Portal:Sosialisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Budaya
Budaya
Filsafat
Filsafat
Geografi
Geografi
Ilmu
Ilmu
Indonesia
Indonesia
Masyarakat
Masyarakat
Matematika
Matematika
Sejarah
Sejarah
Seni
Seni
Teknologi
Teknologi
Tokoh
Tokoh

sunting   

Portal Sosialisme

Red flag II.svg
Sosialisme merujuk pada satu set sistem ekonomi ketika alat-alat produksi dan distribusi berada dalam kepemilikan sosial. Manajemen dalam institusi ekonomi berdasarkan pada pembuatan keputusan secara kolektif atau manajemen mandiri pekerja, dan ekonominya terutama diarahkan pada 'produksi untuk digunakan'. Sosialisme juga merujuk pada tatanan yang luas ideologi dan ideologi dan gerakan politik yang bertujuan untuk mencapai bentuk sistem sosial-ekonomi sosialis. Pengaturan produksi dapat secara langsung--dijalankan atas kepentingan kolektif seperti dewan pekerja--atau tidak langsung--dijalankan atas nama rakyat melalui negara. Sebagai sistem ekonomi, sosialisme sering ditandai dengan kepemilikan oleh negara, pekerja, atau masyarakat atas alat produksi. Ini menjadi tujuan yang disematkan, dan dinyatakan oleh banyak partai politik sepanjang sejarah. Bagi Karl Marx, yang membantu mendirikan dan mendefinisikan gerakan sosialis modern, sosialisme dapat menjadi sistem sosial-ekonomi yang bangkit setelah revolusi proletarian, ketika alat-alat produksi dimiliki bersama oleh kelas pekerja sehingga surplus produk yang dihasilkan akan digunakan untuk kepentingan seluruh masyarakat, dan ekonomi tidak lagi terstruktur pada hukum nilai.
sunting   

Artikel pilihan

Logo pertama yang digunakan IWA Spanyol.
Asosiasi Pekerja Internasional (Inggris: International Workingmen's Association, IWA), 1864-1876, sering disebut Internasional Pertama, adalah organisasi internasional yang bertujuan untuk menyatukan berbagai macam kelompok politik sosialis sayap kirikomunis dan anarkis, dan organisasi serikat pekerja yang didasarkan pada kelas pekerja dan perjuangan kelas. Didirikan tahun 1864 pada pertemuan pekerja yang diselenggarakan di St Martin Hall, London. Kongres pertamanya dilangsungkan pada 1866 di Jenewa.

Di Eropa, terjadi periode reaksi keras setelah meluasnya Revolusi 1848. Tahap penting selanjutnya dari aktivitas revolusioner dimulai hampir dua puluh tahun kemudian dengan berdirinya IWA pada 1864. Pada masa puncaknya, IWA dilaporkan memiliki 8 juta anggota, sementara polisi melaporkan 5 juta.


sunting   

Biografi pilihan

Potret Hugo Chávez
Hugo Rafael Chávez Frías (lahir 28 Juli 1954 – 5 Maret 2013) adalah Presiden Venezuela ke-56, menjabat selama 14 tahun dari 1999 sampai kematiannya pada 2013. Menurut ideologi politiknya, Bolivarianisme dan "Sosialisme abad ke-21", dia fokus pada penerapan pembaharuan sosialis di negaranya sebagai bagian dari proyek sosialnya yang disebut sebagai Revolusi Bolivarian, yang menerapkan konstitusi, demokrasi partisipatoris dan nasionalisasi beberapa industri penting.

Sebelumnya menjadi pemimpin partai politik Pergerakan Republik Kelima sejak berdiri pada 1997, pada 2007 dia menjadi pemimpin Partai Sosialis Bersatu Venezuela (PSUV). Dia empat kali terpilih menjadi presiden: pada 1998, 2000, 2006 dan akhirnya—satu tahun sebelum kematiannya—pada 2012.

Anti-imperialis tegas dan kritik vokal pada neoliberalisme dan kapitalisme umumnya, Chávez adalah oposisi terkemuka Kebijakan luar negeri Amerika Serikat. Dia beraliansi kuat dengan pemerintahan sosialis Fidel Castro dan kemudian Raúl Castro di Kuba, Evo Morales di Bolivia, Rafael Correa di Ekuador dan Daniel Ortega di Nikaragua, kepresidenannya dilihat di Dunia Barat sebagai bagian dari yang disebut sebagai "gelombang merah muda" sosialis yang menyapu Amerika Latin. Chávez mendukung Kerja sama Amerika Latin dan Karibia dan berperan penting dalam pengaturan pan-regional Persatuan Negara-Negara Amerika Selatan, Aliansi Bolivarian untuk Amerika, Bank of the South, dan jaringan televisi regional TeleSur. Tokoh yang sangat kontroversial, pengaruh politiknya di Amerika Latin membuat majalah Time memasukkannya sebagai salah satu daftar 100 tokoh paling berpengaruh di dunia pada 2005 dan 2006.

Dia meninggal di Caracas pada 5 Maret 2013 pada umur 58.


sunting   

Kutipan pilihan



sunting   

Gambar pilihan

Small Red Rose.JPG
Kredit foto: Libera

Mawar merah sering digunakan sebagai simbol demokrasi sosial, terutama dipakai pada periode setelah Perang Dunia II.


sunting   

Kategori

sunting   

Topik

sunting   

Portal terkait

Agama Bahasa Biografi Budaya Ekonomi Elektronika
Film Filsafat Geografi Indonesia Ilmu Lingkungan
Masyarakat Matematika Militer Mitologi Musik Olahraga
Pendidikan Politik Sastra Sejarah Seni Teknologi
Komunitas Peristiwa terkini Daftar lengkap