Portal:Sosialisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Budaya
Budaya
Filsafat
Filsafat
Geografi
Geografi
Ilmu
Ilmu
Indonesia
Indonesia
Masyarakat
Masyarakat
Matematika
Matematika
Sejarah
Sejarah
Seni
Seni
Teknologi
Teknologi
Tokoh
Tokoh

sunting   

Portal Sosialisme

Red flag II.svg
Sosialisme merujuk pada satu set sistem ekonomi ketika alat-alat produksi dan distribusi berada dalam kepemilikan sosial. Manajemen dalam institusi ekonomi berdasarkan pada pembuatan keputusan secara kolektif atau manajemen mandiri pekerja, dan ekonominya terutama diarahkan pada 'produksi untuk digunakan'. Sosialisme juga merujuk pada tatanan yang luas ideologi dan ideologi dan gerakan politik yang bertujuan untuk mencapai bentuk sistem sosial-ekonomi sosialis. Pengaturan produksi dapat secara langsung--dijalankan atas kepentingan kolektif seperti dewan pekerja--atau tidak langsung--dijalankan atas nama rakyat melalui negara. Sebagai sistem ekonomi, sosialisme sering ditandai dengan kepemilikan oleh negara, pekerja, atau masyarakat atas alat produksi. Ini menjadi tujuan yang disematkan, dan dinyatakan oleh banyak partai politik sepanjang sejarah. Bagi Karl Marx, yang membantu mendirikan dan mendefinisikan gerakan sosialis modern, sosialisme dapat menjadi sistem sosial-ekonomi yang bangkit setelah revolusi proletarian, ketika alat-alat produksi dimiliki bersama oleh kelas pekerja sehingga surplus produk yang dihasilkan akan digunakan untuk kepentingan seluruh masyarakat, dan ekonomi tidak lagi terstruktur pada hukum nilai.
sunting   

Artikel pilihan

Salib Kristen
Sosialisme kristen secara umum merujuk pada Kristen kiri yang haluan politiknya sama-sama Kristen dan sosialis dan yang memandang kedua hal tersebut saling berhubungan. Kategori ini dapat termasuk Teologi pembebasan dan doktrin Injil sosial. Sosialis Kristen menarik persamaan antara apa yang beberapa orang karakteristikan sebagai egalitarian dan pesan anti-kemapanan Yesus, yang menurut Injil Kristen; melawan otoritas religius pada waktu itu,dan kaum egalitarian, anti-kemapanan, dan kadang pesan Antiklerikalisme dari kebanyakan sosialisme kontemporer. Beberapa Sosialis Kristen bahkan sudah menjadi komunis aktif.


sunting   

Biografi pilihan

Potret Robert Owen
Robert Owen (14 Mei 1771 – 17 November 1858) adalah reformer sosial Wales dan salah satu pendiri sosialisme utopia dan gerakan koperasi.

Pemikiran Owen berdasarkan pada tiga pilar intelektual:

  • Pertama, tidak ada yang bertanggung jawab atas kemauan dan perbuatannya karena karakter sepenuhnya dibentuk secara mandiri oleh dirinya sendiri; manusia adalah hasil dari warisan dan lingkungannya, maka dukungan terhadap pendidikan dan pembaharuan kerjanya, membuat dia menjadi pelopor dalam investasi modal manusia.
  • Kedua, semua agama berdasarkan pada imajinasi menggelikan yang sama, yang membuat manusia hewan dungu yang lemah; bigot dan fanatik pemarah; atau munafik yang sengsara
  • Ketiga, dukungan atas sistem putting-out dibandingkan sistem pabrik


sunting   

Kutipan pilihan



sunting   

Gambar pilihan

Mercadona protest 2.jpg
Kredit foto: Scott Ehardt

Demonstrasi oleh anggota Confederación Nacional del Trabajo yang memprotes "terorisme majikan" oleh Mercadona.


sunting   

Kategori

sunting   

Topik

sunting   

Portal terkait

Agama Bahasa Biografi Budaya Ekonomi Elektronika
Film Filsafat Geografi Indonesia Ilmu Lingkungan
Masyarakat Matematika Militer Mitologi Musik Olahraga
Pendidikan Politik Sastra Sejarah Seni Teknologi
Komunitas Peristiwa terkini Daftar lengkap