Tipe sosialisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Kata sosialisme merujuk pada berbagai macam teori dan sistem sosial politik, dan telah tigunakan oleh banyak gerakan politik sepanjang sejarah untuk menjelaskan dirinya dan tujuannya, sehingga menghasilkan banyak tipe sosialisme. Sebagian yang menggambarkan dirinya sebagai sosialis menggunakan istilah sosialisme untuk merujuk pada berbagai hal, seperti sistem ekonomi, tipe masyarakat, pandangan filsafat, gabungan nilai moral dan gagasan, atau bahkan jenis tertentu karakter manusia.

Beberapa definisi sosialisme sangat samar, [1] sementara lainnya sangat spesifik sampai mereka hanya melingkupi minoritas kecil dalam apa yang telah dijelaskan sebagai "sosialisme" di masa lalu. Sudah ada banyak gerakan politik yang menyebut dirinya sebagai sosialis di bawah beberapa definisi istilah ini; artikel ini berusaha untuk mendaftar semuanya. Beberapa interpretasi di bawah ini saling eksklusif, dan semuanya telah menghasilkan debat tentang arti sosialisme yang sebenarnya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Boyle, James. "What is Socialism?", The Shakespeare Press, 1912. pp. 35. Boyle mengutip Pierrerismo Joseph Proudhon dengan menyatakan bahwa sosialisme adalah "setiap aspirasi menuju perbaikan masyarakat", dan kemudian mengakui bahwa, di bawah definisi seperti ini, "kita semua adalah sosialis."

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]