Portal:Sosialisme/Biografi pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Desain layout untuk sub-halaman ini ada di Portal:Sosialisme/Biografi pilihan/Layout.

Daftar Biografi pilihan[sunting sumber]

Portal:Sosialisme/Biografi pilihan/1

Portret Henri de Saint-simon

Claude Henri de Rouvroy, comte de Saint-Simon, Sering disebut juga Henri de Saint-Simon (17 Oktober 1760 – 19 Mei 1825) adalah teoritikus sosialis awal Prancis yang pemikirannya mempengaruhi pembentukan berbagai macam filsafat abad ke-19; terutama Marxisme, positivisme dan disiplin ilmu sosiologi. Dia lahir dari aristokrat; ideologi politik yang dia gunakan selanjutnya, bagaimanapun tidak masuk dalam kategori aristokratis.

Berlawanan dengan sistem feodal dan militer, dia menganjurkan bentuk sosialisme negara-teknokratis, sebuah penyesuaian ketika industrialisasi akan mengarahkan masyarakat dan membangun komunitas nasional berdasarkan atas kerja sama dan progres teknologi, yang dapat menghilangkan kemiskinan dari kelas yang lebih rendah. Sebagai ganti gereja, dia merasa haluan masyarakat harus pada orang-orang berilmu. Orang yang yang sesuai untuk mengorganisasi masyarakat atas pekerja produktif harus diberikan kekuasaan untuk mengaturnya


Portal:Sosialisme/Biografi pilihan/2

Potret Keir Hardie

James Keir Hardie, Sr. (15 Agustus 1856 – 26 September 1915), adalah sosialis Skotlandia dan pemimpin buruh. Dia menjadi anggota parlemen Independent Labour yang terpilih di Parliament of the United Kingdom. Hardie dihormati sebagai salah satu pendiri utama Partai Buruh Independen dan juga Partai Buruh yang kemudian menjadi bagiannya.

Sebelumnya adalah seorang liberal, sampai dengan akhir 1880-an, Hardie menjadi yakin akan kebutuhan atas organisasi politik yang berbeda untuk mewakili kepentingan pekerja. Sampai dengan saat itu, dia juga aktif dalam penerbitan surat kabar pekerja radikal.

Pada 1892 Hardie terpilih menjadi anggota buruh independen dalam House of Commons mewakili konstituen West Ham South London. Hardie menyebabkan keributan ketika dia pertama kali datang ke gedung parlemen karena dia memakai pakaian buruh dibanding memakai setelan formal sehari-hari dan topi sutra yang dianggap dibutuhkan untuk keperluan parlementer.

Pada 1893 Partai Buruh Independen dibentuk dan Hardie menjadi ketua pertamanya. Pada 1895 dia kehilangan kursi West Ham South, tapi kemudian terpilih kembali ke Parlemen pada 1900 mewakili kursi Merthyr Tydfil, yang dia pegang sampai kematiannya. Sekitar waktu ini, pergerakan buruh terpecah dan pada 1906 Komite Perwakilan Buruh berhasil mengirim 29 anggota Partai Buruh ke Parlemen.

Pada 1906, Partai Buruh berdiri dan Hardie menjadi pemimpinnya. Pada tahun yang sama, Liberal memenangkan pemilihan umum dengan perbedaan yang jauh, mengalahkan Partai Konservatif - tapi yang lebih penting adalah terpilihnya 29 anggota Partai Buruh; pertama kali sebanyak itu.


Portal:Sosialisme/Biografi pilihan/3

Potret Karl Marx

Karl Heinrich Marx (5 Mei 1818 – 14 Maret 1883) adalah filsuf , sosiolog, sejarawan ekonomi, jurnalis, dan sosialis revolusioner Jerman yang mengembangkan teori sosial-politik Marxisme. Gagasannya telah memainkan peran penting dalam perkembangan ilmu sosial dan pergerakan politik sosialis. Dia menerbitkan berbagai buku selama masa hidupnya, yang paling terkenal yaitu Manifesto Komunis (1848) and Das Kapital (1867–1894), yang banyak ditulis bersama dengan temannya, sesama sosialis revolusioner Jerman Friedrich Engels.


Portal:Sosialisme/Biografi pilihan/4

:Potret Eduard Bernstein

Eduard Bernstein (6 January 1850 – 18 Desember 1932) adalah teoritikus demokratik sosialis dan politisi Jerman, anggota Partai Sosial Demokratik Jerman, dan pendiri sosialisme evolusioner dan revisionisme.

Die Voraussetzungen des Sozialismus (1899) adalah tulisan paling penting Bernstein dan terutama menekankan pada penyangkalan prediksi Marx mengenai kematian cepat dari kapitalisme. Di dalamnya, Bernstein menekankan fakta sederhana bahwa prediksi Marx tidak akan terjadi: dia menulis bahwa sentralisasi industri kapitalis, meski penting, tapi tidak menjadi keseluruhan dan bahwa kepemilikan modal menjadi semakin tersebar, bukan sebaliknya. Dia juga menekankan apa yang dia anggap sebagai kelemahan dalam teori nilai kerja Marx.

Bernstein percaya bahwa sosialisme dapat tercapai melalui kapitalisme, tidak melalui kehancuran kapitalisme; seperti hak-hak yang secara bertahap didapat pekerja, as rights were gradually won by workers, perjuangan mereka atas keluhan akan berkurang, demikian juga seharusnya dasar revolusi.


Portal:Sosialisme/Biografi pilihan/5

Potret Robert Owen

Robert Owen (14 Mei 1771 – 17 November 1858) adalah reformer sosial Wales dan salah satu pendiri sosialisme utopia dan gerakan koperasi.

Pemikiran Owen berdasarkan pada tiga pilar intelektual:

  • Pertama, tidak ada yang bertanggung jawab atas kemauan dan perbuatannya karena karakter sepenuhnya dibentuk secara mandiri oleh dirinya sendiri; manusia adalah hasil dari warisan dan lingkungannya, maka dukungan terhadap pendidikan dan pembaharuan kerjanya, membuat dia menjadi pelopor dalam investasi modal manusia.
  • Kedua, semua agama berdasarkan pada imajinasi menggelikan yang sama, yang membuat manusia hewan dungu yang lemah; bigot dan fanatik pemarah; atau munafik yang sengsara
  • Ketiga, dukungan atas sistem putting-out dibandingkan sistem pabrik

Portal:Sosialisme/Biografi pilihan/6

Potret Hugo Chávez

Hugo Rafael Chávez Frías (lahir 28 Juli 1954 – 5 Maret 2013) adalah Presiden Venezuela ke-56, menjabat selama 14 tahun dari 1999 sampai kematiannya pada 2013. Menurut ideologi politiknya, Bolivarianisme dan "Sosialisme abad ke-21", dia fokus pada penerapan pembaharuan sosialis di negaranya sebagai bagian dari proyek sosialnya yang disebut sebagai Revolusi Bolivarian, yang menerapkan konstitusi, demokrasi partisipatoris dan nasionalisasi beberapa industri penting.

Sebelumnya menjadi pemimpin partai politik Pergerakan Republik Kelima sejak berdiri pada 1997, pada 2007 dia menjadi pemimpin Partai Sosialis Bersatu Venezuela (PSUV). Dia empat kali terpilih menjadi presiden: pada 1998, 2000, 2006 dan akhirnya—satu tahun sebelum kematiannya—pada 2012.

Anti-imperialis tegas dan kritik vokal pada neoliberalisme dan kapitalisme umumnya, Chávez adalah oposisi terkemuka Kebijakan luar negeri Amerika Serikat. Dia beraliansi kuat dengan pemerintahan sosialis Fidel Castro dan kemudian Raúl Castro di Kuba, Evo Morales di Bolivia, Rafael Correa di Ekuador dan Daniel Ortega di Nikaragua, kepresidenannya dilihat di Dunia Barat sebagai bagian dari yang disebut sebagai "gelombang merah muda" sosialis yang menyapu Amerika Latin. Chávez mendukung Kerja sama Amerika Latin dan Karibia dan berperan penting dalam pengaturan pan-regional Persatuan Negara-Negara Amerika Selatan, Aliansi Bolivarian untuk Amerika, Bank of the South, dan jaringan televisi regional TeleSur. Tokoh yang sangat kontroversial, pengaruh politiknya di Amerika Latin membuat majalah Time memasukkannya sebagai salah satu daftar 100 tokoh paling berpengaruh di dunia pada 2005 dan 2006.

Dia meninggal di Caracas pada 5 Maret 2013 pada umur 58.


Portal:Sosialisme/Biografi pilihan/7

Potret Ben Tillett

Benjamin Tillett (11 September 1860 – 27 Januari 1943) adalah sosialis Britania , pemimpin serikat kerja dan politisi. Dia lahir di Bristol dan memulai kariernya sebagai pelaut, sebelum pergi ke London dan bekerja sebagai buruh pelabuhan.

Dia memulai kariernya sebagai organisator serikat buruh pada 1887 dengan membentuk Tea Operatives and General Labourers Union di dermaga Tilbury. Tillett dan serikat buruhnya, mengubah namanya menjadi Dock, Wharf, Riverside and General Labourers' Union, menjadi terkenal selama Pemogokan dermaga London (1889), meski pemogokan itu dimulai tanpa keterlibatan serikatnya. Tillett juga memainkan peran penting sebagai pemimpin dalam pemogokan dermaga pelabuhan pada 1911 dan 1912. Dia memiliki peran penting dalam pembentukan National Transport Workers' Federation pada 1910, bersama Havelock Wilson dari Seamen's Union.

Serikat Tillett adalah serikat terbesar yang pada 1922 ikut membentuk Transport and General Workers' Union. Wakilnya, Ernest Bevin, yang mengambil peran utama dalam penyatuan itu dibandingkan Tillett sendiri. Bevin menjadi Sekretaris Jenderal serikat baru itu, sedangkan Tillett menduduki jabatan Sekretaris Internasional dan Politik sampai 1931 dan mempertahankan kedudukannya dalam Dewan Umum Kongres Serikat Buruh sampai 1932.

Tillett adalah anggota Masyarakat Fabian dan anggota pendiri Partai Buruh Independen, tapi kemudian bergabung ke Federasi Demokratik Sosial. Dia juga bergabung ke Masyarakat Sosialis Bristol pada 1880-an, ketika dia sering berkunjung ke kota tersebut.