Sosialisme negara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Templat:Kapitalisme

Sosialisme negara adalah sebuah klasifikasi untuk sudut pandang ekonomi dan politik sosialis manapun yang mengadvokasikan kepemilikan negara terhadap alat produksi sebagai ukuran temporer dalam transisi dari kapitalisme ke sosialisme, atau sebagai karakteristik sosialisme itu sendiri.[1] Istilah tersebut seringkali digunakan, terkadang disandingkan dengan kapitalisme negara dalam rujukan kepada sistem ekonomi negara-negara Marxis–Leninis seperti Uni Soviet untuk menyoroti peran perencanaan negara dalam ekonomi, dengan para kritikus menyatakan bahwa sistem tersebut lebih umum disebut sebagai "kapitalisme negara".[2] Kaum sosialis libertarian dan demokrat mengklaim bahwa negara0negara tersebut hanya memiliki sejumlah karakteristik sosialis yang terbatas.[3][4][5] Namun, kaum Marxis-Leninis menyatakan bahwa para buruh di Uni Soviet dan negara-negara Marxis-Leninis lainnya telah mengendalikan alat produksi melalui lembaga-lembaga seperti serikat-serikat dagang.[6]

Sosialisme negara berseberangan dengan sosialisme libertarian, yang menyangkal pandangan bahwa sosialisme dapat dibangun dengan menggunakan lembaga-lembaga negara yang telah ada atau oleh kebijakan-kebijakan pemerintah. Sebaliknya, tujuan sosialisme negara mengklaim bahwa negara, melalui praktik yang dilakukan oleh pemerintah, harus memainkan setidaknya bagian temporer dalam pembangunan sosialisme. Hal ini memungkinkan untuk mewujudkan sebuah negara demokratis yang memiliki alat produksi namun secara internal diselenggarakan dalam partisipatori, mode kerja sama, sehingga mencapai kepemilikan sosial properti produktif sekaligus demokrasi tempat kerja dalam operasi sehari-hari.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "State Socialism and Anarchism". Retrieved November 7, 2011, from Panarchy.org: http://www.panarchy.org/tucker/state.socialism.html
  2. ^ Ellman, Michael (2014). Socialist Planning, Third Edition. Cambridge University Press. hlm. 11. ISBN 1107427320. Accordingly, after World War II the Soviet model was adopted throughout the state-socialist world.  Hapus pranala luar di parameter |title= (bantuan)
  3. ^ 'State Capitalism' in the Soviet Union, M.C. Howard and J.E. King
  4. ^ Noam Chomsky (1986). The Soviet Union Versus Socialism. Our Generation. Retrieved 20 October 2015.
  5. ^ Richard D. Wolff (27 June 2015). Socialism Means Abolishing the Distinction Between Bosses and Employees. Truthout. Retrieved 9 July 2015.
  6. ^ Mick Costello. Workers' Participation in the Soviet Union. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Berlau, A Joseph (1949), The German Social Democratic Party, 1914–1921, New York: Columbia University Press .