Gunung Argapura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Argopuro)
Lompat ke: navigasi, cari
Gunung Argopuro
Gunung Argopuro 1.jpg
Ketinggian 3.088 m (10.131 ft)[1]
Puncak 2.745 m (9.006 ft)
Daftar Ribu
Lokasi
Gunung Argopuro berlokasi di Jawa
Gunung Argopuro
Gunung Argopuro
Jawa Timur, Indonesia
Jajaran Iyang-Argopuro
Koordinat 7°58′LS 113°34′BT / 7,97°LS 113,57°BT / -7.97; 113.57
Geologi
Jenis Kompleks gunungapi (Istirahat)
Usia batuan Holosin
Pendakian
Rute termudah Baderan dan Bermi
Pemandangan Kompleks Iyang-Argapura.

Gunung Argapura (sering dieja Gunung Argopuro) adalah sebuah gunung berapi kompleks yang terdapat di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Argapura mempunyai ketinggian setinggi 3.088 meter. Gunung Argapura merupakan bekas gunung berapi yang kini sudah tidak aktif lagi.

Gunung ini berada kawasan Suaka Margasatwa Pegunungan Yang, sehingga kompleks ini sering disebut Yang-Argapura. Kompleks Yang-Argapura merupakan kompleks gunung berapi raksasa yang mendominasi bentang alam antara Gunung Raung dan Gunung Lemongan di Jawa Timur, Indonesia. Di kompleks ini terdapat untaian lembah sedalam 1.000 m. Pendakian Gunung Argapura memang terbilang memberikan tantangan tersendiri, pasalnya meskipun hanya memiliki ketinggian sekitar 3.088 mdpl, namun jalur pendakiannya cukup panjang. Tak heran jika disebut trek pendakian terpanjang di Pulau Jawa yaitu sekitar 63 Km.

Gunung Argapura merupakan puncak tertinggi dari Pegunungan Iyang serta berada pada posisi di antara Gunung Semeru dan Gunung Raung. Ada beberapa puncak yang dimiliki oleh gunung ini. Puncak yang terkenal bernama Puncak Rengganis / Welirang (topografichen Dienst 1928). Sedangkan puncak tertingginya berada pada jarak ± 200 m di arah selatan puncak Rengganis. Puncak tertinggi ini bernama Argopuro dan ditandai dengan sebuah tugu ketinggian (triangulasi).

Gunung Argopuro mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Gunung ini berada dalam wilayah Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Situbondo, dengan puncak Rengganis ada di wilayah Kabupaten Jember. Di kawasan Puncak Rengganis konon menurut cerita masyarakat sekitar bermukim Dewi Rengganis, adik dari Nyi Roro Kidul.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Iyang-Argapura". Global Volcanism Program. Smithsonian Institution. Diakses tanggal 2006-12-28. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]