Portal:Sosialisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Budaya
Budaya
Filsafat
Filsafat
Geografi
Geografi
Ilmu
Ilmu
Indonesia
Indonesia
Masyarakat
Masyarakat
Matematika
Matematika
Sejarah
Sejarah
Seni
Seni
Teknologi
Teknologi
Tokoh
Tokoh

sunting   

Portal Sosialisme

Red flag II.svg
Sosialisme merujuk pada satu set sistem ekonomi ketika alat-alat produksi dan distribusi berada dalam kepemilikan sosial. Manajemen dalam institusi ekonomi berdasarkan pada pembuatan keputusan secara kolektif atau manajemen mandiri pekerja, dan ekonominya terutama diarahkan pada 'produksi untuk digunakan'. Sosialisme juga merujuk pada tatanan yang luas ideologi dan ideologi dan gerakan politik yang bertujuan untuk mencapai bentuk sistem sosial-ekonomi sosialis. Pengaturan produksi dapat secara langsung--dijalankan atas kepentingan kolektif seperti dewan pekerja--atau tidak langsung--dijalankan atas nama rakyat melalui negara. Sebagai sistem ekonomi, sosialisme sering ditandai dengan kepemilikan oleh negara, pekerja, atau masyarakat atas alat produksi. Ini menjadi tujuan yang disematkan, dan dinyatakan oleh banyak partai politik sepanjang sejarah. Bagi Karl Marx, yang membantu mendirikan dan mendefinisikan gerakan sosialis modern, sosialisme dapat menjadi sistem sosial-ekonomi yang bangkit setelah revolusi proletarian, ketika alat-alat produksi dimiliki bersama oleh kelas pekerja sehingga surplus produk yang dihasilkan akan digunakan untuk kepentingan seluruh masyarakat, dan ekonomi tidak lagi terstruktur pada hukum nilai.
sunting   

Artikel pilihan

Logo pertama yang digunakan IWA Spanyol.
Asosiasi Pekerja Internasional (Inggris: International Workingmen's Association, IWA), 1864-1876, sering disebut Internasional Pertama, adalah organisasi internasional yang bertujuan untuk menyatukan berbagai macam kelompok politik sosialis sayap kirikomunis dan anarkis, dan organisasi serikat pekerja yang didasarkan pada kelas pekerja dan perjuangan kelas. Didirikan tahun 1864 pada pertemuan pekerja yang diselenggarakan di St Martin Hall, London. Kongres pertamanya dilangsungkan pada 1866 di Jenewa.

Di Eropa, terjadi periode reaksi keras setelah meluasnya Revolusi 1848. Tahap penting selanjutnya dari aktivitas revolusioner dimulai hampir dua puluh tahun kemudian dengan berdirinya IWA pada 1864. Pada masa puncaknya, IWA dilaporkan memiliki 8 juta anggota, sementara polisi melaporkan 5 juta.


sunting   

Biografi pilihan

Potret Keir Hardie
James Keir Hardie, Sr. (15 Agustus 1856 – 26 September 1915), adalah sosialis Skotlandia dan pemimpin buruh. Dia menjadi anggota parlemen Independent Labour yang terpilih di Parliament of the United Kingdom. Hardie dihormati sebagai salah satu pendiri utama Partai Buruh Independen dan juga Partai Buruh yang kemudian menjadi bagiannya.

Sebelumnya adalah seorang liberal, sampai dengan akhir 1880-an, Hardie menjadi yakin akan kebutuhan atas organisasi politik yang berbeda untuk mewakili kepentingan pekerja. Sampai dengan saat itu, dia juga aktif dalam penerbitan surat kabar pekerja radikal.

Pada 1892 Hardie terpilih menjadi anggota buruh independen dalam House of Commons mewakili konstituen West Ham South London. Hardie menyebabkan keributan ketika dia pertama kali datang ke gedung parlemen karena dia memakai pakaian buruh dibanding memakai setelan formal sehari-hari dan topi sutra yang dianggap dibutuhkan untuk keperluan parlementer.

Pada 1893 Partai Buruh Independen dibentuk dan Hardie menjadi ketua pertamanya. Pada 1895 dia kehilangan kursi West Ham South, tapi kemudian terpilih kembali ke Parlemen pada 1900 mewakili kursi Merthyr Tydfil, yang dia pegang sampai kematiannya. Sekitar waktu ini, pergerakan buruh terpecah dan pada 1906 Komite Perwakilan Buruh berhasil mengirim 29 anggota Partai Buruh ke Parlemen.

Pada 1906, Partai Buruh berdiri dan Hardie menjadi pemimpinnya. Pada tahun yang sama, Liberal memenangkan pemilihan umum dengan perbedaan yang jauh, mengalahkan Partai Konservatif - tapi yang lebih penting adalah terpilihnya 29 anggota Partai Buruh; pertama kali sebanyak itu.


sunting   

Kutipan pilihan



sunting   

Gambar pilihan

Defending Socialism - Street Scene - Pinar del Rio - Cuba.JPG
Kredit foto: Adam Jones Membela sosialisme -- pemandangan jalan di Pinar del Rio, Cuba. Desember 2006.


sunting   

Kategori

sunting   

Topik

sunting   

Portal terkait

Portal:Agama Agama Portal:Bahasa Bahasa Portal:Biografi Biografi Portal:Budaya Budaya Portal:Ekonomi Ekonomi Portal:Elektronika Elektronika
Portal:Film Film Portal:Filsafat Filsafat Portal:Geografi Geografi Portal:Indonesia Indonesia Portal:Ilmu Ilmu Portal:Lingkungan Lingkungan
Portal:Masyarakat Masyarakat Portal:Matematika Matematika Portal:Militer Militer Portal:Mitologi Mitologi Portal:Musik Musik Portal:Olahraga Olahraga
Portal:Pendidikan Pendidikan Portal:Politik Politik Portal:Sastra Sastra Portal:Sejarah Sejarah Portal:Seni Seni Portal:Teknologi Teknologi
Portal:Komunitas Komunitas Portal:Peristiwa terkini Peristiwa terkini Portal:Daftar portal Daftar lengkap