Kepemilikan bersama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Templat:Sistem ekonomi sidebar


Kepemilikan bersama atau kepemilikan umum,[butuh rujukan] merujuk pada kepemilikan aset organisasi, perusahaan, atau masyarakat yang tidak terbagi, bukan dengan atas nama anggota individual atau kelompok anggota, seperti dalam properti bersama. Bentuk kepemilikan bersama ada dalam setiap sistem ekonomi.

Kepemilikan bersama atas semua alat produksi dianjurkan oleh komunis dan sebagian sosialis. Prinsip dalam kepemilikan semua alat produksi secara bersama dengan akses bebas terhadap keluarannya adalah ciri khas dari masyarakat komunis. Penganjurnya membuat perbedaan antara kepemilikan kolektif dan properti umum; yang pertama merujuk pada properti yang dimiliki bersama dengan kesepakatan antar sesama kolega, seperti dalam koperasi produsen, sedangkan yang kedua merukuk pada aset dengan akses terbuka secara penuh, seperti taman publik yang tersedia secara gratis bagi semua (commons).[1][2]

Kepemilikan bersama dan sosialisme[sunting | sunting sumber]

Templat:Komunisme sidebar Banyak gerakan sosialis menganjurkan kepemilikan bersama atas alat produksi oleh seluruh masyarakat sebagai tujuan akhir yang harus dicapai melalui pengembangan kekuatan produktif, meski banyak sosialis mengklasifikasikan sosialisme sebagai kepemilikan publik atas alat produksi, menempatkan "kepemilikan bersama" untuk apa yang Karl Marx istilahkan sebagai "komunisme tahap atas". Dari analisis Marxis, masyarakat yang berbasis pada kelimpahan barang dan kepemilikan bersama atas alat produksi akan menghilangkan dasar kelas atas kepemilikan properti produktif.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Public Ownership and Common Ownership, Anton Pannekoek, Western Socialist, 1947. Transcribed by Adam Buick.
  2. ^ Holcombe, Randall G. (2005). "Common Property in Anarcho-Capitalism" (PDF). Journal of Libertarian Studies. 19 (2): 10.