Feminisme sosialis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search


Feminisme sosialis bangkit pada 1960-an dan 1970-an sebagai cabang dari gerakan feminis dan Kiri Baru yang berfokus pada saling keterkaitan antara patriarki dan kapitalisme.[1] Feminis sosialis berpendapat bahwa pembebasan hanya dapat dicapai dengan mengakhiri sumber ekonomi dan budaya dari penindasan perempuan.[2] Feminisme sosialis merupakan teori dua cabang yang meluaskan argumen Feminisme Marxis atas peran kapitalisme dalam penindasan perempuan dan teori feminisme radikal atas peran gender dan patriarki. Feminis sosialis menolak klaim utama feminisme radikal yang menyatakan bahwa patriarki adalah satu-satunya sumber utama penindasan perempuan.[3] Feminis sosialis menegaskan bahwa perempuan tidak dapat bebas karena ketergantungan finansialnya terhadap laki-laki. Perempuan adalah subjek dari kekuasaan laki-laki dalam kapitalisme atas alasan ketidakseimbangan kekayaan. Mereka melihat ketergantungan ekonomi sebagai penyebab utama penaklukan perempuan kepada laki-laki. Lebih lanjut, feminis sosialis melihat pembebasan perempuan sebagai bagian penting dari tujuan yang lebih besar untuk keadilan sosial, ekonomi dan politik. Feminis sosialis berusaha mengintegrasikan perjuangan untuk pembebasan perempuan dengan perjuangan melawan sistem penindas lain yang berdasarkan pada ras, kelas atau status ekonomi.[4]

Teoritikus[sunting | sunting sumber]

Kelompok feminis sosialis[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lapovsky Kennedy, Elizabeth (2008). "Socialist Feminism: What Difference Did It Make to the History of Women's Studies?". Feminist Studies. 34 (3). 
  2. ^ What is Socialist Feminism?, diakses pada 28 Mei 2007.
  3. ^ Buchanan, Ian. "Socialist Feminism." A Dictionary of Critical Theory. Oxford Reference Online. Oxford University Press. Web. 20 October 2011.
  4. ^ "Socialist Feminism vs. Other Types of Feminism". ThoughtCo. Diakses tanggal 2017-03-16. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]