Suku Wolani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Orang Wolani
Orang Wodani
Jumlah populasi
6.920[1]
Daerah dengan populasi signifikan
 Indonesia (Papua)
Bahasa
Bahasa Wolani, Bahasa Indonesia
Agama
Animisme (mayoritas), Kekristenan
Etnis terkait
Suku Ekari, Suku Moni

Wolani atau Wodani adalah kelompok etnis di Kabupaten Paniai (sebelumnya Irian Jaya) dari Papua Barat (bagian barat pulau New Guinea). Berjumlah sekitar 5.000 orang pada tahun 1992, mereka adalah petani yang tinggal di dataran tinggi tengah timur laut Danau Paniai, di sepanjang sungai Kemandoga dan Mbiyandogo. Banyak Wolani masuk Kristen tetapi, seperti di tempat lain di Indonesia, mereka mempertahankan agama tradisional mereka. Mereka berbicara bahasa Wolani, yang berafiliasi dengan cabang barat bahasa Trans–Nugini,[2] mirip dengan bahasa Ekari dan bahasa Moni di dekatnya.

Tidak jelas apakah Wolani adalah subkelompok dari orang Lani. Ada beberapa ketidaktepatan dalam klasifikasi budaya di wilayah ini, dengan orang Lani sering diidentikkan dengan kelompok yang lebih besar, orang Dani.

Representasi di Media[sunting | sunting sumber]

  • The Wolani Shells adalah film tahun 2005 oleh pembuat film Inggris Alastair Kenneil.[3] Pada tahun 2005, National Geographic menayangkan film tersebut sebagai Tribal Odyssey: The Wolani Shells (Musim 1, Episode 2 dari seri Tribal Odyssey).[4]
  • Lagu Wolani, Troisième soir, Les Wolani à Ebugangwe - Yohi-Yaya-O, calme, muncul dalam kumpulan musik daerah, Les Dani de Nouvelle Guinée Volume 1.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Wolani in Indonesia". Joshua Project. Diakses tanggal 2014-09-18. 
  2. ^ Templat:Ethnologue20
  3. ^ Kenneil, Alastair (2005-03-10), The Wolani, diakses tanggal 2018-04-17 
  4. ^ "Tribal Odyssey: The Wolani, West Papua". www.thetvdb.com. Diakses tanggal 2018-04-17.