Cornelius Castoriadis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Cornelius Castoriadis
Castoriadis oleh Pablo Secca
Lahir 11 Maret 1922
Konstantinopolis (kini Istanbul), Kekaisaran Ottoman
Meninggal 26 Desember 1997 (umur 75)
Paris, Perancis
Era Filsafat abad ke-20
Aliran Marxisme · Pascamarxisme · Pascastrukturalisme
Minat utama politik · etika · epistemologi · metafisika · psikanalisa · estetika · sejarah · ekonomi
Gagasan penting imaginaire, sosial-sejarah, kreasi dan otokreasi, magma, logika kumpulan-jati diri

Cornelius Castoriadis (Κορνήλιος Καστοριάδης) (lahir di Istanbul, 11 Maret 1922 – meninggal di Paris, 26 Desember 1997 pada umur 75 tahun) adalah seorang filsuf, ekonom dan ahli psikoanalisa asal Yunani namun menghabiskan sebagian besar waktu hidup hingga meninggalnya di Perancis.

Tahun 1949, bersama dengan Claude Lefort, ia mendirikan sebuah kelompok bernama Socialisme ou barbarie ("sosialisme atau kebiadaban"), yang menerbitkan majalah dengan nama yang sama. Kelompok ini membubarkan diri pada tahun 1967. Buku karangan Castoriadis antara lain adalah L'institution imaginaire de la société (1975) atau " dan Carrefours du labyrinthe (6 jilid) atau "Persimpangan Labirin". Castoriadis mengerahkan sebagian besar pemikirannya pada wawasan "autonomi", yang berasal dari dua kata Bahasa Yunani yaitu hukum (nomia) dan diri sendiri (auto). Dengan begitu, menurut Castoriadis, masyarakat yang autonom merupakan masyarakat yang menentukan hukumnya sendiri. Dia mengusulkan suatu rencana masyarakat yang memperjuangkan autonomi individu dan kelompok melalui demokrasi yang "radikal", yang dia bedakan dengan "heteronomi", yaitu hukum oleh "yang lain" (heteros). Masyarakat heteronomi baginya adalah masyarakat yang hukumnya masih ditentukan oleh oknum lain selain masyarakat itu sendiri. Contohnya adalah masyarakat beragama dan masyarakat tradisional tetapi juga masyarakat dengan sistem kapitalis dan sistem Uni Soviet (yang dia anggap sebagai suatu kapitalisme sentralisasi atau "kapitalisme negara").

Karya Castoriadis menonjolkan keahlian di bidang yang beragam yang membuatnya menjadi menarik. Bidang-bidang tersebut antara lain : epistemologi, antropologi, politik, ekonomi, sejarah, dan juga psikoanalisa.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Castoriadis bersama koreografer Clara Gibson Maxwell

Castoriadis lahir tahun 1922 di Konstantinopolis, nama yang sebagai orang Yunani ebih suka ia pakai daripada "Istanbul" (sampai berakhirnya khalifa tahun 1923, orang Ottoman sendiri masih memakai nama "Kostantiniyye", bahasa Turki untuk nama Yunani "Konstantinoupolis"). Castoriadis datang ke Perancis di tahun 1946. Ia menjadi ekonom di OECD dari tahun 1948 sampai 1970.

Casoriadis masuk organisasi trotskis yaitu Partai Komunis Internasionalis (PCI, anggota dari Internasional ke-4). Bulan Agustus 1946, bersama Claude Lefort (yang juga dikenal sebagai "Montal"), dia mendirikan aliran minoritas "Chaulieu-Montal" ("Chaulieu" adalah salah satu nama samaran Castoriadis). Di tahun 1949 kelompok tersebut meninggalkan PCI untuk mendirikan kelompok swadaya dengan nama "Socialisme ou Barbarie" ("sosialisme atau kebiadaban"). Majalah dengan nama yang sama juga diciptakan, yang terbitan perdananya keluar pada Maret 1949.

Pada November 1956, setelah peristiwa Revolusi Hongaria, Castoriadis bersama dengan anggota lainnya dari Socialisme ou Barbarie (termasuk diantaranya Lefort) berpartisipasi dalam perkumpulan internasional intelektual revolusioner. Termasuk juga anggota dari perkumpulan ini adalah Georges Bataille, André Breton, Michel Leiris, Edgar Morin et Maurice Nadeau.

Pada 1958, group Socialisme ou Barbarie mengalami perpecahan mengenai pendirian suatu organisasi revolusioner. Claude Lefort et Henri Simon keluar dari grup tersebut untuk mendirikan ILO yang kemudian akan menjadi ICO atau Informasi dan Korespondensi Para Buruh. Castoriadis tetap bertahan dengan kelompok Socialisme ou Barbarie. Perpecahan yang selanjutnya terjadi pada tahun 1963.

Pada 13 Maret 1964, Castoriadis menggelar konferensi dengan tema "Marxisme dan teori revolusioner" dan pada 15 Mei menggelar konferensi mengenai pertanyaan: "Apa arti menjadi revolusioner pada masa kini?"

Mulai 1964, dia menjadi anggota Mazhab Freud di Paris (EFP), yang didirikan Jacques Lacan, yang dia akan tantang mulai tahun 1967.

Tahun 1967, kelompok Socialisme ou Barbarie secara resmi membubarkan diri.

Tahun 1968, Castoriadis menikah dengan Piera Aulagnier. Tahun 1969, dia keluar dari EFP. Ia berpartisipasi dalam pelatihan yang diadakan oleh Organisasi Psikoanalisa Berbahasa Perancis. Ia memulai analisa didaktik yang kedua bersama Jean-Paul Valabrega.Ia kemudian berpraktik sebagai analis sejak tahun 1973.

Makam Castoriadis di kuburan Montparnasse

Castoriadis juga tertarik pada riset filsafat. Pada akhir tahuan 1970, berangkat dari buku karya François Roustang berjudul Un destin si funeste atau "Sebuah Takdir yang Begitu Fatal". Ia menulis dalam jurnal Topique sebuah artikel panjang melawan pemikiran strukturalisme, juga melawan Michel Foucault, Roland Barthes, Louis Althusser, Gilles Deleuze dan Félix Guattari.

Tahun 1980, dia diangkat sebagai direktur studi di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial di Paris atau EHESS.

Castoriadis meninggal tanggal 26 Desember 1997 dan dimakamkan di kuburan Montparnasse (divisi ke-6).

Rujukan[sunting | sunting sumber]