Sosialisme di Hong Kong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Sosialisme di Hong Kong telah sering kali diasosiasikan dengan Partai Komunis China sampai dengan 1980-an dan telah berada dalam satu spektrum luas kamp prodemokrasi yang sering kali dibentuk oleh liberalisme.

Kiri 21[sunting | sunting sumber]

Kelompok kecil sosialis, Kiri 21, muncul setelah kegagalan gerakan masif anti-Guangzhou–Shenzhen–Hong Kong Express Rail Link (XRL), karena faksi sayap kiri tidak setuju dengan kekurangan diskursus kelas dalam kepemimpinan gerakan. Kelompok ini memulai Occupy Central selama satu tahun, bagian dari gerakan Occupy Wall Street, di plaza di bawah kantor utama HSBC dari tahun 2011 sampai 2012. Mereka juga bergabung dalam pemogokan dermaga di Terminal Kontainer Kwai Tsing yang diorganisir Konfederasi Serikat Pekerja Hong Kong. Pemogokan ini menjadi aksi industrial terlama di Hong Kong dalam beberapa tahun kebelakang.

Partai Buruh[sunting | sunting sumber]

Pada 2011, empat legislator petahana, Lee Cheuk-yan dari Konfederasi Serikat Pekerja Hong Kong, Cyd Ho dari Civic Act-up dan Cheung Kwok-che dari Serikat Umum Pekerja Sosial Hong Kong, mendirikan Partai Buruh dalam permasalahan hak buruh, imigran baru, etnis minoritas dan lingkungan untuk Pemilihan umum legislatif Hong Kong 2012. Partai Buru mendapatkan empat kursi dalam pemilihan, setelah mendapat empat persen suara.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Ideologi lain di Hong Kong[sunting | sunting sumber]