Partai Buruh Independen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Partai Buruh Independen
Dibentuk1893
Dibubarkan1975
Didahului olehPartai Buruh Skotlandia
Digabungkan kePartai Buruh
Diteruskan olehPublikasi Buruh Independen (kelompok penekan di dalam Partai Buruh)
Kantor pusatMentmore Terrace, London (hingga 1964)
MajalahLabour Leader
IdeologiSosialisme demokratik
Marxisme Centrist
Posisi politikSayap kiri
Afiliasi internasionalInternational Working Union of Socialist Parties
International Revolutionary Marxist Centre

Partai Buruh Independen atau Independent Labour Party (ILP) adalah partai politik sayap kiri Inggris, yang didirikan pada tahun 1893, ketika Partai Liberal tampak enggan untuk mendukung kandidat dari kelas pekerja, mewakili kepentingan mayoritas. Seorang anggota parlemen independen dan penyelenggara serikat pekerja terkemuka, Keir Hardie, menjadi ketua pertamanya.

Partai ini diposisikan di sebelah kiri Komite Perwakilan Buruh pimpinan Ramsay MacDonald yang didirikan pada tahun 1900 dan kemudian berganti nama menjadi Partai Buruh. ILP berafiliasi dari tahun 1906 hingga 1932 dengan Partai Buruh. Pada tahun 1947, tiga perwakilan parlemen ILP membelot ke Partai Buruh, dan organisasi tersebut bergabung kembali dengan Partai Buruh dengan nama Publikasi Buruh Independen pada tahun 1975.

Potret pemimpin pertama ILP Keir Hardie, dilukis pada saat pendirian ILP pada tahun 1893.

Program partai ini menyerukan serangkaian reformasi sosial progresif, termasuk pendidikan "non-sektarian" gratis sampai ke universitas, penyediaan perawatan medis dan program pemberian makan untuk anak-anak sekolah, reformasi perumahan, pembentukan langkah-langkah publik untuk mengurangi pengangguran dan memberikan bantuan kepada para pengangguran, undang-undang upah minimum, program kesejahteraan bagi anak yatim, janda, orang tua, orang cacat, dan pekerja yang menderita penyakit, penghapusan pekerja anak, penghapusan kerja lembur dan kerja borongan, dan memberlakukan sistem delapan jam kerja.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Donald F. Busky, Democratic Socialism: A Global Survey.