Gerakan Sosialis Dunia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Templat:Third party


Gerakan Sosialis Dunia (World Socialist Movement, WSM) adalah organisasi internasional partai-partai sosialis yang didirikan pada 1904 dengan pembentukan Partai Sosialis Britania Raya. Partai-partai anggota memiliki kesamaan pandangan terhadap [[Marxis klasik dan kesetiaan terhadap sosialisme sebagai sistem ekonomi yang berbeda dengan kapitalisme. Hasilnya, partai Gerakan Sosialis Dunia memiliki perbedaan tajam dengan partai politik demokrat sosial dan gerakan Marxis-Leninis. Berbeda dengan partai-partai demokrat, partai Sosialis Dunia tidak mengejar reformasi sosial dan ekonomi kapitalisme, tidak juga mengejar jabatan politik di politik pemilihan, dan juga tidak berfokus pada permasalahan progresif. Mereka percaya bahwa tindakan tersebut tidak relevan terhadap tujuan fundamental sosialisme. Berbeda dengan partai-partai Komunis Marxis-Leninis, mereka tidak menganut teori imperialisme, vanguardisme dan sentralisme demokratik, percaya bahwa praktik tersebut bersifat antitesis terhadap realisasi sosialisme.

Partai Sosialis Dunia Amerika Serikat (World Socialist Party of the United States, WSPUS) mendefinisikan sosialisme sebagai masyarakat tanpa uang yang berdasarkan pada kepemilikan umum atas alat produksi, produksi untuk penggunaan, dan relasi sosial yang berdasarkan pada asosiasi kooperatif dan demokratis, berkebalikan dengan hierarki birokratis. Selain itu, WSPUS termasuk tanpa negara, tanpa kelas dan penghapusan kerja upah sebagai karakteristik masyarakat sosialis—karakteristik yang biasanya digunakan untuk menjelaskan masyarakat komunis.

Publikasi[sunting | sunting sumber]

World Socialist adalah jurnal yang terbit dua kali setahun yang diproduksi oleh internasional sejak 1983 sampai 1987. Jurnal ini merupakan terbitan satu-satunya dari internasional sampai saat ini (World Socialism 69 adalah publikasi multibahasa oleh Partai Sosialis Britania Raya). Western Socialist Journal diterbitkan sejak 1933 sampai 1980, tapi sejak 1939 melibatkan dua partai rekanan di Amerika Utara. Socialist Comment melibatkan setidaknya dua partai rekanan di Australasia.

Radio[sunting | sunting sumber]

Partai Sosialis Dunia Selandia Baru menjalankan program Radio Imagine dari Manurewa, Auckland, yang menjadi satu-satunya stasiun radio sosialis berbahasa Inggris di dunia.[butuh rujukan]

Partai rekanan[sunting | sunting sumber]

Semua partai, kecuali Austrian BDS, mulai sebagai cabang dari Partai Sosialis Britania Raya; anggota WSM di negara yang tanpa partai rekanan, secara aturan sebagai anggota SPGB. Gerakan ini termasuk di antaranya:

Partai dibawah ini pada satu waktu menjadi partai rekanan WSM, tapi kemudian berhenti berafiliasi atau dikeluarkan, yaitu:

Sebuah kelompok eksis di Swedia, dengan nama Världsocialistiska gruppen. Proletarian Party[perlu disambiguasi] mengadopsi Object and Declaration of Principles of the SPGB.[butuh rujukan]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]