, Gedebage, Bandung 1 422
IMAX AEON Mall Deltamas ÆON Mall Deltamas, Perumahan Kota Deltamas, Hegarmukti, Cikarang, Bekasi 1 380
Jawa Tengah
IMAX The Park Mall Semarang The Park Mall Semarang Lantai 2 Jl. Madukoro Raya Blok E1 No. 10-11 Semarang 1 253
Jawa Timur
IMAX Tunjungan 5 Tunjungan Plaza 5, Lantai 10, Jl. Basuki Rahmat No. 8-12, Surabaya 1 443
IMAX Pakuwon Mall Pakuwon Mall, Lantai 2M, Jl. Puncak Indah Lontar No. 2, Surabaya 1 394
Sumatera Utara
IMAX Deli Park DeliPark Mall, Lantai 5, Jl. Putri Hijau No. 1, Medan 1 312

Segera Dibuka[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah daftar lokasi bioskop Cinema XXI yang akan segera dibuka:[7]

Jawa[sunting | sunting sumber]

Bali[sunting | sunting sumber]

  • The Icon Bali XXI + The Premiere & IMAX

Sumatra[sunting | sunting sumber]

Mobile Ticketing[sunting | sunting sumber]

Untuk melengkapi kenyamanan para penonton, pihak Cineplex 21 meluncurkan sistem mobile ticketing (m.tix) untuk pemesanan tiket melalui aplikasi di ponsel Android dan IOS serta situs web.

m.tix tersedia di semua bioskop Cinema XXI dan Cinema 21. Penonton dapat langsung menggunakan fasilitas ini di ponsel masing-masing tanpa harus mengantri di loket bioskop. Pembayaran dapat dilakukan dengan m.tix Point dengan biaya admin sebesar Rp1.500 per tiket. Selain m.tix Point, pembayaran juga bisa dilakukan dengan Sakuku, serta Gopay dengan biaya admin sebesar Rp2.500 per tiket.

Selain untuk pemesanan tiket, m.tix juga bisa digunakan untuk pemesanan makanan, minuman, serta camilan lewat layanan M-Food.

Selain dengan m.tix, Cineplex 21 juga bekerjasama dengan aplikasi Tix ID dalam penjualan tiket secara daring. Penonton yang ingin membeli melalui Tix ID dapat melakukan pembayaran dengan dompet digital Dana dan kartu debit yang telah ditautkan di dalam aplikasi dengan biaya admin sebesar Rp4.000 per tiket.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://investasi.kontan.co.id/news/cinema-xxi-akan-gelar-ipo-incar-dana-segar-rp-24-triliun
  2. ^ Artikel:"Selamat Jalan Pak Dwi" di detik.com
  3. ^ "Jumlah Bioskop di Indonesia 2018". Tempo.co. 2020-09-03. Diakses tanggal 2020-10-12. 
  4. ^ Penulis (Spetember 26, 2020). "Awal Mula Bioskop 21 di Indonesia". Cinema 21. Diakses Pada Tanggal 06 November 2022.
  5. ^ "First XXI cineplex closes after 10 years". 2 Juli 2014. 
  6. ^ "Sembari Selonjor, Nonton Film". Tempo. Vol. 31 (edisi ke-3). 2002-03-24. hlm. 135. Diakses tanggal 2022-07-14. 
  7. ^ "Indonesian Cinemas | Bioskop di Indonesia". SkyscraperCity Forum (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-22. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]