Suku Lamalera

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lamalera
Ata Lamalera
Pemburu paus tradisional Lamalera.
Jumlah populasi
4.000 (2008)[1]
Daerah dengan populasi signifikan
Kabupaten Lembata
Bahasa
Lamalera dan Lamaholot
Agama
Katolik (mayoritas), Islam (minoritas)
Kelompok etnik terkait
Lamaholot

Suku Lamalera adalah kelompok etnis yang mendiami Pulau Lembata bagian selatan.[2] Secara administratif, suku ini tersebar di desa Lamalera A, Lamalera B, dan beberapa desa sekitarnya di kecamatan Wulandoni, Kabupaten Lembata. Bahasa asli yang digunakan suku ini adalah bahasa Lamalera, serta bahasa Lamaholot yang berfungsi sebagai lingua franca di daerah tersebut.[3] Meskipun kerap disebut sebagai suku tersendiri, umumnya suku Lamalera oleh para antropolog dikelompokkan sebagai sub-suku di dalam kelompok etnis Lamaholot sehingga alih-alih disebut 'suku', orang di Lembata umumnya menyebutnya dengan sebutan 'orang Lamalera', merujuk pada kelompok etnis yang mendiami wilayah selatan pulau Lembata.[4]

Suku Lamalera adalah salah satu dari dua masyarakat pemburu paus terkenal di Kepulauan Sunda Kecil, selain Lamakera yang mengklaim sebagai pemburu paus tertua di Indonesia.[5]

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Jika ditafsir berdasarkan kesamaan bunyi kata, "Lamalera" berasal dari kata lam'a (dialek Lamalera) atau lamak (dialek Adonara) yang berarti 'piring' atau 'wadah', dan lera atau rera yang berarti 'matahari' atau juga berarti 'daun dadap'. Berdasarkan sejarahnya, setibanya mereka di tempat yang saat ini disebut Lamalera mereka menemukan daun dadap dan mereka mempergunakannya sebagai lam'a (piring atau wadah).[6]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Peta persebaran etnis dan bahasa Lamalera di Pulau Lembata.

Menurut Ambrosius Oleona dan Pieter Tedu Bataona, asal-usul masyarakat Lamalera bukan berasal dari keturunan penduduk asli Pulau Lembata. Berdasarkan sejarah dan syair yang diwariskan secara turun-temurun yang disebut sebagai lia asa-usu ("syair asal-usul"), nenek moyang masyarakat di Lamalera berasal dari Tanah Luwuk hingga mencapai selatan Pulau Lembata dan kemudian menetap hingga turun-temurun. Hal ini terlihat dari ciri fisik yang dimiliki oleh orang Lamalera yang memiliki kemiripan dengan orang-orang dari Sulawesi Tengah khususnya suku Banggai.[7] Nenek moyang masyarakat Lamalera ini datang sekitar 500 tahun lalu. Sebelumnya nenek moyang masyarakat Lamalera lebih dulu mengikuti perjalanan armada Gajah Mada menuju perairan Halmahera hingga sampai ke Semenanjung Bomberai, kemudian mereka memutar haluan ke arah selatan yaitu menuju Pulau Seram, Gorom, Ambon, Banda, Timor, dan akhirnya mendarat di Pulau Lembata. Kepindahan nenek moyang masyarakat Lamalera dari Tanah Luwuk ini dilatarbelakangi oleh adanya serangan dan penaklukan kerajaan di Tanah Luwuk oleh Majapahit pada masa pemerintahan Hayam Wuruk. Kelompok yang melakukan migrasi inilah yang menjadi asal-usul terbentuknya 5 marga di dalam masyarakat Lamalera, yakni Bataona, Blikololong, Lamanudek, Tanakrofa, dan Lefotuka.[2] Marga-marga awal ini kemudian menurunkan kurang lebih sebanyak 19 marga yang saat ini menjadi bagian dari masyarakat adat Lamalera.[8] Sebagai contoh, marga Bataona menurunkan marga Bediona dan Batafor, sementara marga Lefotuka (disebut juga Lewotukan) menurunkan marga Dasion dan Kedang. Marga Kedang dalam sub-marga Lewotukan (dalam beberapa catatan dieja sebagai Kéda) berbeda dan tidak memiliki hubungan dengan suku Kedang (Edang) yang berdomisili di bagian timur pulau Lembata.[9]

Pemerintahan adat di Lamalera dijalankan dalam sistem lika-telo ('tiga tungku') yang diwakili oleh marga Blikololong, Bataona, dan Lewotukan. Urusan administratif terkait Lamalera pada sistem ini, terutama pada masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda diwakili oleh marga Lewotukan dengan istilah kakang yang mengepalai wilayah Lamalera. Kakang yang pernah tercatat adalah Muran Kedang dan Bao Dasion.[4][10] Pada masa pemerintahan Republik Indonesia, urusan pemerintahan administratif diwakili oleh seorang kepala desa, namun keberadaan lika-telo tetap memiliki peran utama dalam budaya masyarakat Lamalera, terutama terkait tradisi perburuan paus.

Suku ini terkenal dengan tradisi berburu paus sperma (baleo) yang dikenal sebagai leva nuang yang sudah dilakukan sejak abad ke-16 hingga ke-17.[11][12] Catatan Portugis telah menyebutkan adanya masyarakat di Lembata yang berburu paus dengan cara tradisional.[13] Tradisi ini dilakukan pada musim menangkap ikan pada bulan Mei yang dikenal dengan sebutan lewa. Mereka menaiki kapal tradisional yang disebut peledang untuk berburu paus.[2] Masyarakat Lamalera memiliki legenda tentang seekor paus sperma putih yang dikenal sebagai Timor Tom. Dalam novel Moby-Dick karya Herman Melville, ia dideskripsikan sebagai makhluk luar biasa yang memiliki hubungan signifikan dengan pemburu paus sperma tradisional Lamalera. Dalam kepercayaan mereka, paus sperma putih berfungsi sebagai penjaga perahu dan kapal, serta pengawas konstruksi dan konsepsi mereka. Thomas Beale menganggap Timor Tom sebagai 'protagonis dari banyak kisah aneh'.[14]

Agama[sunting | sunting sumber]

Gereja Katolik St. Petrus-Paulus di desa Lamalera A.

Masyarakat Lamalera umumnya menganut agama Katolik. Ini tercermin dalam tradisi Misa Leva untuk memohon restu kepada tuhan atas musim leva yang akan berlangsung pada tanggal 2 Mei–30 September setiap tahunnya.[15] Sedangkan Islam mendominasi di wilayah pesisir.[16]

Tokoh terkenal[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bahasa Lamalera di Ethnologue (ed. ke-18, 2015)
  2. ^ a b c Setyaningrum, Puspasari (11 Februari 2023). "Mengenal Tradisi Berburu Paus Nelayan Lamalera di Nusa Tenggara Timur". denpasar.kompas.com. Diakses tanggal 2 Januari 2024. 
  3. ^ Lamalera Speaking Peoples - Joshua Project
  4. ^ a b Blikololong, J. B. (2010). DU-HOPE DI TENGAH PENETRASI EKONOMI UANG: Sebuah Kajian Sosiologis Terhadap Sistem Barter di Lamalera, Nusa Tenggara Timur. Universitas Indonesia. 
  5. ^ VOA-Islam, Kupang (28 November 2011). "Nelayan Pemburu Ikan Paus Itu Berasal dari Masyarakat Muslim Lamakera". www.voa-islam.com. Diakses tanggal 3 Januari 2024. 
  6. ^ B. Baowollo, Robert (23 Mei 2022). "Menakar Kata 'Lama' Dalam Etnologi Lamaholot". www.eposdigi.com. Diakses tanggal 2 Januari 2024. 
  7. ^ Alfiani, Yuli (21 November 2016). "Letak Geografis Suku Lamalera". id.scribd.com. Diakses tanggal 2 Januari 2024. 
  8. ^ Kalim, Nurdin (27 Agustus 2008). "Rekonsiliasi di Tanah Matahari". www.datatempo.co. Diakses tanggal 2 Januari 2024. 
  9. ^ Barnes, R. (1996). Sea Hunters of Indonesia: Fishers and Weavers of Lamalera. Clarendon Press. 
  10. ^ "Satu-Dua Catatan Tentang Lembata Pembuka Percakapan". 2022-09-01. Diakses tanggal 2024-01-06. 
  11. ^ Tifani (29 April 2023). "Tradisi Berburu Paus Jadi Bukti Ketangguhan Nelayan Lamalera". www.liputan6.com. Diakses tanggal 2 Januari 2024. 
  12. ^ Atmodjo, Kanty (12 Juli 2023). "Lamalera, Suku Pemburu Paus di Indonesia yang Mendunia". www.inilah.com. Diakses tanggal 2 Januari 2024. 
  13. ^ Kosti, Taksi (28 Juni 2018). "Wisata Lamalera". kostisolo.co.id. Diakses tanggal 2 Januari 2024. 
  14. ^ "Timor Tom Tim Jack White Sperm Whale". www.mobydick-hermanmelville.com. Diakses tanggal 2 Januari 2024. 
  15. ^ Artanegara (1 Februari 2018). "Tinggalan Arkeologi Di Kampung Adat Lamalera, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur". kebudayaan.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 2 Januari 2024. 
  16. ^ Pati Herin, Francis; Arif, Ahmad (1 Februari 2018). "Uang Bukan Segalanya di Pasar Wulandoni". www.kompas.id. Diakses tanggal 2 Januari 2024. 
  17. ^ Lembata, HRC (25 April 2023). "Leva Alep Lamalera Panggil Pulang, Vivick Tjangkung Jadi Lamafa". www.kompas.id. Diakses tanggal 2 Januari 2024.